Tips Terkena PHK

Terkena PHK? Jangan Patah Semangat! 3 Tips Ini Bisa Kamu Lakukan

Di tengah masa pandemi virus corona  seperti saat ini, mulai banyak para pengusaha yang mengambil berbagai macam langkah untuk mempertahankan kelangsungan bisnis perusahaan. Salah satu langkah ekstrim yang dilakukan adalah dengan melakukan pengurangan gaji karyawan hingga paling parah adalah pengurangan jumlah karyawan.

Kondisi seperti ini memanglah sulit apalagi saat ini banyak perusahaan yang sedang memberhentikan proses penerimaan karyawan baru sehingga membuat terbatasnya lowongan kerja. Tentu saja jika kamu salah satu orang yang terkena dampak terparah oleh kondisi perusahaan saat ini akan mengalami kerugian pada keuangan akibat berhentinya mendapatkan pemasukan bulanan.

Lalu apa yang harus kamu lakukan jika kamu mengalami kondisi PHK saat ini?

Daripada murung, kamu bisa tetap bangkit dan semangat karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan

BACA JUGA: Bagaimana Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan Saat di Usia Muda?

1. Gunakan dana darurat yang kamu miliki saat ini

Tips Terkena PHK

Sudah punya dana darurat? Jika kamu memiliki dana darurat maka kondisi seperti saat ini tepat kamu gunakan. Jika kamu mengalami kondisi PHK dari perusahaanmu, kamu masih bisa tenang untuk hidup beberapa bulan kedepan sesuai dengan berapa banyak jumlah dana darurat yang kamu miliki. 

Setidaknya kamu masih memiliki uang pegangan untuk memenuhi kebutuhan hidupmu ataupun bersama keluarga sambil mencari pekerjaan baru yang bisa kamu daftarkan sesuai dengan skill dan kemampuan yang kamu miliki. 

2. Mulai berhemat dan kurangi pengeluaran yang membuatmu boros

Tips Terkena PHK

Selain menggunakan dana darurat yang kamu miliki alangkah lebih baiknya untuk mulai berhemat dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu apalagi dengan kondisi seperti saat ini. Kamu harus sudah mulai menghemat pengeluaran terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, sebisa mungkin mulai kurangi pengeluaran yang kamu rasa lebih boros. Karena dengan berhemat kamu dapat tetap melanjutkan kebutuhan bulananmu hingga kamu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau setidaknya hingga keadaan normal.

3. Mulailah mencari beberapa pekerjaan atau bisnis yang bisa kamu lakukan

Tips Terkena PHK

Ada banyak pekerjaan yang bisa kamu kerjakan untuk menyambung hidup mu dengan berbagai cara. Dari menjadi freelancer sesuai dengan skill yang kamu miliki misalnya menjadi penulis konten, mengerjakan design, menjadi admin sosial media dan masih banyak lainnya. Kamu juga bisa memulai bisnis menggunakan sosial media untuk membangun produk atau jasa yang akan kamu tawarkan kepada calon pembeli. 

Ada 5 ide peluang bisnis yang bisa kamu manfaatkan saat ini jika kamu jeli. Mulailah menyusun rencana pendek dan rencana panjangmu jika kamu terkena PHK. dengan begitu kamu akan lebih siap menghadapi kondisi seperti saat ini. Tetap berusaha jangan patah semangat karena selalu ada peluang di kondisi seperti saat ini. 

Jangan patah semangat dan tetap terus berjuang untuk mendapatkan yang terbaik. Semoga kondisi saat ini cepat kembali normal agar siapapun yang terkena PHK bisa segera mencari pekerjaan.

——-

BACA JUGA:

Merasa Was-Was Kondisi Keuangan Saat Pandemi Virus Corona? Coba Terapkan Tips Ini

5 Langkah Memulai Bisnis Online Tanpa Rasa Takut Gagal

4 Hal Yang Harus Kamu Ketahui dan Pahami Tentang PSBB

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts