4 Manfaat Kurma Ini Dapat Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Memasuki bulan Ramadhan tentunya semua umat muslim selalu menyiapkan hidangan yang lezat untuk disajikan. Bulan yang penuh berkah ini tentunya membuat masyarakat mencari berbagai makanan yang sering disediakan di meja makan.

Hidangan yang sering dihidangkan saat datangnya bulan suci Ramadhan salah satunya adalah Kurma. Buah yang berasal dari Arab Saudi ini selalu menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk santapan berbuka ataupun sahur.

Seringkali kurma dibeli dengan jumlah yang banyak untuk persediaan selama Ramadhan. Buah kurma nyatanya punya kandungan nutrisi yang banyak. Secara umum, kandungan dalam buah kurma sendiri berkisar antara 70 % karbohidrat.

Kurma juga terdiri dari beragam kandungan lainnya seperti fruktosa, glukosa dan sukrosa. Tidak hanya itu saja kurma juga mempunyai asupan kalsium, vitamin k, follat, serta antioksidan yang baik untuk tubuh kita seperti kanoik, Beta karoten dan fenolik. Dengan kandungan yang sama kurma mempunyai sekitar 142 kalori dan 37 g karbohidrat.

BACA JUGA: Daftar Aplikasi Meeting Online Yang Bisa Kamu Gunakan

Jenis Kurma Untuk Kesehatan

Berbagaia jenis kurma dikelompokkan kedalam tiga kategori yaitu lunak, semi lunak dan kering. Kurma sendiri dalam pertumbuhannya memerlukan waktu 7 bulan dan tumbuh tunas setelah beberapa bulan kemudian tumbuh pohon. Setiap pohon kurma mempunyai berbagai ciri khas tersendiri dilihat dari beberapa kategori tadi.

Kurma sebetulnya sengaja dibiarkan di pohon terus supaya lebih matang dan menghasilkan buah yang enak. Sedangkan untuk beberapa jenis kurma seperti kurma lunak dan semi lunak akan dipanen dan disortir setelah matang.

Ada beberapa jenis Kurma yang kita konsumsi saat bulan Ramadhan seperti Barhi Kurma Barhi (Barhee) berukuran sedang dengan kulit yang tipis dan daging yang lunak lembut. Adapun jenis kurma yang semi lunak adalah kurma Deglet Nor yang berasal dari Tunisia. Dalam kurma ini memiliki tekstur daging yang lembut dan kenyal.

Sehingga sering di konsumsi oleh kita sebagai makanan saat berbuka. Rasanya enak seperti madu dan berbeda dari kurma jenis lainnya. Buah manis ini ternyata menyimpan manfaat besar bagi tubuh.

Mengkonsumsi kurma ternyata baik untuk kesehatan tubuh loh. Apa saja manfaatnya?:

1. Mencegah diabetes

Manfaat Kurma Meningkatkan Kesehatan

Meskipun rasanya manis ternyata buah kurma tidak menyebabkan penyakit seperti diabetes. Justru dengan manisnya buah kurma ternyata bisa membantu mengurangi resiko diabetes. Serat dalam tubuh secara lancar menyerap kedalam tubuh kita. Selain itu, kurma juga bisa membangkitkan mengontrol gula pada tubuh kita. Sehingga pengidap diabetes bisa secara aman mengonsumsi makanan.

2. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat Kurma Meningkatkan Kesehatan

Buah kesukaan nabi ini ternyata menyimpan berbagai magnesium, kalsium dan selenium yang berguna bagi tulang. Semua kandungan yang ada pada buah kurma ini telah dipelajari untuk mengobati dan mencegah terjadinya osteoporosis.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat Kurma Meningkatkan Kesehatan

Selain meningkatkan kesehatan tulang kurma juga berperan untuk meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan magnesium dan kalium dapat menurunkan tekanan darah dan bisa mencegah terjadinya sakit jantung. Disamping itu, dengan adanya serat dalam tubuh kita dapat menghambat kolesterol jahat yang ada pada tubuh kita

4. Mencegah anemia

Manfaat Kurma Meningkatkan Kesehatan

Mudah capek dan lelah saat melakukan suatu aktivitas tandanya Anda mengalami kekurangan darah. Untungnya buah kurma sendiri mempunyai kandungan zat besi yang dapat membantu mencegah terjadinya anemia. Sehingga dengan adanya buah kurma dapat menjadi sumber makanan yang bisa dimanfaatkan dalam tubuh kita.

Demikian beberapa penjelasan mengenai manfaat dan keutamaan kurma bagi tubuh manusia yang bisa membuat sehat tubuh. Menarik bukan?

——-

BACA JUGA:

5 Prinsip Hidup Orang Kaya Yang Bisa Kamu Ikuti

5 Langkah Memulai Bisnis Online Tanpa Rasa Takut Gagal

Merasa Malas Saat Work From Home? Coba Ikuti Cara Ini Agar Lebih Produktif

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts