Negara Berbagai Waktu Puasa

5 Negara Dengan Berbagai Waktu Puasa Yang Lebih Lama Dari Indonesia

Umat Islam diseluruh dunia saat ini sedang melaksanakan ibadah puasa. Ada beberapa wilayah yang ada di belahan dunia mempunyai waktu dalam menjalani puasa Ramadhan yang berbeda. Perbedaan waktu ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi para muslim yang tinggal atau menetap sementara di sebuah negara. 

Penanda waktu puasa dimulai dari waktu terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Waktu terbitnya fajar hingga waktu terbenamnya matahari tidak semua negara mempunyai waktu yang sama. Hal inilah yang membuat sebagian orang yang tinggal di wilayah tersebut harus bisa beradaptasi.

Pada tahun lalu negara Argentina mencatatkan puasa tercepat yaitu hanya sekitar waktu 11 jam saja. Hal ini tentunya menjadi keberuntungan bagi orang-orang muslim yang berada di Argentina. Terlebih lagi disana makanan yang didapatkan tidak terlalu susah untuk didapatkan ketika menjelang buka puasa dan sahur.

Pada Ramadhan 2020 kali ini puasa paling singkat dialami di wilayah Santiago (Chili), Canberra (Australia), Cape Town (Afrika Selatan), Wellington (New Zealand) dan Buenos Aires (Argentina). Di negara-negara tersebut durasi waktu berpuasa selama 11 jam 5 menit. Waktu ini lebih cepat jika dibandingkan dengan negara Indonesia yang kurang lebih selama 14 jam.

Dari setiap negara yang ada di negara yang paling lama puasa dan paling sedikit puasanya tentunya kita sebagai manusia harus senantiasa bisa melewati puasa dengan penuh semangat. Maka dari ada baiknya selalu berusaha ikhtiar dalam beribadah supaya dapat menjalani ibadah puasa skrg ikhlas. 

Selain, negara-negara tadi yang sudah disebut diatas ada pula negara lain yang memiliki waktu berpuasa yang berbeda-beda. Negara mana sajakah itu?

BACA JUGA: 4 Cara Tetap Produktif Selama Bulan Ramdhan Agar Terhindar dari Rebahan Seharian

1. Russia

Berbagai Negara Waktu Puasa

Negara yang memiliki waktu lebih lama selain Indonesia dalam berpuasa yaitu terletak di negara Rusia yang mencapai durasi waktu lama berpuasa 19 jam. Hal ini dikarenakan di negara pecahan uni Soviet ini mempunyai iklim yang sangat banyak seperti tropis,hujan, salju, gugur, kemarau. Adanya iklim ini membuat matahari yang menyinari bumi  terus mengalami perubahan. Sehingga berpengaruh terhadap waktu berbuka puasa maupun sahur.

2. Finlandia

Berbagai Negara Waktu Puasa

Kalau tadi ada Russia yang mencatatkan waktu terlama di dunia dalam berpuasa. Adapula negara lainnya yang hampir sama dengan Rusia yaitu Finlandia. Negara ini mencatatkan waktu dalam berpuasa yaitu 22 jam sehari. Waktu tersebut sama saja dengan kita menunggu puasa hampir seharian jika kita hitung dari waktu dari Indonesia. Adanya waktu lama ini disebabkan waktu tenggelam matahari maupun tergiur jauh lebih lama dari mana yang biasanya. Untuk waktu tenggelamnya sendiri memerlukan waktu 55 menit.

3. Swedia

Berbagai Negara Waktu Puasa

Warga Muslim yang ada di Swedia mempunyai tantangan waktu yang juga lama seperti Rusia dan Finlandia. Waktu yang harus ditempuh oleh masyarakat muslim Swedia yaitu 19 jam berpuasa. Apalagi jumlah muslim yang ada di negara Swedia hanyalah 5% dari total keseluruhan penduduk Swedia yang tinggal di beberapa wilayah. Warga Muslim di negara Swedia ini patut diacungi jempol karena setiap bulan puasa mampu menahan hampir seharian berpuasa.

4. Jerman

Berbagai Negara Waktu Puasa

Negara ini menjadi salah satu negara yang mempunyai waktu berbuka puasa yang cukup lama. Kalau di Indonesia sendiri kita berpuasa dari rentang waktu jam 4 hingga jam 6 sore. Tapi, bagi negara Jerman harus berpuasa dari jam 4 pagi hingga jam 10 malam. Berarti hingga 4 jam lebih lama sekitar 18 jam dalam sehari.

5. Inggris

Selain Jerman, Inggris juga merupakan negara dengan waktu yang lama. Meski tidak selama Finlandia, masyarakat Muslim di Inggris harus berpuasa selama 18-19 jam per harinya. Di negara Ratu Elizabeth II ini, waktu berpuasa dimulai pukul 2.30 pagi hingga waktu berbuka sekitar 9.30 malam. 

Itulah waktu-waktu puasa dalam sehari di beberapa negara dengan perbedaan waktu berpuasa yang mempunyai kondisi geografis yang berbeda-beda. Jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya, Indonesia memiliki waktu dengan durasi yang lebih pendek. Tetap semangat menjalankan puasa dimanapun dan selalu bersyukur.

——-

BACA JUGA:

3 Ide Peluang Usaha Makanan Untuk Menambah Penghasilanmu Saat Bulan Ramadhan

4 Cara Berbisnis Ala Sahabat Nabi Utsman Bin Affan Yang Wajib Dipelajari

[Video] Apakah Saatnya Membeli Emas Saat Pandemi Virus Corona? Ini Kata Sandiaga Uno

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts