Cara Membentuk Kebiasaan Positif

9 Cara Ini Membentuk Kebiasaan Positif Membuat Hidupmu Lebih Bermakna

Membuat diri sendiri untuk terus melakukan tindakan positif kadang merupakan hal yang sulit untuk diterapkan, terlebih di saat kita belum terbiasa melakukan kebiasaan yang baik. Terlepas dari itu perlu beberapa solusi sebagai bagian dari cara membentuk kebiasaan positif pada diri sendiri.

Untuk itu, bagi kamu yang ingin membentuk kebiasaan tersebut, di bawah ini beberapa langkah yang bisa diterapkan.

BACA JUGA: Bagaimana Kondisi Kesehatan Keuangan yang Kamu Miliki? Berikut 6 Cara Melihatnya

1. Fokus pada tujuan yang ingin diraih

Bagi sebagian orang kebiasaan positif terbentuk ketika memiliki tujuan yang ingin diraih. Hal ini dikarenakan suatu target mengharuskan seseorang belajar lebih fokus. Keinginan mencapai target tertentu menjadikan seseorang memiliki gairah atau semangat dalam melakukan suatu tindakan, sehingga apabila mampu dibarengi dengan fokus maka akan sangat mudah untuk membentuk kebiasaan positif.

2. Jaga komitmen dalam berusaha

New year resolutions or goals with sticky notes on blackboard

Kebiasaan positif dapat dinilai berdasarkan kemampuan seseorang dalam menjaga komitmennya. Tentu saja komitmen bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, meskipun menjadi bagian terpenting dalam kebiasaan positif. Untuk itu kamu perlu melakukan upaya agar komitmen dapat dibangun dan dijaga semaksimal mungkin. Kendalikan dirimu sebaik mungkin selama pembentukan kebiasaan berlangsung.

3. Tingkatkan rasa percaya diri

Salah satu faktor penyebab gagalnya pembentukan kebiasaan positif adalah kurangnya rasa percaya diri. Minimnya kepercayaan tersebut akan mempengaruhi semua yang berhubungan dengan aktivitas. Alhasil Kamu akan kesulitan mengendalikan diri sendiri yang tentu dapat berimbas pada kebiasaan negatif secara berkelanjutan.

4. Hilangkan kebiasaan menunda

Cara Membentuk Kebiasaan Positif

Kebiasaan ini selalu dianggap hal sepele bagi orang yang menganggap dirinya seolah-olah memiliki banyak waktu luang. Tanpa disadari kebiasaan menunda membuat kesempatan semakin kecil, bahkan memicu timbulnya kebiasaan negatif. Apabila dilakukan secara terus-menerus maka kebiasaan menunda berpotensi menjadi pekerjaan yang paling berat ketika melakukan pembentukan kebiasaan positif.

5. Selalu berusaha untuk produktif

Cara Membentuk Kebiasaan Positif

Produktif diartikan sebagai pemanfaatan waktu semaksimal mungkin dan tidak membiarkan waktu luang terbuang begitu saja. Langkah yang satu ini sangat relevan dengan upaya pembentukan kebiasaan positif. Jika kamu mampu meningkatkan produktivitas maka secara tidak langsung kebiasaan positif akan mulai terbentuk dengan sendirinya.

6. Terus konsisten sebelum tercapai

Cara Membentuk Kebiasaan Positif

Konsistensi sangat erat kaitanya dengan poin kedua di atas. Jika kamu memiliki komitmen yang tinggi, maka konsistensi bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Konsisten akan membawamu ke sesuatu yang lebih terarah dan mudah untuk memperoleh keyakinan terhadap prospek yang akan dicapai. Dengan begitu secara tidak langsung kebiasaan positif muncul seiring dengan proses yang kamu kerjakan.

7. Perluas relasi ke banyak orang

Keterbatasan pengalaman dapat menjadi penghambat ketika seseorang berusaha memperbaiki dirinya sendiri. Sedangkan kebiasaan positif memiliki orientasi untuk memperbaiki semua kekurangan yang ada. Maka diperlukan relasi ke banyak orang untuk mencari tahu kebiasaan positif apa saja yang bisa dilakukan terkait orientasi tersebut.

8. Cari motivasi yang membangun

Ketika memperoleh motivasi yang membangun, seseorang akan cenderung melakukan banyak kegiatan positif. Artinya, motivasi dapat menjadi stimulus ketika kamu berusaha membentuk kebiasaan-kebiasaan yang baik. Relasi di atas juga berguna untuk mendapat motivasi disamping mencari tahu pengalaman-pengalaman menarik dari orang lain.

9. Hargai kemampuan diri sendiri

Setiap orang memiliki tingkatan kemampuan yang berbeda-beda. Tingkatan tersebut tentu menggunakan tolak ukur yang berbeda-beda pula, sehingga masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang tidak dimiliki oleh orang lain. Untuk itu kamu perlu menghargai apapun kemampuan yang dimiliki. Karena bisa jadi dibalik kemampuanmu itu memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain, sehingga kamu bisa memanfaatkannya untuk membentuk kebiasaan yang positif.

Demikian 9 cara membentuk kebiasaan positif yang bisa kamu lakukan. Jika berhasil membentuk kebiasaan tersebut, berikanlah hadiah untuk dirimu sendiri supaya dapat mempertahankan kebiasaan positif dan terus berupaya meningkatkannya.

BACA JUGA:

Mengenal Pengertian Growth Mindset dan Fixed Mindset

6 Cara Melakukan Personal Branding Yang Efektif Era Digital

7 Cara Mudah Melakukan Pencatatan Keuangan Untuk Usaha Kecil Yang Kamu Miliki

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts