4 Cara Tetap Produktif Selama Bulan Ramadhan Agar Terhindar dari Rebahan Seharian

Saat sedang berpuasa pada bulan Ramadhan, terkadang merasa kurang begitu maksimal dalam bekerja sehingga sangat jauh dari kata produktif . Apalagi sekarang ini dalam kondisi tengah berpuasa saat terjadinya wabah yang melanda dunia yaitu virus Corona. Sehingga saat ini menjadi tantangan bagi umat muslim di seluruh dunia ketika melaksanakan ibadah puasa Ramadhan ditengah merebaknya virus Corona.

Berpuasa membuat diri kita merasa lemas seharian dan membuat tubuh secara tidak langsung merasakan penurunan terhadap kekuatan tubuh. Kurangnya konsumsi makanan pada saat puasa membuat energi seakan berkurang. Hal ini membuat kebanyakan orang yang berpuasa lebih memilih tidur untuk bisa membuat dirinya menahan dirinya agar bisa tetap kuat saat berpuasa. Namun, dengan tidur lebih lama maka membuat tubuh akan merasakan lemas dikarenakan kurang gerak dan bisa membuat kurang begitu bagus bagi tubuh.

Akan tetapi, bila tubuh kita tidak ingin merasa lemas saat berpuasa sebaiknya tetap melakukan puasa sambil melakukan aktifitas ringan. Kuncinya adalah dengan bekerja dengan lebih cermat dan memanfaatkan sisa energi yang ada, bukan dengan memaksakan diri untuk bekerja sekeras hari-hari biasanya. Untuk itulah kita harus berusaha dan melakukan cara produktif saat bulan ramadhan

Lalu bagaimana caranya?

BACA JUGA: 3 Ide Peluang Usaha Makanan Untuk Menambah Penghasilanmu Selama Bulan Ramadhan

1. Buat rencana kegiatan harian

Cara Produktif Bulan Ramadhan

Dengan berkurangnya asupan makanan saat kita berpuasa membuat energi menjadi berkurang. Karena itu, membuat kita merasa lemas untuk melakukan kegiatan sehari-hari atau bekerja dari rumah. Dalam mengatasinya kita dianjurkan untuk dapat membuat planning atau rencana seharian. Misalnya pagi hari bisa digunakan untuk bekerja dari rumah setelah pulang selesai jam kerja kita bisa mengisinya dengan membaca Alquran.

Tentukan pekerjaan yang sekiranya memiliki tingkat kesulitan tertinggi yang paling diprioritaskan di pagi hari sebelum semakin sore akan membuat diri semakin lemas. Kamu bisa manfaatkan waktumu seharian dengan rencana yang sudah kamu buat agar kamu benar-benar paham apa saja yang akan dikerjakan agar terhindar dari malas malasan.

2. Manfaatkan waktu istirahat untuk tidur sejenak

Cara Produktif Bulan Ramadhan

Saat menjelang jam istirahat siang hari, biasanya energi tubuh akan semakin berkurang terutama jika sudah melakukan banyak aktifitas di pagi hari. Walaupun tetap dengan kondisi bekerja dari rumah, manfaatkan waktu istirahat siang hari mu dengan beribadah ataupun tidur siang sejenak. Pasang alarm melalui handphone mu agar kamu tetap Kembali bekerja tepat waktu. Istirahatkan sejenak misal 15 menit untuk benar-benar istirahat sisanya kamu bisa melakukan peregangan pada tubuh agar tidak kaku karena akan bekerja seharian. Ini adalah salah satu cara yang dianjurkan agar tetap produktif saat bulan ramadhan.

3. Hindari lembur saat berpuasa di bulan Ramadhan

Cara Produktif Bulan Ramadhan

Bila saat sedang bekerja tidak ada pembatasan jam kerja, alangkah baiknya kita harus mampu mengatur waktu bekerja. Sebisa mungkin kita senantiasa untuk terhindar dari yang namanya lembur. Usahakan selalu tuntaskan segala jenis pekerjaan yang dapat terhindar dari yang namanya lembur. Supaya kita lebih produktif lagi saat bekerja. Jangan menunda-nunda pekerjaan agar kamu lebih produktif selama bulan Ramadhan.

Dengan menghindari lembur apalagi kondisi seperti saat ini, waktu lebih berharga untuk melakukan kegiatan keagamaan yang lebih bermanfaat agar mendapatkan banyak pahal di bulan suci. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk merubah kebiasaan kita selama bukan puasa untuk mengatur jam kerja dan menghindari lembur.

4. Olahraga ringan

Agar tetap sehat dan produktif di bulan puasa, tetap jalankan rutinitas olahraga seperti biasanya. Temukan waktu yang sesuai untuk berolahraga bisa menjelang buka puasa ataupun setelah buka puasa. Berolahraga di bulan puasa dapat menjadi tantangan tersendiri karena kita akan memiliki tingkat energi yang jauh berkurang seperti hari-hari biasanya.

Hindari olahraga yang memiliki intensitas yang sangat tinggi, kurangi bobotnya, dan berolahragalah dalam sesi singkat. Tujuan utama tetap berolahraga agar tetap menjaga fisik ideal dan tetap sehat untuk terus tetap produktif saat bulan puasa. Pasalnya, jika imunitas tubuh menurun dan badan sering sakit-sakitan, akan menjadi hal utama yang membuat sebagian malas-malasan sepanjang hari.

Demikian empat cara produktif yang bisa kamu lakukan untuk menjalani keseharian waktu bulan Ramadhan. Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan seharian. Keep produktif! 

——-

 

BACA JUGA:

Sambut Ramadhan, Tamasia Luncurkan Koin Emas Dinar Al Haramain Series

4 Manfaat Puasa Yang Harus Kamu Ketahui Untuk Kesehatan

[Video] Apakah Saatnya Membeli Emas Saat Pandemi Virus Corona? Ini Kata Sandiaga Uno

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts