mengatur keuangan tetap stabil

5 Cara Mengatur Keuangan Agar Tetap Stabil Di Masa Pandemi Virus Corona

Saat ini, pandemi virus corona telah mengubah pola hidup, cara bekerja, pola interaksi sosial masyarakat, hingga pola beribadah. Perkumpulan orang dalam jumlah banyak mulai harus dikurangi termasuk perkumpulan warga di berbagai kegiatan. Ada baiknya kamu mulai mengatur kembali pengeluaran bulanan karena masa pandemi virus corona belum juga berakhir.

Untuk itu, agar kehidupan keluarga tetap stabil dan dapat semakin mapan di tengah pandemi virus Corona ini, ada 5 tips dalam menjaga keuangan rumah tangga mu agar tetap aman selama menghadapi masa-masa sulit. 

BACA JUGA: 3 Alasan Agar Kamu Tidak Ikutan Panic Buying Dengan Kondisi Saat Ini

1. Bayar utang dan tagihan bulananmu segera

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membayar utang dan tagihan bulanan saat gajian mu telah tiba. Sebaiknya melunasi seluruh tagihan dan cicilan bulanan di tengah kondisi seperti ini. Kenapa? Agar kamu tidak terjebak dengan banyaknya utang yang kamu miliki apalagi dengan memiliki jatuh tempo yang pendek. Padahal kondisi seperti saat ini sagat berbahaya jika kamu memiliki utang yang lebih dari 30% pendapatanmu setiap bulan.

Ingat! Kamu wajib mendahulukan membayar utang cicilan jangka panjang seperti cicilan rumah, kendaraan, bulanan sekolah anak dan premi asuransi. Setelah itu, bayar tagihan operasional mu sehari-hari. Kamu bisa dahulukan yang penting dan lebih mendesak. Kamu juga harus dapat mengontrol diri agar tidak menambah jumlah utang saat ini.

2. Penuhi kebutuhan pokok dan tidak konsumtif dalam berbelanja

mengatur keuangan tetap stabil

Catat semua kebutuhan keluarga dengan menentukan berapa banyak uang tunai yang kamu butuhkan di rumah, dan bijaksana dalam memutuskan kebutuhan apa saja yang harus dibeli selama beberapa minggu kedepan. Karena pemerintah telah mengeluarkan kebijakan #dirumahaja, pergi keluar rumah tidak bisa dilakukan terlalu sering sehingga  harus membeli kebutuhan rumah tangga secara sekaligus dalam satu waktu. 

Jika kamu tidak melakukan pencatatan lebih dulu, ditakutkan  justru membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan dan membuat  rugi. Dalam kondisi seperti saat ini ada baiknya jangan bergaya hidup konsumtif. Kamu harus benar-benar berhemat dalam berbelanja agar uang yang kamu miliki tidak habis dan membuatmu boros

3. Mencoba peluang usaha dari rumah

mengatur keuangan tetap stabil

Meskipun situasi sedang sulit seperti saat ini, sebenarnya tetap ada peluang untuk mendapatkan penghasilan seperti menjual makanan catering harian, berjualan jamu, jasa antar beli barang online, maupun keterampilan yang kamu miliki yang bisa dicoba dari rumah. Jika ingin menambah pemasukan, kamu bisa memulai dengan mengerjakan usaha sampingan dengan keahlian yang kamu miliki.

Jika kamu memiliki keahlian dalam menulis, kamu bisa dapat menjual jasamu di berbagai platform freelancer yang ada saat ini agar banyak calon klien yang tertarik dengan jasa yang kamu tawarkan. Yang pasti kamu harus kreatif agar kamu mendapatkan usaha sampingan yang bisa tetap kamu lakukan walau dari rumah

4. Jangan lupa untuk tetap menabung dan berinvestasi

Tidak ada yang pernah tahu apa yang akan terjadi nanti dan kapan pandemi virus Corona ini akan berakhir. Oleh karena itu, cobalah kamu untuk tetap mempersiapkan keuangan jangka panjang dengan menabung dan berinvestasi. Dengan kondisi yang tidak pasti seperti saat ini kamu bisa mulai melirik investasi emas yang memiliki resiko rendah tetapi juga memiliki kenaikan harga yang cukup signifikan khususnya pada tahun ini.

Tetap pilih investasi yang bisa mudah kamu cairkan dalam kondisi seperti saat ini. Emas merupakan salah satu investasi yang memiliki tingkat likuiditas yang tinggi. Kamu bisa menjual emas kapanpun sehingga kamu bisa segera mendapatkan uang jika dalam keadaan yang terdesak.

5. Tetap bersedekah dalam kondisi apapun

mengatur keuangan tetap stabil

Selain investasi, kamu juga bisa berinvestasi dalam bentuk sedekah karena saat pandemi seperti sekarang ini banyak orang yang membutuhkan bantuan, terutama mereka yang terdampak langsung oleh wabah virus Corona. Dengan bergotong-royong membantu sesama, salah satunya dengan bersedekah, manfaat yang bisa kamu terima tidak hanya untuk saat ini namun juga untuk tabungan jangka panjang.

Tidak ada ruginya untuk tetap bersedekah bukan? Selain dapat membantu sesama kamu juga akan mendapatkan keuntungan kelak di akhirat. Bersedekah juga bisa memanjangkan umur. Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri“. (HR. Thabrani)

Jika kamu merasa cemas tentang keuangan saat ini, tidak lupa juga untuk berdoa dan mengembalikan segala keputusan yang terbaik kepada Sang Pencipta. Kalau kamu menjadi terlalu stres, justru hanya akan memperburuk keadaan saat ini. Sehingga selain berusaha, kita juga jangan sampai lupa berserah diri. Tetap semangat dan jaga kesehatan, ya!

——-

BACA JUGA:

Merasa Gaji Cepat Habis? Mungkin 3 Hal Ini Sering Kamu Lakukan

5 Langkah Memulai Bisnis Online Tanpa Rasa Takut Gagal

Mengatur Keuangan Dengan Teknik Kakeibo, Sudah Pernah Coba?

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts