Apa Penyebab Harga Emas Semakin Naik? Kapan Waktu yang Tepat untuk Menjual Emas?

Akhir-akhir ini harga emas naik dengan cukup siginifikan. Jika dilihat harga emas secara year-to-date sejak awal tahun maka kenaikan harga emas sudah mencapai 17%.

Kenaikan harga emas ini pun mulai dilirik oleh banyak orang saat ini. Kenaikan yang cukup siginifikan sejak awal tahun juga memberikan tanda tanya kepada para investor

Kenaikan harga emas ini mengikuti harga emas dunia yang dimana mencapai level tertinggi sejak tahun 2013. Bahkan sebelumnya di tahun 2012 harga emas mencapai level yang lebih tinggi lagi sebesar US$1.777/troy ounce.

Sumber : www.tradingeconomics.com

Saat ini level tertinggi harga emas dunia berada di level US$1.500/troy ounce dan masih membuka peluang lebih besar untuk terus mengalami kenaikan.

Memang, apa penyebab kenaikan harga emas dalam beberapa bulan terakhir?

1. Berlanjutnya Perang Dagang Amerika dan Cina Membuat Harga Emas Naik

harga emas naik -1

Penyebab terbesar kenaikan harga emas adalah semakin memanasnya kembali perang dagang antar negara yaitu Amerika Serikat dengan China. Pada bulan mei lalu, Donald Trump selaku presiden AS mengeluarkan perintah untuk menaikkan bea impor produk-produk yang berasal dari China.

Tidak tanggung-tanggung, kenaikan bea impor senilai US$ 200 Miliar yang semula hanya 10% maka menjadi 25% saat ini. Padahal, kedua negara tersebut sudah melakukan proses negosiasi dagang dan cenderung menghasilkan negosiasi yang positif

Tetapi sayang, pada bulan Mei 2019 Donald Trump menuding China telah menarik beberapa komitmen dari kesepakatan hasil negosiasi. Karena itulah Donald Trump akhirnya memberlakukan tarif bea impor yang baru kepada China.

Keadaan pun semakin memanas ketika China memulai membalas dengan aturan bea impor untuk barang-barang dari Amerika Serikat. Keadaan seperti ini pun memicu kekhawatiran global atas perang dagang ke dua negara adidaya tersebut.

Semakin memanasnya kekhawatiran ekonomi global membuat para investor mulai menghindari asset beresiko seperti saham. Pilihannya pun jatuh kepada emas yang dikenal sebagai instrumen investasi bebas risiko.

Tentu saja, harga emas terus mengalami kenaikan ketika permintaan akan emas semakin naik.

2. Penurunan Suku Bunga The Fed

harga emas naik

Tidak hanya perang dagang Amerika dengan China saja, kenaikan harga emas disebabkan oleh pemangkasan suku bunga The Fed. Pada awal agustus resmi diumumkan bahwa The Fed menurunkan suku bunga acuannya. Sebesar 25 basis poin dikarenakan merespon bagaimana keadaan ekonomi global saat ini.

Jika The Fed menaikkan suku bunga akan memperparah keadaan ekonomi global sehingga penurunan suku bunga dirasa menjadi alasan yang tepat. Dengan penurunan suku bunga tersebut menyebabkan dolar AS seakan kurang fondasi dalam menghadapi gempuran mata uang lain sehingga rentan terkoreksi.

Dampaknya penurunan suku bunga adalah emas menjadi relatif lebih murah bagi pemegang mata uang lain. Hal itu terjadi karena emas ditransaksikan dalam dolar. Tak heran investor saat ini sedang memburu emas sebagai asset safe heaven ditengah kabar perlambatan ekonomi global dan membuat harganya terus mengalami kenaikan.

Dari kedua alasan tersebut membuat harga emas dunia semakin naik sehingga harga emas dalam negeri pun juga mengalami kenaikan. Harga emas pun tetap diprediksi semakin naik dan akan terus mencetak rekor harga tertinggi di tengah ketidakpastian ekonomi global saat ini.

Ini akan menjadi kesempatan terbaik untuk mulai membeli emas jika kamu masih ragu untuk investasi jangka panjang, bagi yang sudah memiliki emas dapat terus menambah porsi gram yang dimiliki dengan cara menabung emas melalui aplikasi Tamasia.

Harga naik, lantaskah buru-buru menjual emas yang kamu miliki?

Nilai emas akan selalu stabil dalam jangka panjang dan bisa kamu manfaatkan untuk mencapai rencana keuanganmu di masa depan. Mengingat emas bersifat liquid atau mudah dicairkan jadi sah-sah saja jika saat ini kamu ingin menjualnya.

Tapi jika tujuan awal kamu membeli emas untuk kebutuhan masa depan seperti dana pendidikan anak, biaya ibadah (umroh/haji), biaya pernikahan, atau dana pensiun. Maka jangan tergoda untuk jual emas yang kamu miliki meski nilai emas sedang melambung tinggi.

Simpan baik-baik emasmu dan focus on your dream

——-

BACA JUGA:

Beli Emas Online di Tamasia Lebih Mudah dari Beli Emas Antam di Bank

3 Masalah Keuangan Generasi Milenial, Apakah Kamu Juga Mengalaminya?

Apakah Emas Bisa Menjadi Investasi Pelindung Nilai yang Aman?

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts