memulai investasi

Tentukan 4 Hal Ini Ketika Kamu Ingin Memulai Investasi

Di era yang serba modern saat ini, pilihan instrumen investasi semakin beragam. Definisi investasi sendiri adalah kegiatan dalam mengelola keuangan untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Saat ini pun kegiatan investasi sudah semakin marak dinikmati kalangan anak muda.

Kegiatan investasi makin marak dengan seiringnya tingkat literasi investasi yang naik. Dari seminar hingga media sosial semakin banyak konten investasi bertebaran. Walaupun tingkat literasi dan minat semakin tinggi dikalangan anak muda tetapi hal yang terpenting adalah investasi harus segera dimulai tanpa menunda-nunda.

Pemahaman investasi juga harus diikuti dengan pemahaman tingkat keuntungan dan kerugian dari setiap masing-masing instrumen investasi. Perlu kamu ingat, tidak ada yang sempurna. Tugasmu sebelum berinvestasi adalah memilih yang cocok sesuai profil risiko yang kamu miliki.

Semakin cocok dengan profil risiko maka kamu akan semakin tenang dalam berinvestasi. Buat kamu yang masih pemula dalam dunia investasi dan ingin menjadi sukses di masa yang akan datang ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sejak dini.

1. Tentukan Tujuan Investasi untuk Memulai Investasi Pertamamu

Sebelum memilih instrumen investasi, pertama kali kamu harus menentukan tujuan dari kamu berinvestasi untuk apa. Misalnya untuk tabungan kuliah, untuk membeli rumah, berangkat umroh dan lainnya. Tujuan investasi yang jelas akan memudahkan mu untuk terus konsisten dalam mengejar tujuan. Biasanya kalau tidak punya tujuan akan sering malas-malasan dan tidak konsisten.

2. Tentukan Besaran Dana Investasi

Setelah menentukan apa tujuan investasi, kamu perlu persiapkan dana investasi. Misal, kamu berinvestasi dengan besaran 10% dari total gaji mu perbulan. Itu akan memudahkanmu untuk terus mengukur waktu hingga tujuan investasimu dapat tercapai. Idealnya 10-20% dari gaji bulanan bahkan lebih besar itu juga baik yang penting konsisten untuk terus fokus dalam berinvestasi.

3. Tentukan Instrumen Investasi dan Memilihnya

Seperti yang dijelaskan di awal artikel ini, kamu wajib memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko dan tujuanmu karena hingga saat ini jumlah instrumen investasi sangat banyak dan memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Pengetahuan yang baik akan memudahkanmu untuk memilih investasi yang tepat dan menguntungkan.

4. Tentukan Portofolio Investasi Sesuai dengan Keinginanmu

Dengan beragamnya instrumen investasi maka kamu harus mengalokasikan investasi dengan membaginya dalam instrumen yang berbeda. Salah satu instrumen yang wajib kamu alokasikan adalah emas. Keadaan ekonomi yang tidak menentu seperti saat ini kamu harus mengoleksi emas sebagai instrumen safe heaven dengan memiliki risiko yang sangat minim. Diversifikasi seperti ini akan membantumu mengatasi risiko kerugian di masa yang akan datang.

Dalam proses berinvestasi pasti membutuhkan kesabaran dan tidaklah mudah apalagi dihadapi dengan naik turunnya keuntungan yang didapatkan. Ingat, tidak ada satu pun produk investasi yang menjamin bisa bebas dari kerugian. Kamutak perlu khawatir, kegiatan investasi bisa berjalan lancar apabila kamu terus belajar mengenai instrumen investasi yang ditekuni.

Selamat berinvestasi!

——-

BACA JUGA:

Diawasi BAPPEBTI Kini Investasi Emas Digital di Tamasia Semakin Aman

3 Kebiasaan Ini Akan Membuat Pengeluaran Semakin Membengkak, Jangan Dibiasakan Ya!

Bingung Mempersiapkan Mahar Pernikahan? Emas Batangan Dapat Menjadi Pilihan

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts