Mendidik Anak Mengatur Keuangan

5 Cara Mendidik Anak Agar Disiplin Mengatur Keuangan Untuk Masa Depan

Mendidik anak tidak hanya terbatas pada bagaimana ia pintar soal ilmu pengetahuan, namun mendidik dalam hal mengatur keuangan tentu juga penting baik untuk diri anak sendiri maupun finansial keluarga. Sebagai orang tua yang peduli terhadap masa depan anak, kamu perlu mendidik anak untuk cara mengatur uang yang baik dan benar.

Untuk itu di bawah ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mendidik anak supaya lebih disiplin dalam mengatur uang.

BACA JUGA: 9 Cara ini Membentuk Kebiasaan Positif Membuat Hidupmu Lebih Bermakna

1. Berikan uang saku harian tanpa toleransi

Tahukah kamu jika memberi uang saku pada anak setiap hari dapat mendorong mereka belajar mengatur uang? Dibanding memberikan uang saku mingguan atau bahkan bulanan, uang saku harian dapat membatasi pengeluaran mereka untuk jangka waktu yang pendek.

Selebihnya uang saku harian membuat mereka tidak boros dalam membelanjakan uang. Dengan nominalnya yang lebih kecil dari uang saku mingguan atau bulanan, anak akan terdorong untuk belajar bagaimana mengatur uang yang baik supaya dapat mencukupi semua kebutuhan selama sehari.

2. Jangan membatasi penggunaan uang anak

Setelah kamu memberikan uang saku harian, jangan membatasi anak untuk menggunakan uangnya. Kamu juga tidak perlu khawatir anak akan boros, sebab ketika anak tidak mampu mencukupi kebutuhannya di hari-hari tertentu, secara tidak langsung anak juga akan terlatih untuk menghemat uang di hari selanjutnya.

3. Edukasikan antara keinginan dan kebutuhan

Berikanlah edukasi pada anak tentang apa saja yang merupakan keinginan dan kebutuhan. Tanyakan apa yang akan anak beli selama sehari setelah kamu memberikan uang saku. Kemudian ajaklah anak untuk memilah dari apa yang akan dibeli tersebut, apakah termasuk keinginan atau kebutuhan.

Jangan lupa sampaikan bahwa kebutuhan lebih diprioritaskan daripada keinginan. Pastikan kamu dapat memberikan edukasi tersebut sehingga anak terlantar paham tentang perbedaan keinginan dan kebutuhan.

4. Wajibkan anak untuk menabung uang sisa

Kebiasaan menabung sangat penting untuk mendidik anak supaya menghargai uang. Jadi ajarkanlah sejak dini supaya anak dapat mengerti pentingnya menabung untuk masa depan mereka. Kamu cukup mewajibkan anak agar menabung uang saku yang tersisa.

Adapun cara lain yang bisa diterapkan yaitu memancing anak dengan memberikan uang khusus untuk tabungan. Selanjutnya kurangi nominal uang tabungan yang kamu berikan secara bertahap agar anak dapat menyisihkan uang sakunya.

5. Beri hadiah jika anak berhasil mengatur uang

Jika anak berhasil mengatur uang sakunya, sudah sepantasnya kamu mengapresiasinya dengan cara memberikan hadiah atau sesuatu yang disukai oleh anak. Hal ini bertujuan supaya anak dapat mempertahankan kebiasaan tersebut. Pemberian hadiah juga dapat membuatnya lebih merasa dihargai sebagai anak.

Demikian 5 langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendidik anak agar disiplin dalam mengatur keuangan. Jangan terlalu memanjakan anak jika kamu ingin anak lebih dewasa soal manajemen keuangan. Hal ini juga akan berdampak pada kondisi finansial keluarga ketika tidak memiliki anak yang boros.

BACA JUGA:

Bagaimana Kondisi Kesehatan Keuangan yang Kamu Miliki? Berikut 6 Cara Melihatnya

6 Nasihat Keuangan Sebelum Usia 40 Agar Tidak Menyesal Di Hari Tua

7 Cara Mudah Melakukan Pencatatan Keuangan Untuk Usaha Kecil Yang Kamu Miliki

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts