peluang usaha makanan

3 Ide Peluang Usaha Makanan Untuk Menambah Penghasilanmu Saat Bulan Ramadhan

Memasuki bulan Ramadhan tentunya menjadi sebuah berkah tersendiri bagi sebagian orang apalagi yang ingin memanfaatkan peluang usaha seperti makanan, minuman dan kebutuhan pokok lainnya. Momen saat bulan suci dan penuh berkah ini dimanfaatkan untuk berbagi bagi kepada setiap kaum dhuafa. Selain itu, adanya bulan Ramadhan membuat aktivitas dalam berdagang pada bulan ini sangatlah menguntungkan. 

Adanya bulan Ramadhan membuat banyak sekali pedagang yang menjajakan dagangannya secara dadakan. Makanan yang tersedia di pinggir jalan kebanyakan dari pedagang yang rela untuk berjualan di tengah bulan yang penuh berkah ini. Ketika datangnya bulan puasa nyatanya konsumsi dari adanya makanan untuk menyambut berbuka ataupun sahur sangat meningkat.

Pemenuhan Kebutuhan Dasar Saat Puasa

Kejadian meningkatnya makanan yang ada di bulan puasa menjadi salah satu bentuk perilaku konsumtif bagi kebanyakan masyarakat. Tapi, model perilaku ini tentunya dapat menguntungkan bagi sebagian usaha dagangan yang ada di luaran sana. 

Masyarakat lebih cenderung membeli segala kebutuhan untuk memenuhinya saat berpuasa. Hal ini tentunya suatu kebutuhan yang harus dipenuhi setiap harinya untuk dapat terus memenuhi segala jenis kebutuhan saat bulan puasa. Apalagi mendekati idul Fitri, banyak peluang usaha salah satunya jenis makanan baik kue, jajanan pasar laris manis diserbu oleh semua orang. Karena disaat itulah kita menyambut datangnya hari nan Fitri.

BACA JUGA: 4 Cara Berbisnis Ala Sahabat Nabi Utsman bin Affan Yang Wajib Dipelajari

Berbicara mengenai bulan puasa, tentunya banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi. Pastinya hal inilah yang membuka peluang bagi siapapun untuk memanfaatkannya saat bulan puasa. Sudah banyak bukti bahwa pada saat bulan puasa bisnis dadakan selalu laris dikalangan masyarakat. 

Terlebih saat mendekati buka puasa segala jenis makanan baik takjil ataupun es buah selalu laris manis diserbu oleh pengunjung. Takhayal membuat masyarakat kini mulai melirik berbisnis di bulan Ramadhan ini. Nyatanya berbisnis saat bulan ramadhan menghasilkan uang dengan jumlah yang cukup besar. 

Sehingga bisnis di bulan puasa sangatlah menguntungkan bagi segi penghasilan. Peluang usaha apa saja yang menguntungkan di bulan Ramadhan ini?

1. Usaha katering makanan harian sahur dan buka puasa

peluang usaha makanan

Berbisnis katering bukan hanya laris di bulan-bulan biasa. Tapi, ternyata bisnis katering juga terbilang laris manis ketika bulan puasa. Dalam membuka bisnis katering saat bulan puasa pastinya berbeda daripada bulan biasa. Karena kita harus menyediakan menu makanan baik sahur maupun berbuka puasa. 

Tentunya usaha ini sangat menguntungkan terlebih lagi banyak masyarakat yang menginginkan kepraktisan dalam penyediaan makanan. Terutama bagi kamu yang tinggal di sekitar rumah kos untuk mahasiswa atau karyawan yang biasanya tidak sempat untuk memasak sendiri. 

2. Aneka takjil makanan saat menjelang berbuka puasa

peluang usaha makanan

Salah satu tradisi yang paling sering terjadi saat bulan ramadhan adalah menunggu berbuka. Sambil menunggu waktu berbuka kita seringkali melihat para pedagang menjual dagangannya di pinggir jalan. Makanan yang disajikannya pun sangatlah beragam mulai dari kolak, bubur Candil, risoles dan masih banyak lagi. 

Adanya aneka macam makanan ini bisa jadi peluang usaha bagi kalian yang ingin terjun dalam dunia bisnis dadakan ini. Caranya sangatlah mudah untuk memulai bisnis dadakan ini yaitu dengan hanya bermodalkan meja dan aneka jajanan makanan yang dibeli di pasar ataupun memesan makanan.

3. Bisnis aneka kue kering

peluang usaha makanan

Biasanya menjelang lebaran, peluang usaha kue kering bisa menjadi bisnis dadakan yang menguntungkan. Karena identik dengan lebaran, kebutuhan kue kering ini juga meningkat. Jika kamu bisa membuat kue dan memiliki resep sendiri yang enak dan unik, peluang ini dapat kamu manfaatkan. Walaupun saat ini kegiatan sosial dibatasi, namun orang-orang masih minat dengan kue kering untuk menemani waktu bersama keluarga dengan cemilan. 

Jika kamu belum jago membuat kue, jangan patah semangat. Kamu bisa dapat menjual kue kering dengan sistem reseller atau dropshipper dari orang lain bisa saja saudara atau kerabat. Kamu dapat menjual kue kering dengan berbagai macam bentuk toples yang unik dan menarik. Hanya tinggal manfaatkan sosial media mu untuk berjualan agar semakin banyak orang yang tau kue buatanmu.

Walaupun kondisi saat ini berbeda dengan bulan Ramadhan tahun-tahun sebelumnya, peluang usaha makanan ini tetap bisa kamu tangkap asal tetap rajin menjalankannya. Dengan kondisi seperti ini, usaha makanan bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan tambahan penghasilan bulananmu.

——-

BACA JUGA:

Sambut Ramadhan, Tamasia Luncurkan Koin Emas Dinar Al Haramain Series

4 Manfaat Puasa Yang Harus Kamu Ketahui Untuk Kesehatan

5 Manfaat Sedekah Yang Bisa Kamu Rasakan Saat Bulan Ramadhan

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts