Sudah Tahu Dampak Yang Diakibatkan Oleh Inflasi? Yuk Baca Ini

Sering mendengar kata inflasi? Sebagian masyarakat Indonesia mungkin sudah mulai terbiasa dengan mendengar kata tersebut apalagi ketika menonton berita di televisi ataupun membaca koran yang berhubungan dengan topik ekonomi.

Buat yang belum tahu, inflasi adalah menurunnya nilai karena banyak dan cepatnya uang yang beredar membuat harga barang-barang kebutuhan sehari-hari mengalami kenaikan. Contoh nyatanya jika dahulu  membeli semangkok bakso bisa dengan harga 10 ribu maka saat ini menjadi 15 bahkan 20 ribu.

Dari contoh diatas dapat membuktikan bahwa terjadi penyusutan nilai karena harga semangkok bakso meningkat. Itulah efek nyata yang terjadi pada saat ini yang dinamakan dengan inflasi.

Di Indonesia, paling terasa saang sedang mengalami bulan Ramadan. Ketika permintaan masyarakat akan bahan pokok meningkat pesat maka terjadilah kenaikan harga bahan pokok tersebut. Sementara, jumlah barang yang tersedia tidak mencukupi permintaan yang ada.

Saat momen tersebut berlakulah hukum permintaan dan penawaran. Ketika mayoritas harga naik akan menyebabkan inflasi maka sering terjadi banyak yang mengeluh harga bahan pokok naik di bulan-bulan Ramadhan.

Dari situ lah maka terjadi dampak-dampak inflasi terhadap perekonomian. Apa saja itu?

1. Minat Menabung

Ketika terjadi inflasi maka pendapatan masyarakat berkurang karena jumlah bunga yang diterima pada kenyataannya mulai berkurang. Tetapi untuk menghadapi inflasi ini para bank akan berusaha meningkatkan suku bunga pada produk yang mereka miliki untuk menarik minat masyarakat dalam menabung sehingga peredaran uang semakin dikit.

Lalu, pada umumnya saat inflasi semakin banyak masyarakat yang membuka tabungan di bank. Alhasil dampak inflasi ini pun tak selalu buruk.

2.  Pendapatan

Tahukah kamu bahwa inflasi dapat mengubah pendapatan masyarakat. Pada bebeapa kondisi inflasi rendah dapat mendorong perkembangan ekonomi. Karena dapat mendorong para pengusaha untuk memperluas produksinya kemudian semakin besarnya bisnis tersebut maka akan muncul lah kesempatan baru dan dapat mengurangi tingkat pengangguran.

3. Ekspor

Saat terjadi inflasi akan memberikan dampak pada kegiatan ekspor yang mengakibatkan ekspor berkurang. Itu terjadi karena harga barang ekspor akan semakin mahal. Dampak ini sangatlah besar apalagi ketika susahnya menjual barang ekspor terkendala persaingan harga akibat harga yang semakin naik sehingga daya saing berkurang. Akibatnya, jumlah penjualan berkurang dan devisa yang diperoleh semakin sedikit padahal jumlah penerimaan pendapatan devisa dari ekspor sangat berpengaruh terhadap perekonomian.

Dari beberapa dampak inflasi tersebut pastilah yang paling terasa pada dampak pendapatan. Barang-barang semakin mahal. Belum lagi harus tetap bisa menyisihkan pendapatan untuk berinvestasi.

Carilah investasi yang memberikan keuntungan diatas kenaikan inflasi agar nilai uangmu tidak berkurang dan termakan inflasi. Selain itu, kamu juga harus mencari pendapatan tambahan agar dapat menghadapi inflasi dengan baik dan tenang.

——-

BACA JUGA:

Diawasi BAPPEBTI Kini Investasi Emas Digital di Tamasia Semakin Aman

3 Kebiasaan Ini Akan Membuat Pengeluaran Semakin Membengkak, Jangan Dibiasakan Ya!

Bingung Mempersiapkan Mahar Pernikahan? Emas Batangan Dapat Menjadi Pilihan

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts