Mengatur Keuangan Dengan Teknik Kakeibo, Sudah Pernah Coba?

Jepang salah satu negara maju yang terkenal dengan negara yang sangat menjaga kebersihan dan kerapian serta kerja kerasnya yang bahkan tak mengenal waktu. Negeri satu ini juga terkenal dengan keindahan Bunga Sakura nya yang sangat ikonik dan menarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia.

Meskipun masyarakat jepang memiliki gaji yang besar tidak membuat mayoritas masyarakatnya memiliki budaya hidup konsumtif apalagi menghambur-hamburkan uang. Pada kenyataannya masyarakat Jepang senang dalam mengatur keuangan dengan cara menabung dan berinvestasi.

Salah satu teknik mengatur keuangan yang terkenal di Jepang adalah Kakeibo. Pada tahun 1904, seorang jurnalis wanita yang bernama Hani Matoko mengenalkan teknik tersebut. Teknik tersebut sudah dicoba oleh masyarakat Jepang dan efektif dapat menghemat kondisi keuangan.

Ada yang penasaran bagaimana teknik Kakeibo itu?

BACA JUGA: Perencanaan Keuangan Syariah, Membuat Hidupmu Menjadi Lebih Berkah

1. Teknik mengatur keuangan ala Kakeibo yang pertama adalah buat rincian pengeluaran setiap bulan dalam empat bagian

Mengatur Keuangan Teknik Kakeibo1

Setiap awal bulan mulailah dengan membuat catatan tertulis terkait rincian pengeluaran tetap mu dalam sebulan. Kemudian bagi rincian tersebut dalam empat bagian.

  • Survival¬† : bagian ini adalah bagian yang meliputi pengeluaranmu dalam kebutuhan pokok seperti makanan, transportasi dan obat-obatan.
  • Optional : Bagian kedua ini adalah turunan bagian kebutuhan pokok seperti uang jajan, makan diluar dan belanja dan lain-lain.
  • Culture : Kalau bagian ini termasuk pengeluaran mu untuk menambah wawasan seperti buku, film, majalah dan lainnya
  • Extra : ini termasuk pengeluaran tambahan diluar kebutuhan pribadi seperti kado pernikahan, perbaikan rumah dan lainnya.

2. Dari empat bagian pengeluaran di atas kemudian kamu harus memisahkan masing-masing bagian dengan amplop

Mengatur Keuangan Teknik Kakeibo

Sebelum kamu memisahkan ke dalam amplop kamu harus mencoba menjawab beberapa pertanyaan seperti berapa banyak uang yang dimiliki? Berapa banyak uang yang disimpan? Berapa besar uang dibelanjakan? Bagaimana cara memperbaiki keuangan?

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut kemudian saat awal bulan kamu sudah mulai untuk menyiapkan budget dari masing-masing pengeluaran. Langkah berikutnya adalah menyiapkan amplop untuk menampung uang yang sesuai dengan rencana pengeluaran.

Memang terasa sangat kuno sekali dengan majunya teknologi saat ini apalagi dengan mudahnya melakukan budget menggunakan aplikasi, namun cara ini masih efektif digunakan. Dengan menggunakan amplop agar memudahkan mu untuk mengambil uang dan mengontrol pengeluarannya setiap waktu.

3. Periksa ulang setiap akhir bulan seberapa banyak pengeluaranmu

Setelah membaginya dalam beberapa amplop, kamu wajib terus mencatatnya setiap pengeluaranmu sehingga di akhir bulan kamu dapat memeriksa kembali seberapa besar uang yang sudah kamu keluarkan. Dengan begitu, kamu akan mengetahui kemana saja uang yang digunakan untuk makan, liburan, kesehatan dan lainnya.

Kelihatannya memang sangat sederhana, tetapi ini cara yang ampuh untuk kamu bisa lebih bijak dalam mengeluarkan uang. Cara ini bisa menghindarkan mu dari sifat boros dan konsumtif. Tahap terakhir ini lah yang paling penting.

Cek pos pengeluaran mana saja yang sesuai dan tidak sesuai dengan rencana awal mu dalam membagi dalam beberapa bagian. Jika sudah sesuai, apalagi masih ada uang tersisa maka kamu sudah dapat menjalankan teknik Kakeibo ini untuk kehidupan sehari-hari mu.

Kunci dari teknik ini adalah bagaimana kita dapat rajin dan konsisten dalam mencatat pengeluaran setiap harinya. Memang tidak mudah, tetapi jika kamu asah terus maka tidak mungkin kamu dapat menggunakan teknik ini dalam kehidupanmu.

Bagaimana menurutmu, mudah bukan? Ada yang udah pernah coba?

Tulis di kolom komentar ya pengalamanmu

——-

BACA JUGA:

Menjangkau Seluruh Pelosok Indonesia, Nabung Emas Kini Bisa di Kantor Pos

3 Cara Ini Segera Wujudkan Resolusi Keuanganmu! 

4 Tips Bijak Untuk Mengelola Bonus Akhir Tahun

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts