Resolusi Keuangan 2021

Cara Mudah Wujudkan Resolusi Keuangan Tahun 2021

Memasuki tahun baru, tidak sedikit orang yang ingin memulainya dengan membuat resolusi sepanjang tahun dengan harapan resolusinya dapat terwujud tidak hanya sekedar wacana belaka. Ditengah pandemi seperti saat ini, resolusi keuangan tahun 2021 menjadi salah satu prioritas yang harus direncanakan dan diwujudkan sejak awal tahun. 

Dari berbagai resolusi yang ada, resolusi dalam mengatur keuangan wajib menjadi prioritas apalagi di tengah kondisi yang tidak pasti seperti saat ini. Pandemi yang belum berakhir membuat kehidupan saat ini menjadi semakin berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan. Simak ulasan dibawah ini ya.

BACA JUGA: Mengenal Inklusi Keuangan dan Program-Program dari OJK

1. Catat Semua Pemasukan dan Pengeluaranmu

Resolusi Keuangan 2021

Hal utama yang harus kamu lakukan saat ini adalah dengan mulai rajin mencatat untuk semua arus keuanganmu baik pemasukan maupun pengeluaran. Kamu bisa menggunakan aplikasi mobile perencanaan keuangan yang ada saat ini agar memudahkanmu untuk tidak lupa dalam melakukan rekap transaksi keuangan setiap harinya.

Ketika kamu udah rajin dalam mencatat pemasukan dan pengeluaranmu maka kamu akan lebih mudah mengontrol dan menganalisa mana saja pengeluaran terbesar mu apakah bisa dikurangi atau tidak. Selalu ingat bahwa pemasukan harus lebih besar daripada pengeluaran ya!

2. Prioritaskan untuk Fokus Pelunasan Hutang / Kredit 

Resolusi Keuangan 2021

Setelah dapat mencatat pemasukan dan pengeluaran, fokus utama yang harus kamu lakukan adalah segera lunasi semua hutang atau kredit yang masih ada sampai saat ini. Kamu bisa menggunakan bonus akhir tahun lalu atau kamu mulai menggunakan gaji bulanan dengan porsi yang lebih besar untuk melunasi hutang atau kredit.

Jika sejak awal tahun kamu terus melunasi hutang yang ada saat ini maka dalam berjalannya waktu kamu bisa segera terbebas dalam jeratan hutang dan membuat resolusi keuanganmu tahun ini segera tercapai. Kalau hutang masih banyak maka ini akan menjadi beban dan menghambat resolusi keuanganmu.

3. Sudah Punya Dana Darurat? Jika Belum, Siapkan Dari Sekarang!

Resolusi Keuangan 2021

Kondisi pandemi covid 19 seperti saat ini membuat orang banyak yang was-was dengan kondisi keuangannya masing-masing. Biar aman, setelah kamu nggak punya hutang, kamu harus prioritaskan dana darurat yang kamu miliki terlebih dahulu. 

Kamu bisa menyiapkan dana darurat dengan investasi emas karena memiliki risiko yang lebih minim dan aman dalam kondisi seperti saat ini. Siapkan dana darurat hingga 6-12 kali dari pengeluaran bulanan. Semakin banyak dana darurat yang kamu miliki akan menambah rasa aman mu dan fokus untuk mewujudkan resolusi keuanganmu tahun ini.

4. Setelah Kondisi Keuanganmu Aman, Fokus Wujudkan Resolusi Keuangan dengan Investasi

Jika cara-cara sebelumnya sudah kamu jalankan maka kamu hanya tinggal fokus membangun asset dengan investasi seperti properti, tanah, emas dan lainnya. Dengan berfokus membangun asset maka kamu akan terhindar dari sifat boros dan selalu menghambur-hamburkan uang. Berfokus pada investasi asset maka kamu akan terus berusaha mewujudkan resolusi keuangan yang sudah kamu buat sejak awal tahun.

5. Lakukan Review Setiap Bulan

Selalu ingat, walaupun sudah direncanakan dengan matang pada kenyataannya sering tidak sesuai rencana baik dalam mengatur arus kas maupun investasi. Maka, setiap akhir bulan kamu harus terus melakukan review untuk melihat pengeluaran apa saja yang membengkak dan berfokus untuk menaikkan pemasukan. Terus lakukan rutin maka ini akan menjadi kebiasaan baru yang baik untuk perkembangan dirimu selama tahun 2021.

Seberapa banyakpun resolusi yang kamu miliki, kamu hanya terus fokus dan punya tekad yang tinggi untuk menjalankannya agar nggak cuma sia-sia dan menjadi wacana. Resolusi keuangan tahun 2021 akan berjalan dengan sesuai rencana jika kamu benar-benar ingin mewujudkannya. Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

BACA JUGA:

7 Gaya Hidup Anak Muda Yang Bikin Sengsara Hari Tua

4 Rekomendasi Film Inspirasi Untuk Memulai Bisnis

6 Peluang Tambahan Penghasilan Sampingan Yang Menjanjikan di Era Digital

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts