Harga Emas Semakin Perkasa

Harga Emas Dunia Semakin Perkasa, Kini Mencetak Rekor Baru Tembus US$ 1.800/oz

Harga emas dunia dalam beberapa minggu terakhir semakin perkasa. Minggu ini, harga emas dunia berhasil mencetak rekor baru yang dimana tembus pada harga US$ 1.800/oz. Harga ini menunjukkan bahwa emas kian berkilau di tengah kondisi ekonomi yang sedang tidak menentu seperti saat ini. Kenaikan dan penurunan harga emas setiap harinya memang pasti ada penyebabnya.

Semakin kondisi perekonomian global tidak menentu, maka investor mulai banyak beralih ke aset investasi yang memiliki risiko lebih rendah seperti emas. Akibat permintaan pembelian emas semakin naik maka harga emas pun ikut melonjak naik. Kenaikan ini secara year to date tahun 2020 sudah berkisar 19%. Harga yang terus naik ini mulai dilirik banyak investor terutama masyarakat Indonesia yang sudah sangat familiar dalam investasi emas. 

Lalu apa penyebabnya hingga harga emas dunia semakin perkasa dalam waktu beberapa minggu terakhir?

BACA JUGA: Begini Cara Menguji Emas Atau Palsu Yang Wajib Kamu Ketahui

Harga Emas Dunia Saat Ini

Harga Emas Semakin Perkasa
Sumber: https://id.tradingeconomics.com/

Harga emas dunia terus mencetak rekor baru semenjak virus covid-19 atau yang dikenal dengan nama virus corona menyebar diseluruh penjuru dunia. Termasuk Indonesia yang dimana sejak bulan Maret hingga saat ini bulan Juli tahun 2020 terus mencatatkan pertumbuhan jumlah pasien yang terkena virus tersebut. Virus ini juga memberikan dampak tidak hanya kesehatan juga memberikan dampak pada ekonomi. bisnis bahkan hingga investasi negara-negara diseluruh dunia.

Dari grafik diatas dapat kamu lihat bahwa harga emas dunia saat ini berada pada harga US$ 1.800/troy ons. Harga saat ini terus mengalami kenaikan yang berkelanjutan. Sejauh ini harga tersebut merupakan harga tertinggi sejak tahun 2011.

Kekawatiran investor global terhadap kondisi perekonomian dunia yang mengalami proyeksi penurunan kedepannya maka banyak memburu emas untuk mengamankan uang yang dimiliki.

Harga Emas Semakin Perkasa
Sumber: Google

Jika dilihat dari tabel diatas maka hingga saat ini Amerika Serikat masih menjadi negara dengan peringkat pertama di dunia yang mencatatkan korban yang terinfeksi virus corona ini. Bahkan dari hari ke hari mencatatkan peningkatan jumlah pertumbuhan korban terinfeksi dan korban jiwa. Tidak hanya Amerika Serikat, negara-negara lain seperti Brasil, India, Rusia, Peru terus mengalami peningkatan.

Korban terinfeksi virus ini sudah mencapai 12 juta orang dan bahkan hingga saat ini masih belum diproduksi vaksin massal untuk mengobati virus ini. Pandemi ini menjadi suatu momok yang menakutkan untuk kedepannya karena membuat segala aktifitas terhenti.

Bagaimanapun juga pandemi virus corona belum berakhir. Malahan dalam beberapa waktu terakhir jumlah kasus melonjak kembali sehingga mulai diberlakukan lockdown kembali. Kerusuhan yang merebak di berbagai negara akibat kesenjangan sosial dan ekonomi membuat prospek ekonomi jadi suram lantaran kondisi semakin parah dan belum ada jalan keluar dari masing-masing negara.

“Harga emas terus terdorong oleh permintaan yang meningkat meski ada data makro ekonomi yang positif dan sentimen yang cenderung risk on…Pelemahan dolar telah mendukung emas, tetapi penyokong sebenarnya harga emas adalah imbal hasil asli” kata Suki Cooper analis dari Standard Chartered Bank (dikutip dari cnbcindonesia.com)

Walaupun harga emas sudah mengalami kenaikan yang tinggi ditengah tahun 2020 ini, beberapa proyeksi menyatakan bahwa harga emas masih mengalami potensi kenaikan yang besar kedepannya. Harga emas dunia yang naikpun akan membuat harga emas antam juga mengalami kenaikan. Per hari ini Kamis, 9 juli 2020 harga emas antam sudah mencapai 940 ribu. Terus mengalami kenaikan seiring dengan kenaikan harga emas duni.

Walaupun potensi keadaan global akibat virus ini semakin tidak pasti, saatnya bersiap dengan mulai membeli emas untuk menyiapkan dana darurat yang bisa berguna melindungi jika ada hal-hal mendesak yang tidak kita inginkan. Beli emas sekarang sebelum harga emas terus naik.

——-

BACA JUGA:

IMF Rilis Laporan Proyeksi Ekonomi Dunia, Bagaimana Harga Emas Kedepannya?

Bagaimana Kinerja Harga Emas Sepanjang Tahun 2019? 

Sejak Awal Tahun Tren Harga Emas Naik, Apakah Bisa Mencetak Rekor Kembali?

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts