Kisah Sahabat Nabi

4 Kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW Yang Patut Dipelajari

Sahabat nabi Muhamad menjadi salah satu Khalifah yang paling dekat dengan nabi Muhammad SAW. Bagaimana tidak, sahabat nabi yang selalu menjadi penyemangat nabi Muhammad untuk selalu menyebarkan dakwah Islam. Para sahabat nabi berkontribusi terhadap perkembangan Islam di masa lalu.

Sehingga sampai saat ini Islam terus berkembang dan menjadi agama yang paling besar didunia. Perkembangan Islam saat ini ternyata memiliki berbagai aspek perkembangan seperti ilmu pengetahuan baik sejarah, akidah dan tafsir. Tentunya semua itu tidak terlepas dari peran sahabat yang senantiasa memberikan dukungan terhadap perjuangan Islam yang hingga kini diterima oleh masyarakat luas.

Dengan ciri khas berdakwah sahabat nabi mampu memberikan kontribusi terhadap sejarah Islam. Seperti halnya ali bin abi thalib yang menjadi pemuda pertama masuk islam. Selain itu di usia yang masih muda ia mengemban amanah kepemimpinan dari Khalifah sebelumnya yaitu Ustman bin Affan.

BACA JUGA: Sambut Ramadan, Tamasia Luncurkan Koin Emas Dinar Al-Haramain Series

Sahabat Rasulullah Paling Berjasa

Selain, adanya Ali bin Abi Thalib , tentunya masih ada beberapa sahabat nabi yang begitu terkenal dan  patut kita teladani. Sebab, setiap sahabat nabi mempunyai berbagai kelebihan dalam setiap kepemimpinannya.

Tahukah kamu, ada beberapa sahabat nabi yang begitu besar terhadap perkembangan Islam. Siapa saja?

1. Abu Bakar As Shiddiq

Sahabat Rasulullah yang meneruskan perjuangan Islam setelah nabi Muhammad wafat adalah Abu Bakar Ash-Shiddiq. Abu bakar merupakan sahabat nabi yang kaya raya dan kaya harta. Sifatnya yang hampir mirip dengan nabi Muhammad ini membuat Abu Bakar sering dianggap mempunyai karakteristik yang mirip dengan nabi. Begitu banyak kemiripan antara beliau dengan Rasulullah sehingga tak heran kemudian beliau menjadi khalifah pertama setelah Rasulullah wafat.

2. Umar Bin Khattab

Setelah Abu Bakar Ash-Shiddiq wafat perjuangan Islam kini dilanjutkan oleh Umar bin Khatab. Sebelum menjadi seorang pemimpin Umat menjadi salah satu orang yang memusuhi Islam. Namun, setelah berubah dan memilih Islam sebagai agamanya membuat Umar begitu gigih dalam melakukan perjuangan Islam dengan mensejahterakan para rakyatnya. Ketika ia menjadi seorang pemimpin ia selalu berkeliling tiap hari ke rumah-rumah warga untuk mengecek apakah  yang membutuhkan mendapatkan uang atau sedikit makanan kebut pokok untuk kebutuhan sehari-hari.

3. Ustman bin Affan

Ustman bin Affan merupakan sahabat nabi yang sangat dermawan. Dalam setiap kali berperang Ustman selalu membiayai untuk berperang memerangi kaum musyrikin. Selain itu, ketika masyarakat hijrah Ustman bin Affan memfasilitasi sebuah sumur untuk dijadikan air minum sehari-hari bagi masyarakat yang berhijrah.

4. Thalhah bin Ubaidillah

Sahabat Rasulullah yang di jamin masuk surga adalah Thalhah bin Ubaidillah. Thalhah rela berkorban demi melindungi nabi dari serangan musuh. Ia berkorban dan akhirnya wafat dengan tikaman yang sangat banyak diseluruh sekujur tubuhnya. Sahabat Rasulullah ini mempunyai perawakan tubuh yang besar. Sehingga saat bertarung di Medan perang dia terlihat sangat gagah.

Cerita singkat perjuangan sahabat nabi Muhammad yang memperjuangkan Islam untuk mencapai kejayaan yang tentu saja bisa kamu ambil pelajaran dari cerita tersebut.

——-

BACA JUGA:

4 Manfaat Puasa Yang Harus Kamu Ketahui Untuk Kesehatan

5 Langkah Memulai Bisnis Online Tanpa Rasa Takut Gagal

4 Manfaat Kurma Ini Dapat Meningkatkan Kesehatan Tubuh

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts