Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

4 Manfaat Puasa Yang Harus Kamu Ketahui Untuk Kesehatan

Memasuki bulan Ramadhan tentunya menjadi salah satu kegembiraan bagi setiap umat muslim yang ada di seluruh dunia. Dengan datangnya bulan suci ini maka diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Seperti diketahui puasa merupakan ibadah yang diwajibkan oleh Allah selama bulan Ramadhan ini.

Dimana selama satu bulan umat Islam menahan hawa nafsu baik makan, minum maupun nafsu yang lainnya. Dengan berpuasa tubuh bias beristirahat selama hampir 18 jam. Disini pula banyak yang mendapatkan manfaat dari adanya berpuasa.

Bahkan dokter maupun ilmuwan kesehatan menganjurkan berpuasa untuk kesehatan tubuh. Karena dengan selama 18 jam berpuasa maka tubuh akan bekerja lebih baik daripada biasanya. Kalau hari biasa saat tidak berpuasa tubuh akan ekstra lebih kerja keras untuk dapat mencerna makanan ataupun mengelola berbagai zat dalam tubuh supaya lebih lancar dapat dikelola dengan baik oleh tubuh.

Namun, taukah kamu kalau puasa bukan hanya untuk kesehatan rohani saja. Tapi, puasa juga bisa sebagai kesehatan jasmani. Kesehatan jasmani berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Dari mulai kerongkongan sampai dengan usus halus maupun usus besar ketika berpuasa akan mencerna dengan baik. Sedangkan bagi anggota tubuh lainnya puasa dapat membuat tubuh istirahat.

Selain manfaat tadi ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan bila menjalankan puasa terutama untuk kesehatan. Apa saja itu?

BACA JUGA: 4 Manfaat Kurma Ini Dapat Meningkatkan Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan fungsi otak

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Salah satu manfaat utama puasa adalah meningkatkan fungsi otak. Hal ini dibuktikan dengan dilepaskannya lemak sebagai keton ke dalam darah untuk energi.  Selain itu, dengan puasa yang juga dikombinasikan dengan olahraga akan meningkatkan mitokondria dalam neuron. Mitokondria adalah organel sel yang menjadi tempat penghasil energi.

Puasa juga meningkatkan protein yang dapat meningkatkan fungsi otak yang mengatur banyak hal seperti daya ingat dan pembelajaran. Jadi, puasa membuat kamu semakin lebih produktif bukannya malah malas seharian loh

2. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Selain membantu meningkatkan kerja fungsi otak. Puasa ternyata membantu kita untuk bisa menurunkan berat badan. Terutama bagi mereka yang bermasalah mengenai penyakit obesitas tentunya sangat dianjurkan berpuasa. Dengan berat badan yang turun maka lemak yang biasa ada pada tubuh berangsur mulai menurun. Sehingga asupan kalori yang dibakar oleh tubuh sangat berguna bagi tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan mental

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Manfaat puasa lainnya yaitu berguna terutama bagi kesehatan mental yang sangat besar untuk dapat menurunkan tingkat depresi dari dalam tubuh. Seringkali kita stress memikirkan berbagai masalah kantor ataupun masalah pribadi lainnya. Studi tentang puasa yaitu membuat badan bisa memproduksi hormon endhorpin yang dapat membantu meningkatkan mood saat beraktivitas. Namun, efeknya tidak akan langsung terjadi saat hari pertama. Melainkan akan terjadi pada hari ketiga hingga hari keempat. Sehingga dalam tubuh bisa lebih baik dalam melakukan kontrol emosi.

4. Mencegah penuaan dini

Siapa yang tidak ingin awet muda? pastinya semua orang menginginkannya bukan. Dengan berpuasa menjadi salah satu metode efektif untuk dapat membuat diri berasa awet muda. Karena dengan berpuasa tubuh kita akan menghentikan semua aktivitas dalam tubuh dan mengurangi metabolisme dalam tubuh. Penghentian inilah yang menghambat penuaan dini bagi setiap orang.

Empat manfaat puasa yang bisa kamu dapatkan baik puasa sunah maupun puasa di bulan Ramadhan. Yang terpenting tetap terus menjalani puasa sebagai ibadah maka puasa dijamin lancer dan semakin bermanfaat.

——-

BACA JUGA:

3 Tokoh Inspirasi Dunia Ini Mengajarkan Untuk Pantang Menyerah Mengejar Impian

5 Langkah Memulai Bisnis Online Tanpa Rasa Takut Gagal

4 Hal Yang Harus Kamu Ketahui dan Pahami Tentang PSBB

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts