kondisi-keuangan-saat-pandemi-virus-corona

Merasa Was-Was Kondisi Keuangan Saat Pandemi Virus Corona? Coba Terapkan Tips Ini

Kondisi sekarang yang tengah tak menentu, ditambah dengan semakin bertambahnya orang Indonesia yang terkena virus covid-19 membuat banyak kabar bahwa pertumbuhan ekonomi akan mengalami penurunan. Akibat dari banyak perusahaan mulai menurunkan tingkat produksinya akibat dari penyebaran virus yang massal ini dan sudah masuk ke berbagai wilayah provinsi di Indonesia.

Apalagi dengan menurunnya banyak perusahaan beroperasional bisa dapat mengurangi pendapatan karyawan atau bahkan berujung PHK. Dengan kondisi seperti saat ini ada baiknya setiap orang harus menjaga baik-baik dengan uang yang dimiliki. Kelola uang dengan sebaik-baiknya agar bermanfaat untuk masa depan.

Lalu apa saja yang sebaiknya kamu lakukan?

BACA JUGA: 3 Cara Tetap Produktif Walau Kamu Harus Work From Home

1. Persiapkan dana darurat dengan sebaik-baiknya

kondisi-keuangan-saat-pandemi-virus-corona

Efek dari virus corona ini memang menakutkan. Tidak hanya bagi kesehatan tetapi hingga ketidakpastian ekonomi yang semakin beresiko tinggi. Jika terjadi apa-apa dengan kamu ataupun keluargamu, dana darurat dapat kamu gunakan jika terjadi guncangan dalam jangka pendek yang terjadi pada hidupmu. Tempatkan dana darurat di rekening bank yang bisa sewaktu-waktu dapat kamu ambil tanpa harus menunggu jatuh tempo.

Dalam kondisi seperti ini ada istilah yang terkenal “cash is the king” jadi saat ini semakin banyak uang cash yang kamu miliki saat ini memang menjadi salah satu cara yang baik dan akan memberikanmu lebih nyaman karena untuk menjaga keadaan darurat yang tidak dapat kamu prediksi sebelumnya. Pastikan dana darurat yang kamu miliki sekarang dapat menutupi pengeluaran dan hutangmu hingga 3-6 bulan ke depan.

2. Hemat pengeluaran dengan bergaya hidup sederhana

kondisi-keuangan-saat-pandemi-virus-corona

Dalam kondisi seperti ini yang berikutnya harus kamu lakukan adalah tetap berhemat untuk membelanjakan barang-barang kebutuhan. Kamu bisa mencoba dengan mengatur rencana keuangan bulanan mu agar uang lebih terjaga tidak boros untuk banyak hal yang tidak bermanfaat. Jika ada yang memiliki gaya hidup yang tinggi mungkin mulai mencoba untuk menurunkannya apalagi saat ini lebih banyak menghabiskan waktu untuk tetap tinggal dirumah demi mencegah meluasnya virus corona.

Kamu mulai dapat mencoba memasak sendiri makanan sehari-hari agar lebih berhemat. Mungkin sesekali dapat mencoba makanan melalui pemesanan ojek online tetapi kamu perlu memperhitungkan seberapa banyak pengeluarannya yang kamu keluarkan. Ingat diawal untuk tetap sesuai dengan rencana keuangan yang sudah buat sebelumnya.

3. Hindari membeli belanja dengan fasilitas cicilan ataupun menggunakan kartu kredit

Dalam keadaan yang lebih banyak di rumah, mungkin akan lebih gampang tergoda untuk banyak menggunakan social media termasuk e-commerce. Apalagi banyak flash sale dengan berbagai harga yang murah dan barang. Setelah membelinya maka kamu akan menggunakan fasilitas cicilan termasuk kartu kredit yang paling parah kamu membeli barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Padahal dengan kondisi seperti saat ini diharapkan kamu harus berpikir rasional. Salah satunya dengan cara mengurangi cicilan ataupun penggunaan kartu kredit. Dalam kondisi seperti saat ini kartu kredit tidak disarankan untuk terus digunakan untuk transaksi pembayaran barang-barang konsumtif. Batasi penggunaan kartu kredit agar tidak terjebak dengan bunga yang tinggi. Ini dapat menghemat pengeluaranmu juga loh

Penyebaran virus corona termasuk situasi yang mengerikan apalagi dengan mudahnya cepat tersebar dan dapat banyak membuat orang meninggal dunia dengan begitu cepat juga. Kondisi yang penuh ketidakpastian ini harus membuatmu benar-benar menjaga kesehatan dan keuangan juga agar tidak terjebak pada kondisi yang tidak kamu inginkan.

——-

BACA JUGA:

5 Langkah Cara Hidup Bahagia Yang Harus Kamu Coba

3 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Saat Menjalani Social Distancing

Mengenal Lebih Dekat Tentang Investasi Dinar

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts