3 Cara Ini Segera Wujudkan Resolusi Keuanganmu!

Menjelang awal tahun baru selalu identik dengan sebagian orang yang ingin memiliki resolusi tahunan dengan segala keinginan yang diharapkan. Arti resolusi adalah pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan. Biasanya, resolusi berupa pernyataan yang tertulis berisi tuntutan mengenai berbagai hal sesuai dengan keinginan diri sendiri. Resolusi sendiri pun bermacam-macam yang berkaitan dengan pendidikan, keuangan, keluarga ataupun lainnya.

Diantara berbagai resolusi tersebut salah satu yang cukup penting adalah resolusi keuangan. Kenapa? Karena masalah finansial sangat berpengaruh dalam kebutuhan menjalankan hidup setiap orang. Apalagi di tengah kehidupan yang konsumtif dan berbagai kemudahan pinjaman saat ini maka keberhasilan dalam mengelola finansial memang sangat penting.

Tetapi untuk mewujudkan resolusi keuangan memang bukan hal mudah. Banyak orang yang gagal menjalankan resolusi keuangannya. Karena resolusi keuangan hanya menjadi wacana belaka apalagi disebabkan oleh komitmen dan kemauan yang keras. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tak hanya wacana.

BACA JUGA: 4 Aplikasi Yang Membuatmu Mudah Dalam Mengelola Keuangan. Sudah Pernah Coba Yang Mana?

1. Disiplin dalam Membuat dan Menjalankan Anggaran Keuangan

Untuk mewujudkan resolusi keuangan maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mulai melakukan anggaran keuangan yang kamu miliki dimulai dari untuk melunasi kewajiban dan memenuhi kebutuhan. Mumpung segera memasuki awal tahun ada baiknya tetap disiplin sesuai rencana anggaran yang sudah dibuat.

Susun anggaran secara efektif agar semua pendapatan yang kamu miliki bisa lebih hemat dan menjauhi sifat boros karena kamu lebih paham bagaimana cara mengalokasikan gajimu. Kamu pasti mengerti sebaik apapun anggaran yang kamu buat, tentu wajib kamu laksanakan dengan disiplin seusai anggaran yang sudah dibuat.

Untuk itu, mulailah disiplin dalam menjalankan anggaran keuangan yang telah disusun, sehingga resolusi keuangan Anda memang bisa membawa dampak positif bagi keuangan itu sendiri.

2. Lunasi Semua Hutang

Setelah membuat dan menjalankan anggaran keuangan yang sudah kamu buat, selanjutnya adalah mulai melunasi hutang yang kamu punya. Jangan sampai makin lama makin membengkak bak bola salju yang semakin lama semakin membesar. Mulailah resolusi mu dengan bertanggung jawab terhadap semua cicilan yang kamu miliki.

Dengan begitu kamu bisa mulai sadar untuk kemudian hari ketika ingin berhutang. Paling parahnya jika hutangnya adalah hutang konsumtif sehingga kamu akan semakin boros. Jika kamu akhir tahun mendapatkan bonus maka prioritaskanlah untuk melunasi hutang daripada untuk bersenang-senang yang membuat keuanganmu semakin memburuk.

3. Tambah Penghasilanmu

Kamu pasti nggak mau kan tahun berganti tetapi penghasilan masih segitu-segitu aja? Nah, saatnya perjuangkan resolusi keuangan mu satu ini dengan menambah pundi-pundi penghasilan agar semakin bertambah di tahun yang baru maka isi waktu luang mu dengan menjadikan hobi sebagai pendapatan sampingan. Menarik bukan?

Semakin banyak sumber penghasilanmu akan semakin memudahkan mu untuk menambahkan jumlah tabunganmu. Manfaatkan internet dan sosial media maka kamu akan banyak mendapatkan tambahan penghasilan dari mana saja. Yang paling penting tetap konsisten menjalannya agar terasa hasilnya.

3 Tips dasar yang harus kamu laksanakan agar resolusi keuangan mu tidak hanya menjadi wacana. Untuk mewujudkan resolusi keuangan, dibutuhkan komitmen dan juga disiplin yang besar untuk menjalankannya. Mulailah dengan hal yang termudah dan dapat segera kamu laksanakan. Selamat mewujudkan resolusi keuangan tahun 2020

——-

BACA JUGA:

Selain Jalan-Jalan, Ada Banyak Kegiatan Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengisi Liburan

Mau Berangkat Umroh? Wujudkan Dengan Investasi Emas

3 Kebiasaan Ini Akan Membuat Pengeluaran Semakin Membengkak, Jangan Dibiasakan Ya!

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts