Platform Iklan Digital

3 Platform Iklan Digital Ini Akan Membantumu Dalam Pemasaran Secara Online

Digital marketing sepertinya telah menjadi strategi bisnis yang cukup potensial apalagi di era digital seperti saat ini maka muncullah berbagai platform iklan digital. Bahkan dilihat melalui prospek ke depannya, berbagai platform tersebut dapat membantu kesuksesan bisnis karena sangat powerful dalam menjangkau banyak pengguna sosial media.

Saat ini, setidaknya ada 3 platform iklan digital terpopuler di kalangan pebisnis, yaitu Facebook Ads, Instagram Ads, dan Google Ads. Ketiga platform tersebut menjadi andalan dalam hal pemasaran secara online. Berikut pemahaman dasar yang perlu kamu ketahui tentang platform ini.

BACA JUGA: Harga Emas Dunia Semakin Perkasa, Kini Mencetak Rekor Baru Tembus US$ 1.800 /oz

1. Pengertian

  • Facebook Ads
    Platform Iklan Digital

FB Ads adalah platform digital dimana kamu bisa mengiklankan bisnismu melalui fitur bernama fanpage. Sebagaimana kita tahu, Facebook merupakan web app sosial media terbesar yang memiliki pengguna terbanyak di internet. Jadi, beriklan di FB sangat berpotensial untuk memperluas pasar komersil dan jangkauan lebih banyak orang terutama di Indonesia yang banyak orang aktif di sosial media ini.

  • Instagram Ads
    Platform Iklan Digital

Sama halnya dengan Facebook. Instagram adalah platform sosial media yang sangat familiar di berbagai kalangan, khususnya anak muda. Platform ini terfokus pada image dan video post. Sehingga ketika kita berbicara mengenai periklanan di IG Ads, tentu target pasar sangat membantu dalam meningkatkan popularitas bisnis kita. Terlebih bagi produk jasa yang cenderung diorientasikan ke konsumen muda.

  • Google Ads
    Platform Iklan Digital

Tak kalah dengan FB Ads dan IG Ads, Google AdWords memberikan layanan periklanan yang mampu menjangkau hampir seluruh pengguna internet. Sebagai portal web sekaligus mesin telusur terpopuler, Kamu berkesempatan memperoleh jangkauan konsumen atau klien yang sangat besar. Periklanan di Google Ads menggunakan platform Landing Page atau WebSite.

Percaya diri memberikan sumbangsih yang sangat berpengaruh terhadap kondisi emosional. Jika kita mampu membangun kepercayaan terhadap diri sendiri maka kita juga akan mudah untuk memberi rasa nyaman terhadap keberlangsungan hidup. Untuk itu, berpikir hal-hal yang positif terhadap diri sendiri dapat mendorong kamu bisa memperbaiki emosional yang terkadang masih labil.

2. Cara Kerja

  • Facebook Ads

Platform iklan digital seperti FB Ads, Cara beriklannya dengan menggunakan fitur Fanpage. Fitur ini diperuntukkan untuk bisnis, komunitas, atau profil lainnya.

Penayangan iklan dengan fanpage bisa kamu atur sesuai segmentasi pemirsa yang ditarget. Kamu bebas menentukan untuk siapa iklan akan ditayangkan.

FB Ads menawarkan 3 opsi periklanan yang bisa kamu gunakan. Yakni awareness, consideration, dan conversation dengan kelebihan yang berbeda-beda. Untuk tarif sendiri bisa diatur sesuai budget yang kamu miliki, dengan menyesuaikan model biaya CPC dan CPM.

  • Instagram Ads

Sebenarnya Instagram telah bergabung dengan Facebook, khususnya dalam bidang jaringan bisnis. Untuk beriklan di sosial media ini, kamu juga harus memiliki akun Fanpage.

Sebelum memulai periklanan, kamu harus menautkan akun bisnis di Instagram yang dimiliki dengan Fanpage.

Dibandingkan FB Ads, di Instagram ini kamu bisa mengiklankan profil bisnis dengan 5 pilihan metode, baik dalam bentuk monetisasi foto maupun video. Kelima metode tersebut adalah Instagram partner, FB Ads Manager, FB Marketing API, dan langsung dari aplikasi Instagram itu sendiri.

Tidak ketinggalan, IG Ads juga memberikan fitur pengaturan target pemirsa secara fleksibel. Kamu bebas mengaturnya bahkan hingga tarif biaya yang sanggup dikeluarkan.

  • Google Ads

Beriklan di Google dapat meningkatkan kemajuan bisnis. Penayangan Google dikenal mampu menjangkau hampir kalangan pengguna internet. Langkah ini memiliki prospek pemasaran digital yang potensial dalam meningkatkan popularitas produk jasa.

Agar bisnis kamu bisa tampil di periklanan Google, Kamu harus memiliki situs sebagai portal informasi mengenai bisnis yang kamu jalani. Sistem dari iklan ini situsmu akan ditampilkan pada mesin telusur Google dan jaringan situs yang terkait Adsense.

Fleksibilitas Google AdWords bisa Kamu manfaatkan untuk menargetkan pemasaran yang relevan. Salah satu yang memiliki pengaruh besar terhadap penayangan bisnis adalah penentuan keyword. Lazimnya situs web dari bisnismu bisa ditampilkan pada halaman utama Google ketika terdapat pengguna yang mencari keyword serupa.

Tarif yang ditentukan oleh Google AdWords tidak terlalu mahal. Kamu bisa mengaturnya dengan menyesuaikan budget atau kebutuhan digital marketing sebagaimana kapasitas publikasi yang diperlukan. Setidaknya ada 3 kategori pola pembiayaan yang diterapkan, yaitu penghitungan jumlah impresi, jumlah klik, dan jumlah konversi.

Masing-masing penyedia layanan memiliki karakteristik dan kelebihan yang berbeda-beda. Untuk memulai periklanan di ketiga platform tersebut, Kamu bisa memulainya dengan modal tidak lebih dari 100 ribu. Jadi, kamu bisa mempertimbangkan sebelum menggunakan layanan secara berkelanjutan.

Dalam hal metode pembayaran, platform iklan digital seperti FB Ads dan IG Ads bisa menggunakan kartu kredit dan debit. Sedangkan Google Ads mengharuskan kamu menggunakan kartu kredit untuk membayar tagihannya.

——-

BACA JUGA:

Mau Berjualan Online? Coba Asah 5 Skill Ini Terlebih Dahulu Agar Omzet Melesat

5 Cara Meningkatkan Omzet Bisnis Online Dengan Mudah

Sejak Awal Tahun Tren Harga Emas Naik, Apakah Masih Bisa Mencetak Rekor Kembali?

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts