Cara Berbisnis Utsman Bin Affan

4 Cara Berbisnis Ala Sahabat Nabi Utsman bin Affan Yang Wajib Dipelajari

Utsman bin Affan merupakan salah satu Khalifah ketiga setelah Umar bin Khattab. Sejak dahulu Utsman bin Affan terkenal sebagai orang kaya sejak zaman dahulu. Bahkan kekayaannya mencapai miliaran rupiah. Untuk itu sebagai seorang Khalifah Utsman bin Affan selalu mempunyai resep tersendiri dengan investasi bisnisnya tersebut.

Bahkan rekeningnya sampai sekarang masih tetap utuh terjaga di suatu bank yang ada di Arab Saudi. Kekayaan yang dimiliki oleh Ustman bin Affan bukan semata-mata bukan hanya untuk kepentingan dirinya saja. Melainkan kekayaan yang dimiliki oleh sahabat Utsman bin Affan digunakan untuk kepentingan berdakwah Islam. Hampir seluruh kekayaan yang dimiliki oleh Utsman bin Affan digunakan untuk keperluan berdakwah maupun berjihad di jalan Allah.

Utsman Gemar Bersodakoh

Setiap kali berperang Utsman bin Affan kala perang Tabuk memberikan 950 ekor unta dan 50 ekor kuda serta 1000 Dinar. Kalau diibaratkan zaman sekarang harga unta itu sebesar Rp. 14 juta rupiah. Untuk harga kuda sendiri mencapai Rp. 1,2 miliar. Sedangkan harga dinar 4,22 gram sebesar Rp. 2,6 juta rupiah. Jika ditotal semuanya berarti Utsman bin Affan telah menyumbang hingga mencapai Rp. 75,6 miliar rupiah. 

Sebagian kekayaannya pun digunakan untuk perang Tabuk selama jihad di jalan Allah untuk memperjuangkan kepentingan Islam. Utsman bin Affan pun melakukan beberapa pemberian sumbangan kepada fakir miskin. Utsman selalu memberikan uangnya untuk sodakoh kepada para kaum miskin. Ia selalu menyumbangkan uangnya sebesar Rp. 35 miliar dan digunakan untuk pembelian gandum 500 ton.

BACA JUGA: 5 Manfaat Sedekah Yang Bisa Kamu Rasakan Saat Bulan Ramadhan

Simpanan uang Utsman menurut kitab Al-Bidayah wa an-Nihayah, juz 7, hal 214 ibn Katsir,disebutkan sebesar 151 ribu dinar dan 1000 dirham (satu dinar setara 4,25 gram emas dan satu dirham setara 3,11 gram perak). Bila dikutip dalam kitab Al bidayah Al winayah total kekayaan Utsman bin Affan mencapai Rp. 2 triliun rupiah.

Dengan tabungan tersebut kini dibangun sebuah hotel di dekat masjid Nabawi. Hotel yang didirikan sendiri mempunyai kualitas yang sangat mewah. Pantas saja hotel yang dimiliki oleh Utsman ini didirikan menjadi hotel bintang lima. Sehingga potensi tabungan yang dimiliki oleh Utsman bin Affan hingga saat ini mencapai 150 miliar rupiah.

Tapi, dari semua sumber kekayaan dari Utsman bin Affan untuk bisa menjadi kaya pastinya membutuhkan suatu cara. Ada beberapa rahasia Utsman bin Affan untuk menjadi kaya raya dan hartanya tidak habis sampai tujuh turunan:

1. Terjun langsung mengelola bisnis

Utsman bin Affan terkenal sebagai Khalifah yang ulet dalam bekerja. Terutama dalam mengelola bisnisnya. Ia selalu terjun langsung untuk melihat kondisi bisnis yang ia rintis. Selain itu, Utsman bin Affan juga tidak segan memberikan bonus pada para pekerja yang mengelola bisnisnya itu. Bahkan dia selalu bisa memahami masalah kecil yang ada pada bisnis yang ia bangun.

2. Tidak meremehkan keuntungan walau sedikit

Sebagai seorang Khalifah setelah Umar bin Khattab Khalifah Utsman sendiri dalam mengelola bisnisnya tidak meremehkan seberapapun uang yang didapat. Dia selalu bersyukur sedikit apapun yang didapat dalam berbisnis. Meskipun hasilnya sedikit tapi dia selalu menjadikan semua uang yang ia raih dapat berguna untuk umatnya. Apalagi pada saat itu banyak sekali peperangan seperti perang tabuk. Hal itu membuat Utsman bin Affan selalu bersyukur untuk menjalani jihad di jalan Allah.

3. Menginvestasikan modalnya

Sampai saat ini diketahui harta Utsman bin Affan masih tersimpan di bank Arab Saudi. Hal ini tentunya menjadi warisan kepada cucunya. Sehingga saat ini uang milik Ustman bin Affan kini di investasikan menjadi sebuah hotel. Pengelolaan hotel kini dikelola oleh keluarga besar Utsman bin Affan.

4. Menunjukkan Diferensiasi

Tidak membutuhkan waktu yang lama, beliau sudah menunjukkan diferensiasinya dalam menyediakan jasa pemasok dan produk pada bisnisnya. Misalkan membagi produk yang dimiliki menjadi lebih terjangkau dibeli oleh calon pembeli sehingga bisnisnya semakin lancar dan dinikmati oleh banyak orang.

Demikian beberapa penjelasan mengenai rahasia kekayaan yang dimiliki oleh Ustman bin Affan. Semoga kita dapat menerapkan yang telah dicontohkan agar dapat sukses dalam berbisnis.

——-

BACA JUGA:

4 Kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW Yang Patut Dipelajari

4 Manfaat Puasa Yang Harus Kamu Ketahui Untuk Kesehatan

4 Manfaat Kurma Ini Dapat Meningkatkan Kesehatan Tubuh

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts