4 Tips Bijak Untuk Mengelola Bonus Akhir Tahun

Tahun 2019 akan segera berakhir dengan semua orang menantikan bergantinya tahun menjadi tahun 2020. Bergantinya tahun tidak hanya identik dengan momen liburan dan cuti lama tetapi sebagian menantikan momen untuk mendapatkan bonus akhir tahun. Biasanya bonus akhir tahun menjadi rutinitas sebagian perusahaan di luar gaji bulanan.

Besarannya pun berbeda-beda tergantung kemampuan perusahaan untuk memberi bonus kepada karyawannya. Ini menjadi momen yang menyenangkan bagi sebagian karyawan karena dengan bonus yang didapatkan bisa digunakan untuk banyak hal. Sebelum digunakan untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif, akan lebih baik jika dikelola dengan bijak untuk menghasilkan keuntungan.

Lalu, bagaimana cara mengelola bonus akhir tahun yang kamu dapatkan dengan bijak agar terhindar dari pemborosan?

BACA JUGA: 4 Pertanda Masalah dalam Mengelola Gaji Bulanan Yang Sering Terjadi

1. Membayar Hutang

mengelola-bonus-akhir-tahun

Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah segera membayar hutang-hutang yang kamu punya. Terutama hutang-hutang yang jatuh temponya lebih dekat atau bahkan kalau bisa lunasi dulu semua hutang yang kamu miliki. Kenapa? Dengan bonus yang kamu dapatkan, ini menjadi kesempatan untuk memperbaiki keuangan yang kamu miliki. Dengan mengurangi hutang yang kamu punya akan membuat keuanganmu lebih sehat dan gaji pun nggak hanya numpang lewat.

2. Menambah Dana Darurat

Setelah hutang beres, berikutnya adalah kamu harus menambah porsi dana darurat yang kamu miliki.  Setiap orang wajib memiliki dana darurat, hal ini sangat penting dimanfaatkan jika kondisi sedang terdesak dan penting. Misalnya terjadi kecelakaan, saudara butuh bantuan dan lain sebagainya. Dana darurat menjadi dana paling utama kamu harus persiapkan baik individu maupun keluarga. Manfaatkan bonus akhir tahun untuk menambah porsi dana darurat. Idealnya 3-6 kali lipat dari pendapatan setiap bulannya.

3. Gunakan untuk Investasi

Agar uang bonus akhir tahun tidak habis dengan percuma, kamu bisa menyisihkan sebagian uang tersebut untuk berinvestasi. Hal ini akan memaksimalkan manfaat dari bonus tersebut. Kamu wajib hati-hati dalam memilih instrumen investasi agar tidak terjebak pada investasi bodong. Mulailah berinvestasi dengan instrumen yang memiliki risiko rendah seperti emas. Cocok buat kamu yang punya resolusi tahun baru untuk belajar berinvestasi. Apalagi saat ini bisa membeli emas menggunakan aplikasi seperti Tamasia. Semakin mudah bukan?

4. Jangan Lupa Bersedekah

mengelola-bonus-akhir-tahun1

Setelah menjalankan 3 tips diatas, jangan lupa sebagian bonus akhir tahun untuk bersedekah. Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari berbagi dengan orang yang membutuhkan. Pastinya tidak akan membuat harta habis. Dengan sedekah dapat membantu orang-orang yang lebih membutuhkan daripada uang habis digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Cukup sisihkan beberapa persen untuk disumbangkan seperti panti asuhan, panti jompo, dan sebagainya. Saat ini banyak sekali cara mudah untuk bersedekah dengan berbagai platform seiringnya berkembangnya teknologi bisa melalui website ataupun mobile.

Mengelola bonus akhir tahun memang tidak mudah apalagi banyaknya diskon-diskon di pusat perbelanjaan. Jika masih ada sisa, kamu boleh menggunakannya untuk memanjakan diri. Tak masalah, yang penting kamu sudah menggunakan bonus akhir tahun dengan bijak.

Bijak menggunakan bonus akhir tahun agar awal tahun mu semakin cemerlang dan bebas dari sifat konsumtif dan boros. Selamat menyambut tahun baru.

——-

BACA JUGA:

3 Jenis Pendapatan yang Dapat Kamu Miliki, Sudah Punya Mana Saja?

Sudah Tahu Dampak Yang Diakibatka Oleh Inflasi? Yuk Baca Ini

3 Kebiasaan Ini Akan Membuat Pengeluaran Semakin Membengkak, Jangan Dibiasakan Ya!

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts