Mewujudkan Tujuan Keuangan

Bagaimana Cara Mewujudkan Tujuan Keuangan Saat di Usia Muda?

Masih banyak orang yang menilai bahwa kegiatan merencanakan keuangan hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah berkeluarga. Tak sedikit juga banyak orang yang di usia muda belum memahami pentingnya merencanakan keuangan. Sebenarnya apa itu perencanaan keuangan?

Perencanaan keuangan adalah metode mengelola keuangan dengan bijak yang dalam prosesnya membawa siapa saja mencapai tujuan keuangannya. Nah agar tujuannya tercapai ada banyak caranya bisa dengan mulai menyiapkan dana darurat, investasi, asuransi hingga perencanaan waris.

Salah satu yang terpenting adalah merencanakan keuangan bisa membuat siapapun mampu memaksimalkan setiap pendapatan yang dimiliki berapapun banyaknya dan untuk berhemat dari pengeluaran yang tidak perlu. Dalam perencanaan keuangan pribadi, kamu harus menetapkan tujuan-tujuan keuangan tertentu yang ingin dipenuhi. 

Tujuan tersebut bersifat sangat personal, artinya tujuan seseorang dengan orang lain bisa sangat berbeda-beda. Tujuan keuangan pun dibagi menjadi jangka pendek (short-term goal) dan jangka panjang (long-term goal). Sehingga kegiatan merencanakan keuangan begitu sangat penting saat ini walaupun kamu masih muda karena setiap orang berapapun umurnya memiliki tujuan masing-masing.

Lalu bagaimana cara agar merencanakan keuangan dapat terwujud sesuai dengan tujuanmu?

BACA JUGA: 5 Cara Mengatur Keuangan Agar Tetap Stabil di Masa Pandemi Virus Corona

1. Buat daftar seluruh tujuan keuangan

Mewujudkan Tujuan Keuangan

Setiap tujuan keuangan harus dibuat sedetail mungkin. Buatlah daftar apa saja tujuan keuangan mu dan berapa sekiranya dana yang harus kamu kumpulkan untuk mewujudkannya. Tulislah apa saja yang ingin kamu wujudkan sesuai dengan tujuan keuangan yang kamu miliki. Coba buat daftar di kertas kosong agar kamu dapat lebih detail dalam menulis.

Mumpung ketika masih muda, ini adalah kesempatan emas yang kamu miliki karena telah bersiap dari jauh-jauh hari untuk merencanakan mewujudkan tujuan yang ingin kamu capai. Dengan umur yang relatif muda kamu bisa mencuri start jika dibandingkan orang-orang yang tidak pernah merencanakan tujuan keuangannya selagi masih muda.

2. Buat susunan jangka waktu tujuan keuangan

Mewujudkan Tujuan Keuangan

Dari daftar yang sudah kamu buat sebelumnya kemudian kelompokkan sesuai kategori berdasarkan jangka waktu baik pendek maupun panjang, maka akan memudahkan kamu untuk memperhitungkan berapa dan sampai kapan dana harus dikumpulkan. Semakin banyak tujuan keuangan yang sudah tercapai, tentunya dana yang harus dipersiapkan juga akan semakin banyak. Jika tidak memiliki daftar jangka waktu yang jelas, kamu akan kesulitan memperhitungkannya dan akhirnya sulit untuk mencapai tujuan keuangan tersebut. 

3. Kelompokkan tujuan keuangan berdasarkan prioritas

Mewujudkan Tujuan Keuangan

Setelah mengelompokkan tujuan keuangan berdasarkan jangka waktu, kemudian yang harus kamu lakukan adalah membuat prioritas dalam mengatur keuangan mu agar tujuan-tujuan keuangan baik secara jangka pendek maupun jangka panjang agar perencanaan kita dapat terukur dan tercapai. 

Dengan mengelompokkan tujuan tersebut sesuai prioritas mana yang harus didahulukan terlebih dahulu dengan begitu akan lebih mudah untuk menentukan langkah untuk mencapainya. Walaupun pada akhirnya kamu harus berusaha untuk menyelesaikan semua daftar yang telah kamu buat. Prioritas ini dibuat agar kamu bisa fokus satu per satu mana saja yang bisa kamu capai dalam waktu lebih dekat.

Mumpung masih di usia muda, semakin cepat kamu melakukan perencanaan, semakin cepat tujuan-tujuan keuangan tercapai. 

——-

BACA JUGA:

Merasa Was-Was Kondisi Keuangan Saat Pandemi Virus Corona? Coba Terapkan Tips Ini

5 Langkah Memulai Bisnis Online Tanpa Rasa Takut Gagal

Mengatur Keuangan Dengan Teknik Kakeibo, Sudah Pernah Coba?

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts