Asal Usul Harga Emas

Asal Usul Harga Emas Dunia Yang Mempengaruhi Harga Emas Antam

Harga emas selalu mengalami kenaikan dan penurunan setiap hari. Harga yang fluktuatif disebabkan oleh harga emas menggunakan standar harga emas di pasar internasional. Pada pasar internasional, harga emas disepakati sebagai patokan dalam transaksi jual beli emas di berbagai negara.

Tak luput dengan harga emas antam yang dimana juga mengikuti harga emas dunia sebagai acuan dalam kenaikan dan penurunan. Jadi, peran harga emas di pasar internasional memang sangat penting disini. Bagi semua orang harga emas memang sangat penting untuk diikuti dikarenakan dapat memantau sejauh mana perkembangan investasi emas yang dimiliki.

Lalu bagaimana proses penentuan harga emas yang menjadi acuan permintaan dan penawaran. Seperti hal jual beli asset atau barang lainnya selalu ada sisi dimana permintaan dan penawaran. Dalam emas terdapat dua harga emas yang menjadi acuan internasional yaitu harga emas tetap (gold fix) dan harga emas spot (spot price). Apa bedanya?

BACA JUGA: Apa Penyebab Harga Emas Semakin Naik? Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menjual Emas?

Harga Gold Fix

Untuk harga emas tetap  (London Fix) ditetapkan setiap hari pada pukul 10.30 GMT dan pada pukul 15.00 GMT. Gold fix didasarkan pada patokan harga emas di pasar emas London, tempat sebagian besar transaksi perdagangan emas dunia terjadi.

Jadi terdapat perubahan harga selama dua kali untuk pagi dan sore. Gold fix yang ditetapkan tiap hari inilah pedoman pada harga spot. Lalu harga Gold Fix ini ditentukan oleh London Buillion Market Association (LBMA). Lembaga ini bertugas mendefinisikan standar emas dan perak, menentukan bagaimana praktik perdagangan yang baik, dan menentukan standar dokumentasi, yang semuanya berperan penting dalam penentuan harga emas.

Harga gold fix ditetapkan dalam satuan US Dollar, Euro, dan Poundsterling Inggris. Harga ini yang disepakati hampir di seluruh dunia.

Harga Spot

Harga spot adalah harga emas yang paling banyak digunakan. Harga spot merupakan harga emas real time yang diperbarui setiap saat. Harga spot inilah yang dipublikasikan di situs-situs web penjual emas dan menjadi dasar untuk menentukan harga di toko emas lokal. Gold fix berperan sebagai dasar untuk menentukan harga spot, namun harga spot sifatnya fluktuatif sepanjang hari, tergantung perkembangan dan reaksi pasar terhadap harga gold fix yang diumumkan pada 10.30 GMT dan 15.00 GMT.

Harga emas Antam yang menjadi acuan untuk perdagangan emas di Indonesia pun menggunakan harga emas dunia ini yang dikonversikan ke dalam rupiah. Harga emas pada pasar spot ini menggunakan mata uang dolar Amerika dan satuannya adalah troy ounce (t oz). Adapun satuan perdagangan emas di Indonesia biasanya menggunakan gram. Walhasil jika ingin mengetahui perkiraan harga emas di Indonesia dapat mengubah satuan perdagangannya terlebih dulu, dari troy ounce menjadi gram yang dimana sebesar 31.1035 gr . Kemudian barulah Setelah itu, dapat mengkonversi harganya ke dalam mata uang rupiah.

Contohnya harga emas spot saat ini sebesar $1.458 per troy ounce. Satuan dari harga tersebut terlebih dulu diubah ke dalam gram. Harga spot tersebut dibagi 31,1035 sehingga menghasilkan harga $46,87 per gram.

Kemudian konversikan harga emas per gram tersebut ke mata uang rupiah. Saat ini kurs rupiah sekitar Rp14.102 per USD. Harga emas spot $46,87 per gram dikalikan kurs Rp14.102  menjadi Rp660.960 per gram. Begitulah perhitungan harga emas saat ini dengan menggunakan acuan pasar spot.

Walaupun menjadi harga acuan tetapi tetap permintaan dan penawaran menjadi ilmu dasar kenapa harga selalu mengalami kenaikan dan pengalaman. Dengan mengetahui asal usul harga emas ini maka kamu akan semakin bijak dalam memutuskan pembelian dan penjualan emas kedepannya.

——-

BACA JUGA:

Apa Bedanya Nabung Emas dengan Cicilan Emas?

Tentukan 4 Hal Ini Ketika Kamu Ingin Memulai Investasi

Emas vs Inflasi, Siapakah Pemenangnya?

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts