Cara Menguji Emas

Begini Cara Menguji Emas Asli Atau Palsu Yang Wajib Kamu Ketahui

Kabar terbaru dari negeri panda yaitu Cina telah ditemukan skandal pemalsuan emas terbesar dalam sejarah sebanyak 83 ton emas murni. Pemalsuan emas ini kemungkinan lebih dari 4% cadangan emas negara. Emas yang disimpan Wuhan Kingold Jewelry Inc disinyalir palsu. Akibat berita terbaru ini kita harus semakin paham bagaimana cara menguji emas asli atau palsu agar ketika membeli emas tidak terkecoh.

Singkat cerita, skandal emas palsu ini terungkap saat aset Kingold dilikuidasi akibat tidak mampu untuk membayar utang. Sedangkan emas yang dimiliki Kingold sebesar 83 ton sebagai jaminan untuk meminjam uang ke lebih dari 10 lembaga keuangan China tidak asli melainkan tembaga yang berlapis emas. Untuk detail beritanya kamu dapat baca disini

Untuk mengecek keaslian logam mulia emas antam yang telah kamu beli agar tidak terjadi peristiwa seperti diatas ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

BACA JUGA: IMF Rilis Laporan Proyeksi Ekonomi Dunia, Bagaimana Harga Emas Kedepannya?

1. Gunakan aplikasi CertiEye

Cara Menguji Emas
Sumber: Youtube d’gold father

Setelah kamu membeli emas antam agar dapat menyakinkanmu bahwa emas tersebut asli atau palsu yang dapat kamu lakukan adalah dengan mendownload aplikasi CertiEye dengan versi iOs ataupun Android. Dengan menggunakan aplikasi tersebut maka kamu dapat melakukan scan pada barcode yang ada di logam mulia emas antam yang sudah kamu beli. Ketika kamu sudah melakukan scan maka kamu dapat melihat detail dari emas tersebut.

2. Melakukan cek ke Butik LM terdekat yang ada di kotamu

Cara Menguji Emas
Sumber: www.seputarsemarang.com

Jika kamu orang lebih cocok langsung datang ke lokasi untuk melakukan cek keaslian emas, kamu bisa membawa emas yang sudah kamu beli ke berbagai butik antam LM terdekat. Petugas yang ada di butik tersebut dapat memberikan jawaban terkait keaslian dari emas antam yang kamu miliki. Sehingga kamu dapat lebih tenang setelah membeli emas.

3. Gunakan magnet untuk mengecek keaslian emas

Selain cara diatas kamu dapat menggunakan magnet sebagai alat tambahan untuk mengukur keaslian dari emas yang kamu miliki. Mendekatkan emas dengan magnet maka hasilnya tidak menempel maka emas tersebut asli. Sedangkan jika sebaliknya emas didekatkan dengan magnet lalu menempel maka emas tersebut palsu.

4. Uji dengan asam nitrat

Tetesi asam nitrat pada permukaan emas yang kamu miliki. Jika timbul reaksi warna kehijauan, artinya bahan emas dilapisi logam besi, ini menandakan emas yang kamu punya yaitu palsu. Perlu kamu ketahui, emas asli tidak akan bereaksi apapun terhadap asam nitrat. Untuk pengujian ini kamu ada baiknya ditemani oleh orang yang profesional agar lebih aman.

5. Menguji keaslian emas dengan metode berat jenis

Ada cara lain yang bisa kamu gunakan yaitu dengan metode berat jenis. Cara ini lebih aman dan mudah untuk kamu lakukan. Mau tau bagaimana caranya? Simak video berikut ini

Nah mudah-mudah bukan cara menguji keaslian emas. Cara-cara tersebut akan memberikanmu rasa ketenangan saat setelah membeli emas. Karena sudah paham caranya maka tidak was-was untuk membeli emas apalagi harganya yang terus mengalami kenaikan dalam beberapa tahun terakhir.

Agar mudah dan lebih aman, beli lah logam mulia emas yang dikeluarkan oleh antam karena resmi dan dapat dijual kembali dimanapun dan kapanpun. Sudah siap beli emas antam?

——-

BACA JUGA:

[Video] Apakah Saatnya Membeli Emas Saat Pandemi Virus Corona? Ini Kata Sandiaga Uno

Selepas Kuartal 1 Tahun 2020, Bagaimana Kinerja Harga Emas?

Sejak Awal Tahun Tren Harga Emas Naik, Apakah Masih Bisa Mencetak Rekor Kembali?

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts