6 Peluang Tambahan Penghasilan Sampingan Yang Menjanjikan di Era Digital

Sudah banyak orang yang bisa sukses berkat menjalankan bisnis digital. Ya, siapa yang tak tahu bisnis digital? Kini hampir semua orang tahu dan pernah bertransaksi secara digital. Bahkan, mungkin tidak sedikit yang pernah terpikir untuk terjun di dalamnya. Namun, bagaimana caranya?

Dewasa ini banyak sekali peluang tambahan penghasilan sampingan serta menawarkan cara kerja yang mudah dan fleksibel. Salah satu bisnisnya bahkan bisa dikerjakan dari mana saja dan kapan saja. Jadi meskipun tidak punya kantor pun masih tetap bisa menjalankan bisnis.

Lantas apa saja usaha yang bisa dijalankan dalam dunia digital ini?

BACA JUGA: 7 Gaya Hidup Anak Muda yang Bikin Sengsara Hari Tua

1. Online Shop

peluang tambahan penghasilan sampingan

Online shop atau toko online bukanlah hal yang asing lagi bagi kita. Mungkin kita sering menjumpai orang-orang yang mengiklankan dagangan mereka di sosial media seperti Facebook, Instagram, Whatsapp dan lainnya. Bahkan, aplikasi-aplikasi marketplace yang digunakan khusus untuk berbelanja pun kian banyak bermunculan.

Kamu bisa menjual berbagai macam produk melalui internet dengan mudah. Hal tersebut membuktikan bahwa bisnis online sangatlah menjanjikan

2. Blogger

peluang tambahan penghasilan sampingan

Jika kamu memiliki hobi menulis, mungkin saja kamu tertarik untuk menjadi blogger. Meskipun kamu tidak punya produk untuk dijual, bisa saja kamu menjual skill atau kemampuan. Namun, langkah pertama untuk menjadi seorang blogger adalah mengharuskan kamu agar mempunyai website.

3. Desain Grafis

peluang tambahan penghasilan sampingan

Hampir sama seperti blogger, seorang desainer grafis juga bisa menjual kemampuannya melalui internet. Bedanya, blogger dituntut untuk memiliki kemampuan menulis dan mengelola web dengan baik. Sedangkan, desainer grafis dituntut untuk bisa membuat desain gambar digital.

Kamu bisa saja menjual logo karyamu di internet. Bahkan, ada juga website yang seringkali mengadakan kontes logo yang bisa kamu menangkan. Tentu saja hadiah yang bisa diperoleh memiliki nilai berharga.

4. Kursus Online

peluang tambahan penghasilan sampingan

Mengadakan kursus online atau jasa pelatihan kini sedang banyak dicari di pasaran. Karena banyak orang yang ingin mempelajari hal baru dengan cara yang lebih fleksibel dan bisa dilakukan di rumah saja. Jika kamu memiliki kemampuan tertentu yang bisa dibagikan, tidak ada salahnya untuk memulai terjun di bidang ini.

Adapun untuk media pembelajarannya bisa berupa e-book, audio, video, maupun teleconference.

 5. Youtuber

Peluang bisnis satu ini mungkin masih jarang dilirik bagi sebagian orang. Alasannya, menjadi Youtuber bukanlah perkara mudah. Harus ada banyak aspek yang dipenuhi seperti halnya kamera, ide konten, keahlian editing video, dan banyak lagi. Padahal, sudah banyak orang pula yang membuktikan bahwa profesi ini sangat menjanjikan.

Ibarat pepatah, tak ada rotan akar pun jadi. Jika ada kemauan pasti ada jalan. Jadi, jangan tunda kesuksesanmu dan ciptakanlah kesempatan.

6. Developer Aplikasi

Dalam hal ini, diperlukan keahlian teknis serta kemampuan yang mumpuni untuk membuat sebuah aplikasi. Namun, keahlian sebagai pengembang aplikasi untuk ponsel pintar juga bisa kamu pelajari lebih dulu.

Dari uraian di atas, apakah kamu juga tertarik menjalankan peluang tambahan penghasilan sampingan? Jika iya, segeralah rencanakan bisnismu mulai dari sekarang. Perbanyaklah referensi untuk belajar dan jangan pernah takut untuk mulai mempraktikkannya. Siapa tahu suatu saat kamu bisa sukses berbisnis di dunia digital.

BACA JUGA:

Modus Penipuan SIM Swap. Pencurian Data Pribadi Menggunakan SIM Card

4 Rekomendasi Film Inspirasi Untuk Memulai Bisnis

6 Tantangan yang Harus Dihadapi Oleh Pengusaha Wanita

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts