Menu Buka Puasa

5 Menu Buka Puasa Ini Praktis dan Menyehatkan, Kamu Suka Yang Mana?

Tahun 2020 , puasa berbeda pada tahun-tahun sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya kita bisa melakukan berpuasa sembari melakukan aktivitas seperti kerja, sekolah ataupun pekerjaan lainnya. Akan tetapi, di tahun ini kita berpuasa agak sedikit berbeda daripada yang biasanya.

Kalau tahun ini kita harus berpuasa ditengah pendemi virus Corona yang sangat mengglobal. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi orang-orang yang ada di Indonesia dalam mengahadapi corona ditengah ibadah puasa. Dengan adanya pandemi ini semua masyarakat diharuskan untuk tetap tinggal dirumahnya masing-masing.

Meskipun begitu ,perlu asupan makanan agar kita terus bisa kuat puasa selama seharian dirumah. Terkadang menu yang akan disajikan kurang banyak daripada puasa sebelumnya. Maka dari itu kita sebagai muslim harus bisa memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Agar dapat bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan ditengah pendemi ini.

Biasanya kita selalu membeli takjil dipinggiran jalan. Tapi, untuk sekarang ini tampaknya aktivitas jual beli harus dihentikan untuk sementara waktu. Alternatif yang bisa kita lakukan selama dirumah ketika menghidangkan sebuah makanan saat ini perlu dilakukan. Oleh karena itu, selama berpuasa kita harus berusaha hidup sehat. Terutama soal pemilihan makanan saat berbuka.

Apa saja makanan yang menyehatkan saat berbuka puasa? Simak ulasan dibawah ini ya

BACA JUGA: 5 Negara Dengan Berbagai Waktu Puasa Yang Lebih Lama Dari Indonesia

1. Kurma

Menu Buka Puasa

Menu buka puasa pertama yang bisa dijadikan pilihan adalah kurma. Buah satu ini tentunya sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Karena banyak yang menyukai buah ini dimana-mana selalu jadi favorit banyak orang untuk menyediakan menu buka puasa kurma ini. Buah kurma menjadi buah yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk berbuka puasa.

Buah kurma sendiri memang mengandung cukup banyak nutri serta gula alami yang baik untuk mengembalikan energi dalam tubuh. Bahkan, mineral seperti kalium dan tembaga serta serat yang terdapat pada buah kurma juga baik untuk membantu sistem pencernaan selama puasa. Selain itu, buah ini juga cocok dibawa dalam perjalanan jarak jauh sehingga bisa dimakan saat dalam perjalanan dan juga menyehatkan.

2. Sop buah

Menu Buka Puasa

Sudah tidak asing lagi kalau SOP buah menjadi hidangan wajib yang harus ada di saat berpuasa Ramadhan. Bahan-bahan yang digunakan sendiri terbilang cukup mudah didapatkan. Karena sop buah terdiri dari buah-buahan segar seperti melon, strowberi, blewah, apel dan masih banyak lagi. Sop buah termasuk hidangan yang menyebabkan karena dapat dilihat dari kandungan gizi dari setiap buah yang dimakan oleh kita. Apalagi sop buah bisa dicampur dengan es dan susu pastinya sangat menyehatkan kita.

3. Kolak Pisang

Menu yang satu ini tentunya sudah paling melegenda disetiap berbuka puasa. Menu ini sangatlah mudah dibuat. Apalagi makanan ini dibuat dari pisang yang dicampurkan dengan gula Jawa. Kenikmatannya kolak pisang tentunya bisa ditambah lagi dengan buah selain pisang seperti ubi jalar atau ubi biasa.

4. Es Bubur Kacang Hijau

Sumber: diahdidi.com

Selain olahan kolak pisang ada juga olahan sajian menu buka puasa yaitu es Bubur kacang hijau. Menu ini dibuat menggunakan perpaduan antara kacang hijau dan bubur putih. Ditambah lagi perpaduan es yang dapat menyegarkan ditengah kondisi panas sekarang ini. Makanan ini juga ternyata memiliki banyak manfaatnya. Kandungan kacang hijau ternyata memiliki vitamin Apa, B,C dan K dan sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Khasiat adanya kacang hijau sendiri dipercaya dapat melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, menjaga berat badan dan menyehatkan tubuh pastinya.

5. Salad

Menu Buka Puasa

Selama berpuasa, tubuh akan kekurangan vitamin. Bukan hanya sekedar daging dan gula, tubuh juga membutuhkan asupan sayur dan buah. Namun, makan sayur dan buah secara langsung mungkin agak bosan, salah satu cara agar tidak mudah bosan dengan cara membuat salad.

Pilihlah sayur dan buah yang segar, lalu potong semuanya kecil-kecil agar mudah dikonsumsi. Kemudian, beri sedikit minyak zaitun, bisa tambahkan mayones dan aduk secara merata. Kamu  juga bisa menambahkan topping lain, seperti tuna atau telur rebus atau lainnya sesuai dengan seleramu.

Menu buka puasa diatas patut kamu coba. Kalau kamu suka buka puasa dengan menu apa?

——-

BACA JUGA:

3 Ide Peluang Usaha Makanan Untuk Menambah Penghasilanmu Saat Bulan Ramadhan

4 Cara Berbisnis Ala Sahabat Nabi Utsman Bin Affan Yang Wajib Dipelajari

4 Cara Tetap Produktif Selama Bulan Ramadhan Agar Terhindar dari Rebahan Seharian

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts