3 Kebiasaan Ini Akan Membuat Pengeluaran Semakin Membengkak, Jangan Dibiasakan Ya!

Setiap bulan tanpa disadari pengeluaran bisa begitu besar. Malah cenderung semakin boros dan semakin jauh dari hidup sederhana dan hemat. Siapa yang tak mau hidup hemat? Karena dengan hidup hemat maka akan dapat dinikmati ketika masa tua nanti.

Terkadang sifat boros diawali dengan beberapa hal kecil atau kebiasaan yang tanpa disadari. Dari hal-hal kecil tersebut akhirnya menggunung menjadi besar dan baru terasa ketika sudah nominalnya besar. Apakah kamu juga mengalaminya?

Hal-hal kecil tersebut biasanya berawal dari godaan-godaan yang tak bisa dihindari dan menganggap wajar untuk mengeluarkan uang. Alhasil keuangan berantakan dan mengganggu rencana lainnya.

Sebenarnya apa saja hal-hal kecil tapi tanpa disadari mendekatkan ke sifat boros? Dengan mengetahui ini maka kamu dapat hidup dengan sederhana dan hemat.

1. Selalu Bergaya Hidup Mewah

kebiasaan pengeluaran membengkak

Biasanya kebiasaan kecil yang membuat boros diawali dengan ingin selalu bergaya hidup mewah. Sebenarnya sah-sah aja tetapi jika harus disesuaikan dengan pendapatan yang dimiliki. Jangan sampai malah ingin nampak bergaya hidup mewah malah membuatmu menjadi merana kedepannya apalagi dengan kondisi finansial yang semakin susah.

Ingin bergaya hidup mewah dengan memperlihatkan gengsi terhadap penampilan. Awalnya pakai baju apa saja jadi berubah maunya memakai pakaian yang memiliki brand terkenal. Agar dapat dilihat orang lain bagaimana penampilan kita semakin terlihat lebih kaya.

Gengsi dengan pakaian juga mulai merambah dengan gengsi hanya mau makan di restoran-restoran mahal dan ternama. Padahal untuk hanya sekedar makan saja bisa dimana saja bukan dilihat dari seberapa mahal dan bagus tempatnya.

Tak hanya itu saja, gengsi juga merambah dengan anti bepergian dengan kendaraan umum yang terkesan penuh dan tidak terjaga. Semuanya berawal dari gengsi dan ingin bergaya hidup mewah yang ujung-ujungnya malah boros karena tidak sesuai dengan pendapatan yang kamu miliki. Kamu pernah mengalaminya? Segera hentikan kebiasaan ini ya.

2.  Hobi Hangout

kebiasaan pengeluaran membengkak2

Sering hangout setiap akhir pekan? Hati-hati ini menjadi kebiasaan penyebab hidup boros. Memang, godaan hangout di akhir pekan sangatlah besar. Apalagi buat yang sudah lelah bekerja dari senin sampai jumat ingin sekedar melepas penat.

Tetapi ini bisa menjadi kebiasaan yang membuatmu semakin boros. Karena sudah menjadi kebiasaan yang awalnya sekedar melepas penat malah menjadi pelampiasan untuk cenderung hura-hura dan menghabiskan uang berdasarkan nafsu.

Dari makan di mall, nonton bioskop, nongkrong di cafe, karaokean bersama teman-teman dan lainnya memang menyenangkan tetapi jika tidak bisa dikontrol maka banyak pengeluaran tak terkontrol.

3. Memilih Belanja Pakai Kredit daripada Tunai

kebiasaan pengeluaran membengkak03

Era digital yang semakin maju memberikan akses penggunaan kartu kredit yang semakin mudah oleh siapapun. Siapa yang tak tergiur? Kamu bisa belanja saat ini dengan pembayaran di bulan-bulan berikutnya.

Belanja apapun saat ini juga dilengkapi dengan kartu kredit. Jebakan kartu kredit memang tak terasa apalagi dipengaruhi barang-barang konsumsi yang digemari oleh banyak orang seperti gadget, barang elektronik, pakaian bahkan hingga makanan.

Karena kemudahan dan sifat konsumtif yang masih besar di masyarakat saat ini sehingga sering melupakan kebutuhan dan lebih mengutamakan keinginan. Maka kamu wajib menelaah kembali sebelum menggunakan kartu kredit. Jika tidak harus terburu-buru maka sebaiknya kamu harus menabung terlebih dahulu sampai cukup untuk membeli barang yang kamu inginkan.

Ke tiga hal diatas merupakan paling umum kebiasaan-kebiasaan yang membuat kamu sedikit demi sedikit membuat kebiasaan boros semakin besar. Waspada dan harus menjaga diri agar jauh dari godaan dan menjadi kebiasaan hidup hemat dan sejahtera. Gunakan uang mu dengan bijak ya!

——-

BACA JUGA:

Diawasi BAPPEBTI Kini Investasi Emas Digital di Tamasia Semakin Aman

3 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Bagi Para Freelancer

3 Langkah Persiapan Pernikahan Agar Semakin Mudah

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts