gaji cepat habis

Merasa Gaji Cepat Habis? Mungkin 3 Hal Ini Sering Kamu Lakukan

Sudah bukan rahasia umum jika banyak yang merasa dari tahun ke tahun harus menambah pengeluaran untuk banyak hal dengan seiringnya bertambahnya kebutuhan. Beragam kebutuhan yang semakin banyak mempengaruhi tingkat penghasilan yang didapat setiap bulannya apalagi sampai merasa gaji cepat habis.

Semakin banyak pengeluaran maka akan semakin terasa kurang penghasilan yang dimiliki saat ini karena alih-alih menabung atau investasi, uangnya sudah habis buat banyak pengeluaran sana-sini. Efek ini akan mempengaruhi kondisi keuangan pribadi maupun keluarga. Jika ini terjadi padamu, apakah kamu menginginkan kondisi seperti ini terus?

Tentu saja tidak.

Untuk dapat mengatasi pengeluaran yang terus membengkak, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan loh. Tidak hanya dengan menambah penghasilan dengan ikut pekerjaan sampingan, kamu bisa memeriksanya dengan cara menyelidiki kemana saja larinya pengeluaranmu.

Ada beberapa hal yang menyebabkan pengeluaran mu membengkak. Apa saja itu?

BACA JUGA: Mengatur Keuangan Dengan Teknik Kakeibo, Sudah Pernah Coba?

1. Sering jajan makanan dan minuman di kantor

gaji cepat habis

Mungkin kamu tidak merasa banyak mengeluarkan uang besar untuk membeli makanan camilan ataupun minuman manis yang lagi hits saat ini. Terasa murah hanya di kisaran harga 10-20 ribu. Tapi ingat-ingat lagi dalam seminggu atau bahkan sebulan sudah habis berapa untuk membeli makanan atau minuman itu?

Bisa-bisa setelah kamu cek pengeluaran mu membengkak dari hobi jajan yang nominalnya kecil tetapi terus berulang dan membuat bengkak pengeluaran. Awalnya sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

Untuk menyiasati itu kamu bisa menyiapkan pengganti cemilan yang lebih murah seperti permen, biskuit. Untuk minuman kamu bisa menggantinya dengan membeli minuman sachetan yang bisa kamu seduh sendiri. Itu akan semakin mengurangi pengeluaranmu.

2. Mudah tergiur dengan barang-barang diskon dan mudah menggunakan kartu kredit konsumtif

Siapa yang tak tergiur dengan tulisan diskon yang ada di mall atau flash sale yang ada di ecommerce? Memang sih sangat menggiurkan apalagi kalau sampai 50% diskon yang diberikan. Tetapi sayangnya nggak semua barang yang didiskon itu sesuai kebutuhan kita. “mumpung murah” bisa membuatmu tidak rasional dalam membeli barang.

Hasilnya? Pengeluaran semakin membengkak. Kalau kamu terbiasa dengan kondisi seperti ini ada baiknya mulai mengendalikan diri lebih kuat termasuk dalam memutuskan membeli sebuah barang. Budaya konsumtif seperti itu berpotensi besar menguras isi rekeningmu.

Belum lagi kalau kamu menggunakan kartu kredit secara berlebihan untuk budaya konsumtif mu. Gaji yang kamu dapat akan cepat habis untuk membayar tagihan kredit. Untuk menghindari berulang nya masalah tersebut, gunakanlah kartu kredit secara bijak dan jangan membiasakan kartu kredit sebagai alat pembayaran utamamu.

3. Sering menghabiskan waktu dengan liburan dan jalan-jalan

Apakah liburan itu salah? Tentu saja tidak. Liburan memang perlu atau menghabiskan waktu sekedar jalan-jalan di hari sabtu atau minggu tentu saja menyenangkan apalagi bersama dengan teman, saudara ataupun keluarga. Nah masalahnya, jika dilakukan tanpa kontrol yang baik dan benar, hal itu bisa membuat pengeluaranmu membengkak loh.

Cobalah menahan diri tak terus setiap akhir pekan menghabiskan waktu dengan hal tersebut. Jika masih sesuai dengan budget yang kamu tetapkan di awal maka itu masih menjadi hal yang wajar. Jika uang yang kamu habiskan melebihi budget yang kamu tentukan maka akan berujung menjadi pemborosan.

Kamu bisa menyiasatinya dengan jalan-jalan ke tempat yang lebih murah dan nggak bikin kantong jebol seperti rekreasi bersama teman atau keluarga ke taman, kebun binatang atau tempat-tempat yang lebih menyenangkan. Selain itu untuk menghindar dari pusat perbelanjaan yang akan menggodamu untuk membeli banyak barang kebutuhan lainnya.

Dengan dapat mengatasi pengeluaran-pengeluaran di atas maka kamu tidak perlu khawatir akan semakin membengkaknya pengeluaran karena kamu sudah dapat mengontrolnya dengan baik.

Dari ke tiga diatas mana saja pengeluaran yang membuatmu boros? Tulis di kolom komentar ya

——-

BACA JUGA:

4 Pertanda Masalah dalam Mengelola Gaji Bulanan Yang Sering Terjadi

4 Tantangan Yang Harus Hadapi Demi Menjalani Hidup Yang Lebih Baik 

[Video] 5 Tips Hemat Untuk Persiapan Liburanmu

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts