Nasihat Keuangan Usia 40

6 Nasihat Keuangan Sebelum Usia 40 Agar Tidak Menyesal Di Hari Tua

Mengatur keuangan penting dilakukan sesuai dengan berbagai macam nasihat yang ada sebelum menginjak usia 40 agar tidak menyesal dikemudian hari. Hal ini diperlukan agar kita dapat memperoleh kehidupan masa mendatang yang mapan. Dalam artian memiliki kondisi keuangan yang sehat bahkan ketika sudah tidak memiliki produktivitas dalam bekerja.

Untuk itu di bawah ini nasehat keuangan yang bisa kamu pertimbangkan untuk menyusun rencana finansial di usia 40-an nanti.

BACA JUGA: 7 Tips Sukses Memulai Bisnis Online Menggunakan Facebook

1. Memiliki tujuan hidup yang jelas

Nasihat Keuangan Usia 40

Tujuan hidup sangat menentukan bagaimana cara kamu mengelola keuangan. Dengan memasang target yang jelas, maka perencanaan keuangan akan lebih terarah.

Usia 40 adalah masa dimana produktivitas kian menurun, artinya tanpa persiapan keuangan yang baik maka dipastikan kamu akan mengalami kendala finansial. Sebab usia tersebut tidak memungkinkan untuk kamu bisa bekerja secara maksimal.

2. Membiasakan diri untuk berhemat

Seiring dengan produktivitas dalam bekerja yang semakin menurun membuat kamu mau tidak mau harus berhemat. Hal ini dilakukan supaya kamu dapat menyisihkan lebih banyak uang untuk menabung atau menyimpan aset berharga sebelum usia 40.

Membiasakan hemat dapat dimulai dengan membatasi diri untuk tidak selalu memenuhi keinginan. Prioritaskan kebutuhan dengan membuat rencana anggaran rutin. Kemudian masukkan rencana tabungan atau investasi pada anggaran tersebut.

3. Kerja dengan disiplin yang tinggi

Kondisi keuangan sangat erat kaitannya dengan penghasilan, oleh karenanya syarat untuk memaksimalkan penghasilan tersebut kamu harus memiliki disiplin yang tinggi selama bekerja.

Tidak hanya dalam hal pendapatan, disiplin juga dapat meningkatkan reputasi karir yang kamu bangun. Alhasil jika kamu memiliki latar belakang yang baik tidak menutup kemungkinan kamu akan naik pangkat sehingga di usia 40 tetap bisa produktif.

4. Membangun relasi yang luas

Banyak para pebisnis yang sukses di usia 40 ketika mereka berhasil membangun jejaring yang luas. Begitu juga dengan mereka yang aktif di bidang tertentu, usia 40 adalah masa pematangan karirnya. Semakin banyak relasi yang dibangun, semakin besar kesempatan untuk meraih kesuksesan.

Bagi kamu yang bekerja di bidang tertentu atau menjadi seorang wirausaha, bangunlah relasi sedini mungkin agar di usia 40 nanti kamu dapat menjaga perputaran uang agar tetap positif sesuai bidang yang kamu geluti.

5. Ikuti program asuransi

Nasihat Keuangan Usia 40

Sebenarnya untuk mengikuti program ini tidak hanya diperuntukan asuransi hidup. Mengingat kamu tidak dapat memastikan kondisi finansial di masa mendatang atau hanya bisa merencanakan tanpa hasil yang pasti, maka asuransi penting demi menjaga keberlangsungan hidupmu di usia 40.

Pilihlah program asuransi yang sangat memungkinkan untuk diikuti. Misalnya asuransi pendidikan, dimana kamu bisa memastikan anak tetap dapat menempuh pendidikan ketika kamu sudah tidak bekerja lagi.

6. Minimalisir hutang yang berlebih

Adapun nasihat keuangan terakhir sebelum menginjak usia 40 adalah dengan membatasi diri dalam berhutang. Meskipun begitu kamu tetap diperbolehkan mencicil sesuatu yang dapat menunjang kelangsungan hidup di masa mendatang, misalnya cicilan rumah. Dengan catatan kamu memiliki kondisi finansial yang sehat di masa sekarang.

Demikian 6 nasehat keuangan sebelum usia 40 yang perlu kamu perhatikan. Untuk dapat menyusun rencana masa depan yang mapan kurangilah hidup berlebihan di masa muda. Lebih baik banyak berkorban waktu dan tenaga di masa sekarang namun dapat hidup yang layak di usia 40.

BACA JUGA:

5 Manfaat Punya Bisnis Sampingan Saat Status Kamu Masih Menjadi Karyawan

Bingung Memilih Financial Planner? Simak 6 Tips Ini Terlebih Dahulu

7 Cara Mudah Melakukan Pencatatan Keuangan Untuk Usaha Kecil Yang Kamu Miliki

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts