Skill Berjualan Online

Mau Berjualan Online? Coba Asah 5 Skill Ini Terlebih Dahulu Agar Omzet Melesat

Saat ini aktifitas berjualan barang secara online sedang meningkat akibat keterbatasan berjualan secara offline akibat pandemic virus corona. Namun, berjualan online tidak cukup dengan hanya sekedar memposting produk atau jasa melalui sosial media saja. Nah, agar bisa menjangkau calon konsumen yang potensial, tentu membutuhkan skill yang harus kamu kuasai.

Walaupun saat ini banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berjualan secara online melalui sosial media, ecommerce atau lainnya tetapi tidak semua cara tersebut menjamin keberhasilan bisnis jualan online. Agar berjualan online semakin tambah maka ada beberapa skill yang harus kamu kuasai agar omset penjualan online meningkat.

Skill apa saja itu?

BACA JUGA: Begini Cara Menguji Emas Asli Atau Palsu Yang Wajib Kamu Ketahui

1. Menguasai komputer dan gadget

Skill Berjualan Online

Ketika berjulan melalui jaringan internet, sudah pasti kamu akan menggunakan teknologi berupa komputer ataupun gadget. Agar kinerja dalam berjualan bisa maksimal, maka menguasai perangkat yang digunakan menjadi hal yang harus kamu lakukan. Penguasaan ini meliputi operasi ms Word dan Excel, fitur browser, camera optimation, shop app, akses internet, design app, business tools, dan sebagainya.

2. Manajemen bisnis online

Skill Berjualan Online

Memaksimalkan potensi bisnis online tidak cukup jika Kamu hanya memprioritaskan penjualan produk. Perlu ada manajemen yang terukur untuk mempertahankan bisnis jangka panjangmu.Manajemen yang dimaksud meliputi rancangan administrasi, akuntansi keuangan, pengelolaan keluar masuk produk, pengaturan jadwal kerja, penyusutan dan penggantian barang, dan sebagainya.

3. Penggunaan social media

Skill Berjualan Online

Penguasaan terhadap jejaring sosial dan platform penjualan online adalah skill lainnya yang harus kamu pahami. Jejaring sosial yang perlu kamu pelajari adalah bagaimana menawarkan produk melalui sosial media yang potensial seperti melalui facebook, Instagram, tiktok dan lainnya. Artinya, Kamu harus tahu cara memaksimalkan sosmed sebagai sarana untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Tentu dengan memperluas penggunaan jaringan dan tidak hanya terpaku dengan satu sosmed saja.

4. Teknik copywriting

Keterampilan copywriting tidak hanya diperuntukkan bagi praktisi digital marketer. Bahkan sebagai praktisi bisnis online khususnya dalam bidang penjualan melalui internet, kamu harus menguasai teknik yang satu ini. Kemampuan copywriting juga tidak hanya untuk kamu yang menggunakan landing page sebagai platform penjualan online. Baik marketplace, toko online, maupun sosial media, copywriting sangat dibutuhkan untuk menarik konsumen secara online.

Semakin baik bakatmu sebagai copywriter, semakin besar pula peluang produkmu untuk dijangkau konsumen. Teknik ini sekaligus meningkatkan kapasitas penjualanmu terhadap kompetitor lain yang juga menjual produk serupa.

5. Skill fotografi dan design grafis

Cara mendesain foto produk adalah salah satu skill yang tidak kalah penting dari copywriting. Sebab, foto merupakan bagian terpenting jika kamu menjual produk secara online. Setiap kali konsumen mencari produk lewat internet, tentu hal pertama yang akan dilihat adalah foto dari produk yang dicari. Semakin bagus list foto yang ditampilkan, semakin baik pula respon konsumen.

Menariknya, foto yang bisa menarik minat konsumen untuk membeli produk adalah foto yang real. Artinya, bukan foto hasil rekayasa, melainkan foto hasil jepretan kamu sendiri. Untuk itu, kamu perlu mengetahui teknik fotografi yang cocok untuk produk online. Di luar itu, sebelum diunggah foto juga memerlukan penyuntingan agar lebih menarik dan lebih meyakinkan calon pembeli.

Internet adalah pasar yang luas untuk mempertemukan produk dengan konsumen. Demikian juga dengan jumlah pedagang atau penyedia jasa yang menggunakan layanan internet sebagai sarana pemasaran/penjualan mereka. Sehingga besar kemungkinan kamu adalah penjual ke sekian kalinya yang menjual produk serupa di internet. Jadi, mau tidak mau kamu harus bersaing dengan mereka yang sama-sama berjualan online dan kamu juga wajib meningkatkan skill agar dapat menaikkan omset penjualan.

——-

BACA JUGA:

3 Potensi Fintech Syariah Sebagai Solusi Keuangan Dalam Islam

5 Cara Meningkatkan Omzet Bisnis Online Dengan Mudah

7 Cara sederhana Menjaga Kesehatan Mental Agar Hidupmu Lebih Tenang

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts