Ide Peluang Bisnis

5 Ide Peluang Bisnis Yang Bisa Kamu Coba di Tengah Pandemi Saat Ini

Wabah virus corona atau covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 telah berdampak pada berbagai aspek kehidupan masyarakat. Akhir-akhir ini banyak orang yang kehilangan pekerjaannya akibat perusahaan-perusahaan mulai terganggu operasional bisnis nya hingga terpaksa gulung tikar.

Situasi seperti sekarang ini mencari pekerjaan pun menjadi sulit sebab banyak perusahaan di berbagai sektor mengalami gangguan pada operasional bisnisnya sehingga mulai memberhentikan sementara proses penerimaan karyawan-karyawan baru. Meskipun situasi sedang sulit sebenarnya tetap ada peluang untuk mendapatkan penghasilan kalau jeli memanfaatkan peluang. 

Ada enam ide peluang bisnis yang bisa kamu coba lakukan sebagai sampingan selama kamu di rumah agar tetap bisa mendapatkan uang. Tertarik?

BACA JUGA: 3 Fasilitas Gratis Yang Bisa Membantumu Untuk Berjualan Online

1. Suka memasak? Coba peluang bisnis katering harian

Ide Peluang Bisnis

Peraturan work from home membuat peluang untuk menyediakan katering harian karena saat ini sudah mulai diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai kota di Indonesia. Hal ini banyak membuat warga terutama anak kos bingung membeli makanan karena banyak warung yang tutup. Ini bisa menjadi peluang bisnis katering makanan dengan target mahasiswa ataupun warga yang enggan keluar rumah untuk membeli makan. 

Untuk peluang bisnis ini bisa kamu coba dengan mengasah skill memasak makanan sehari-hari yang bisa kamu sesuaikan dengan budget harian para calon pelangganmu. Kamu bahkan saat ini bisa mulai belajar masak melalui youtube loh. Sehingga bisa memberikanmu referensi masakan yang digemari terutama untuk menu katering harian.

2. Bisnis jamu empon-empon peningkat imunitas tubuh

Ide Peluang Bisnis

Salah satu cara untuk menangkal virus corona ini adalah dengan terus meningkatkan daya tahan tubuh karena virus ini akan menyerang orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah. Karena sebab itu lah jamu empon-empon dipercaya banyak orang untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Empon-empon merupakan kelompok tanaman rimpang yang seringkali dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional atau jamu. Jenis tanaman yang adalah jahe, temulawak, kunyit, dan lain sebagainya. Dengan demikian, berjualan empon-empon kian laris saat pandemi Covid-19 ini berlangsung. Bisnis ini juga bisa dilakukan dengan pengiriman via online tanpa berhadapan langsung dengan konsumen.

3. Permintaan masker melonjak sehingga membuat peluang bisnis masker kain semakin cerah

Pemerintah kini menerapkan untuk siapapun yang akan pergi meninggalkan rumah wajib mengenakan masker baik yang sakit maupun yang sehat. Maka dari itu ini dapat menjadi peluang usaha agar perekonomian tetap berjalan saat pandemi ini berlangsung yaitu membuat sendiri masker dari kain untuk dijual kembali.

Karena ketersediaan masker yang belum sanggup bisa dipakai oleh semua orang maka masker dengan berbahan kain menjadi alternatif yang baik untuk digunakan. Namun perlu diperhatikan bahan kain yang aman untuk dijadikan masker. Ada beberapa bahan yang direkomendasikan untuk membuat masker kain ini. Bahan aman ini seperti katun 100% ataupun kain yang memiliki tekstur halus seperti sarung bantal.

Punya skill menjahit dengan rapi dan telaten? Kamu bisa gunakan ide bisnis satu ini.

4. Manfaatkan skill yang kamu miliki untuk memberikan pelatihan online

Ide bisnis lainnya bisa kamu manfaat jika punya skill tertentu, misalnya desain grafis, menjadi content writer. Kamu bisa menjadikan tutor online sebagai cara menghasilkan uang dari rumah saat wabah ini. Bermodalkan skill yang kamu miliki kamu bisa menggunakan jasa mu untuk memberikan pelatihan secara online.

Karena ada pandemi virus corona ini, banyak orang yang menghabiskan waktu berhari-hari di rumah saja dan mereka tidak bisa keluar rumah. Mereka butuh sesuatu untuk mengisi waktu luang. Di sinilah pasar tutor online menjadi semakin luas, karena mereka bisa jadi mengisi waktu luang untuk mencari skill baru.

5. Sayur keliling atau jasa titip antar beli barang online

Ide Peluang Bisnis

Banyak warga yang tak berani pergi bahkan hanya ke pasar maupun hypermart untuk berbelanja kebutuhan dapur. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang dapat kamu manfaatkan  untuk mencukupi kebutuhan warga baik dari kebutuhan sayur mayur ataupun belanja online lainnya dengan menerima jasa titip.

Tentu saja hal ini memudahkan warga untuk membeli sayur tanpa harus datang langsung ke pasar dan bertemu dengan banyak orang. Selain memberikan ruang dan kenyamanan untuk pembeli, bisnis ini juga mudah untuk kamu laksanakan. Lebih aman jika penjualan sayur tersebut dilakukan menggunakan jasa pengiriman online.

Nah ke lima ide peluang bisnis diatas bisa kamu manfaatkan untuk mendatangkan keuntungan dengan kondisi seperti saat ini. Sesuaikan dengan modal dan pemahaman yang kamu miliki untuk menggarap bisnis tersebut hingga meraih keuntungan. Tetap semangat dan jaga kesehatan agar kamu bisa tetap produktif untuk mencoba melakukan peluang usaha ini!

——-

BACA JUGA:

4 Skill Yang Dibutuhkan Di Era Digital Saat Ini, Apakah Kamu Punya Salah Satunya?

5 Langkah Memulai Bisnis Online Tanpa Rasa Takut Gagal

Mengatur Keuangan Dengan Teknik Kakeibo, Sudah Pernah Coba?

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts