4 Tokoh Perencana Keuangan Yang Bisa Membantu Masalah Keuanganmu!

Semakin maraknya banyak pihak untuk meningkatkan literasi keuangan, salah satu profesi yang  mulai dikenal di kalangan masyarakat saat ini bernama perencana keuangan atau nama kerennya adalah Financial Planner kemudian mulai muncul tokoh-tokoh yang bermunculan. Sebenarnya profesi ini sudah ada sejak lama, tetapi semakin boomingnya peran berbagai sosial media dan kemudahan akses mendapatkan informasi maka profesi ini semakin naik daun.

Apa itu perencana keuangan? Seorang perencana keuangan adalah profesi yang bertugas membantu individu atau keluarga untuk menyiapkan sebuah rencana keuangan yang berguna untuk memenuhi tujuan keuangan jangka pendek, menengah dan panjang. Mirip jasa konsultan bisnis hanya saja perencana keuangan lebih berfokus dalam mengatur strategi penyusunan keuangan sesuai tujuan keuangan klien.

Peran perencana keuangan disini memang besar apalagi selain menangani kebutuhan klien maka juga wajib untuk terus mendorong literasi keuangan. Pokoknya lengkap banget dan harus tetap independen dalam memberikan saran dan solusi atas produk keuangan yang akan diberikan kepada klien.

Saat ini sudah banyak para perencana keuangan yang membekali diri dengan gelar CFP (Certified Financial Planner). Gelar ini menunjukkan bahwa seorang perencana keuangan sudah terverifikasi oleh lembaga yang kredibel yang harus siap menjalankan profesi sesuai dengan kaidah kode etik yang baik dan benar.

Saat ini di Indonesia ada beberapa senior perencana keuangan yang terkenal. Siapa saja itu?

1. Safir Senduk

Safir Senduk salah satu tokoh terkenal dan senior di dunia perencana keuangan khususnya di Indonesia. awal mula dikenal pada tahun 1998 saat dirinya dan beberapa rekan mendirikan sebuah kantor konsultan keuangan bernama Safir Senduk & Rekan. Namanya semakin banyak dikenal publik manakala dirinya banyak mengisi seminar, pelatihan, dan sejumlah acara di media TV dan radio.

Safir senduk pernah menyatakan bahwa ilmu perencanaan keuangan didapat secara otodidak dari hasil membaca banyak buku. Berpindah dari satu buku ke buku yang lain menjadikan Safir paham dan mulai mempraktekkan ilmu yang didapat. Kunjungi sosial media Safir Senduk di instagram @safirsenduk

2. Ligwina Hananto

tokoh perencana keuangan2

Sosok wanita satu ini yang bernama Ligwina Hananto menjadi salah satu pionir perencana keuangan di Indonesia. Sejak tahun 2003 lalu, dia mewujudkan impian untuk mengelola orang lain melalui pendirian QM Financial. Untuk memantapkan kemampuannya sebagai financial planner, ia mengambil sertifikasi Financial Planning Standards Board, Certified Wealth Manager Association, dan International Association of Registered Financial Consultants.

Bisnisnya mulai menunjukkan titik terang dengan semakin bertambah banyaknya klien yang memercayakan jasanya kepadanya. Menjadi perencana keuangan, harus benar-benar memegang kepercayaan klien yang sudah dipercayakan karena bisnis ini sangat bergantung pada kepercayaan. Kamu bisa cek instagram @mrshananto untuk mengenal jauh sosok perencana keuangan satu ini.

3. Prita Ghozie

tokoh perencana keuangan1

Wanita satu ini sudah memulai berinvestasi sejak masih duduk di bangku sekolah. Prita termasuk dalam para praktisi yang memiliki gelar akademis resmi dalam bidang Perencanaan Keuangan dan gelar profesional sebagai Certified Financial Planner Professional. Saat ini, Prita menjadi salah satu perencana keuangan independen yang sering muncul di media untuk memberikan pendapat seputar keuangan dan investasi.

Bukunya yang diperuntukkan bagi para perempuan (Menjadi Cantik, Gaya dan Tetap Kaya) laris manis dipasaran. Tidak hanya itu saja, Prita juga mendirikan kantor konsultan keuangan yang bernama ZAP Finance yang aktif memberikan jasa konsultasi untuk individu, training dan juga seminar. Buat kamu yang ingin tau lebih jauh tentang sosok Prita Ghozie bisa cek di instagram @pritaghozie

4. Aidil Akbar Madjid

Perencana Keuangan Independen yang satu ini sudah memulai karir sebagai Perencana Keuangan terlebih dahulu tapi di  Amerika Serikat sejak pertengahan tahun 90an. Setelah pulang ke Indonesia di tahun 2000 dan memperkenalkan profesi ini, nama Aidil Akbar mencuat dan diperhitungkan. Beliau melakukan sosialisasikan profesi Perencana Keuangan dengan 2 cara, secara langsung ke masyarakat melalui konsultasi di AFC Financial (dulu bernama Akbar’s Financial Check Up), Talkshow dan Media Massa serta melalui pendidikan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perencana Keuangan, IARFC Indonesia yang beliau pimpin.

Aidil Akbar Madjid hingga saat ini sudah meluncurkan 11 buku tentang Perencana Keuangan dan masuk ke jajaran generasi pertama dalam dunia Perencana Keuangan di Indonesia. Jam terbang yang tinggi membuat sosok ramah satu ini terkenal dikalangan berbagai generasi. Selain jago menulis, beliau sudah banyak mengisi berbagai event dimana-mana. Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh lagi tentang beliau kunjungi instagram @aidilakbarmadjid.

Para perencana keuangan diatas sangat aktif dalam berkontribusi di dunia financial planning. Masing-masing punya kantor konsultan keuangan yang dapat kamu manfaatkan untuk menggunakan jasa mereka masing-masing. Biasanya kamu akan dikenakan fee atas waktu konsultasi dan perencanaan yang dibuat.

Para perencana keuangan ini tidak beda jauh dengan profesi dokter. Sama-sama dapat menyembuhkan “penyakit” yang ada dalam setiap individu tetapi dengan konteks keuangan. Adakah dari kamu yang mengenal salah satu atau menggunakan jasa mereka?

——-

BACA JUGA:

Awas! Jangan Tertipu Investasi Bodong Kampung Kurma, Cegah dengan 3 Cara Ini

Benarkah Emas Asli Jika Dibakar Tidak Berubah?

Kalau Mau Jual Emas Antam Di Mana Saja Tempatnya?

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts