memulai bisnis online

5 Langkah Memulai Bisnis Online Tanpa Rasa Takut Gagal

Semakin mudahnya teknologi saat ini dan perkembangan sosial media yang pesat membuat banyak orang semakin tertarik untuk memulai bisnis online. Dahulu, jika ingin memulai bisnis punya anggapan bahwa harus menyiapkan modal yang besar dari harus menyita waktu, menyewa tempat, membuat produk dan banyak lainnya.

Sekarang, memulai bisnis online bisa kamu jadikan usaha sampingan tanpa harus menyita waktu pekerjaan utamamu. Buat kamu yang masih pemula dan tertarik untuk segera memulai, ada beberapa tahap yang bisa kamu lakukan agar bisnismu pertama mu sukses. 

Apa saja itu?

BACA JUGA: 5 Hal Harus Kamu Lakukan Sebelum Umur 30, Biar Tidak Ada Penyesalan Yang Terjadi di Kemudian Hari

1. Riset dan pahami produk yang akan dijual terlebih dahulu untuk memulai bisnis online

memulai bisnis online

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah lakukan riset tentang produk apa yang ingin kamu jual kepada calon pembeli. Produk yang baik adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar baik barang maupun jasa. Jika tidak sesuai dengan kebutuhan pasar maka kemungkinan besar akan susah dijual atau bahkan tidak laku sama sekali.

Lalu bagaimana solusinya?

Secara sederhana, kamu bisa melempar kuesioner online atau bertanya langsung kepada keluarga dan teman-teman terdekat terlebih dahulu. Minta mereka untuk memberikan jawaban atas beberapa pertanyaan yang kamu ajukan terkait produk yang akan kamu jual. Jika mendapat feedback yang positif maka peluang produk mu diterima pasar akan semakin besar.

Selain melakukan riset, setelah itu kamu harus segera memahami produk yang akan kamu jual. Bagaimana kamu akan menjelaskan kepada calon pembeli jika kamu sendiri tidak paham dengan produk apa yang kamu jual? Perbanyak membaca dan bertanya dengan orang lain akan semakin memudahkan mu untuk segera memahami produk.

2. Riset kompetitor produk yang akan kamu jual

Setelah riset produk, kamu juga wajib untuk riset kompetitor. Ini juga penting agar kamu paham bagaimana tingkat persainganmu dalam menjual produk yang sama. Apakah sangat ketat atau bahkan masih belum banyak pesaingnya. Bagaimana caranya? Kamu bisa memulai dari riset bagaimana kompetitor mu menjual online produknya dengan e-commerce i, bergabung dengan berbagai forum, melihat trend sosial media atau lainnya..

Dari situ kamu bisa memahami seberapa banyak kompetitor, bagaimana rating dan review produk mereka, apa yang menjadi kelemahan produk kompetitor, harga dan lain sebagainya. Dari riset kompetitor ini akan bisa memberikan mu pengetahuan lebih dalam lagi bagaimana produk itu harus lebih unggul agar calon pembeli lebih percaya dan tertarik.

Misal, jika produkmu setara dengan kompetitor berarti kamu harus memberikan layanan yang terbaik seperti kemasan produk yang sangat bagus, fast respone, ramah, persediaan barang ada dan lainnya pasti calon pembeli akan lebih tertarik dengan binis online mu daripada yang lainnya. Ada banyak cara untuk membuat produk mu lebih unggul.

3. Pilihlah sistem penjualan yang cocok denganmu

Bisnis online memang sudah semakin mudah saat ini. Kamu bisa memulai dengan memilih sistem penjualan yang cocok dengan bisnis yang mau kamu jalankan. Kamu juga harus memikirkan bagaimana cara mendapatkan produknya seperti memproduksi sendiri jika kamu sudah memiliki keahlian khusus. 

Bagaimana jika belum? Kamu bisa memanfaatkan sistem penjualan yang saat ini sedang tren seperti jadi reseller maupun dropshipper . Sistem tersebut bisa memberikanmu alternatif untuk stok barang atau tidak membuatmu harus stok barang. Jika kamu ingin menjalankan dengan mudah tanpa ribet kamu bisa memulai dengan dropshipper. Kamu bisa bekerjasama dengan supplier untuk membantumu dalam mendapatkan produk.

Tapi ingat, carilah supplier yang bertanggung jawab dan bisa mudah diajak kerjasama. Kamu juga harus pintar-pintar memilih jangan sampai tertipu ternyata produk yang disediakan memiliki kualitas yang rendah tidak sesuai keinginanmu.

4. Buatlah website dan sosial media untuk bisnis online

Selain e-commerce kamu juga harus membuat website dan sosial media agar menambah kredibilitas bisnis yang kamu buat. Dengan memiliki website untuk bisnismu sendiri akan menambah kepercayaan calon pembeli untuk membeli produkmu. Banyak kompetitor yang juga sudah membuat website resmi agar produknya lebih dapat dipasarkan secara meluas terutama di pencarian google.

Website dapat dijadikan etalase atau toko digital untuk jualanmu di ranah teknologi saat ini. Selain itu website menjadi pusat aktivitas bisnis online mu kedepannya karena menjadi tempat penyimpanan data pembeli atau melihat trend perkembangan bisnis mu melalui mesin pencarian. 

Selain website, kamu bisa melakukan promosi secara masif dan meluas dengan melalui media sosial secara gratis. Media sosial merupakan pilihan utama sebagai sarana promosi saat Anda memulai bisnis online. Apalagi orang Indonesia lebih banyak aktif di Sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube. Gunakan sosial media itu untuk memperluas pemasaranmu.

5. Gunakan promosi gratis hingga berbayar untuk memperluas jangkauan pemasaranmu

memulai bisnis online

Sudah menjadi rahasia umum kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk meluaskan promosi produkmu dari gratis hingga berbayar. Jika berbayar memang membutuhkan uang yang lebih daripada gratis, tetapi kamu bisa lebih fokus dalam menjual produkmu ke calon pembeli yang lebih spesifik sesuai dengan fitur yang tersedia dari sosial media yang kamu gunakan.

Seperti facebook dan instagram terkenal dengan facebook ads dan instagram ads yang dapat kamu gunakan. Dengan promosi yang meluas maka bisnis mu akan semakin cepat dikenal dan lebih dapat mudah menarik hati calon pembeli. Gunakan promosi berbayar untuk gencar menguatkan brand buatanmu.

Selain itu hal yang harus kamu lakukan adalah tetap terus mempertahankan pelanggan-pelanggan yang setia jika kamu telah mendapatkan pelanggan dari hasil promosi melalui sosial media tersebut. Gunakan berbagai strategi seperti memberikan fasilitas lebih bagus kepada pelangganmu seperti discount.

Memang memulai bisnis online tidaklah mudah tetapi dengan menerapkan 5 langkah diatas akan membuatmu lebih mudah untuk memulai bisnis online. Mulai dari sekarang dan tetap konsisten agar kamu segera mendapatkan hasilnya.

——-

BACA JUGA:

Selain Jalan-Jalan, Ada Banyak Kegiatan Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengisi Liburan?

4 Tantangan Yang Harus Kamu Hadapi Demi Menjalani Hidup Yang Lebih Baik

Mau Kasih Warisan Emas Batangan? Coba Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts