Bagaimana Perkembangan Inflasi dalam 5 Tahun Terakhir?

Salah satu istilah dalam ekonomi yang paling akrab terdengar masyarakat adalah inflasi. Karena inflasi sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Inflasi menjadi kondisi yang banyak dibicarakan orang jika sedang berdiskusi mengenai kondisi perekonomian. Apalagi inflasi mengalami kenaikan dan penurunan setiap tahunnya.

Terkadang kondisi ini cukup mengkhawatirkan. Kenapa? Karena kenaikan tingkat inflasi tersebut akan menunjukkan kenaikan harga barang-barang kebutuhan masyarakat. Kondisi ini tentu akan memengaruhi tingkat pengeluaran masyarakat pada umumnya. Secara tidak langsung ini akan mengakibatkan biaya hidup yang semakin mahal dan tidak diikuti dengan kenaikan tingkat pendapatan yang tinggi juga.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, inflasi adalah kemerosotan nilai uang karena banyak dan cepatnya uang yang beredar sehingga menyebabkan naiknya harga barang-barang. Menurut Badan Pusat Statistik, inflasi berarti kenaikan harga barang dan jasa secara umum yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat atau turunnya daya jual mata uang suatu negara.

BACA JUGA: Mengenal Lebih Dekat Tentang Investasi Dinar

Bagaimana Pengaruh Inflasi?

Dampak inflasi yang paling terasa adalah kondisi keuangan masing-masing. Contoh sederhananya adalah jika kamu pada tahun 2018 membeli makan semangkok bakso dengan harga 15 ribu maka di tahun 2019 harga semangkok bakso dapat menjadi 18 ribu bahkan bisa naik hingga 20 ribu.

Secara tidak langsung nilai uang yang kamu miliki berkurang yang awalnya 15 ribu menjadi 18 ribu berarti mengalami pengeluaran yang lebih besar. Karena pengeluaran semakin membengkak akan berdampak pada rencana keuanganmu. Tanpa sadar inflasi akan membuatmu semakin boros apalagi jika tidak diikuti dengan meningkatnya pendapatan tiap bulan.

Untuk menekan agar uang yang dimiliki tidak tergerus dan dapat menekan laju inflasi didalam perencanaan keuangan salah satunya adalah dengan berinvestasi pada produk-produk keuangan yang imbal hasilnya diatas inflasi tahunan. Nilai keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi diharapkan dapat mengatasi laju inflasi yang meningkat setiap tahunnya.

Inflasi Tahunan

Sumber : www.bps.go.id

Seperti gambar diatas kamu dapat melihat bagaimana trend inflasi setiap tahunnya. Dengan melihat keadaan inflasi tahunan selama 5 tahun terakhir berarti kamu harus memperhatikan produk investasi yang dimana memberikan keuntungan diatas rata-rata inflasi tersebut.

Namun perlu di ingat sebelum melakukan investasi sesuai dengan yang kamu inginkan, maka sangat perlu mempertimbangkan berbagai risiko yang terdapat di dalam investasi itu sendiri. Hal ini penting, untuk menghindari berbagai kerugian di masa yang akan datang. Awalnya yang ingin punya investasi yang dapat mengalahkan inflasi malah bisa rugi yang lebih parah.

Dengan melihat trend inflasi juga dapat memberikan gambaran kedepannya bahwa harga-hara kebutuhan pokok dan lainnya akan mengalami kenaikan. Inflasi juga sebagai tolok ukur untuk melihat tingkat perubahan harga, di mana hal tersebut akan tampak jelas jika kenaikan harga dan saling memengaruhi antara satu dengan yang lainnya. Bahkan seringkali kenaikannya diatas rata-rata inflasi tersebut.

Hadapi inflasi dengan menambah pendapatan mu atau mencari investasi yang aman dan diatas kenaikan rata-rata inflasi seperti investasi emas yang saat ini sangat mudah hanya dengan menggunakan aplikasi hp.

Sebenarnya masalah inflasi bisa datang kapan saja dan selalu akan terus ada. Walaupun harga-harga mengalami kenaikan, tetap dapat ditaklukan dengan pengelolaan keuangan yang baik.

Sudah siap menghadapi inflasi 5 tahun terakhir?

——-

BACA JUGA:

Selain Jalan-Jalan, Ada Banyak Kegiatan Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mengisi Liburan

3 Cara Ini Segera Wujudkan Resolusi Keuanganmu!

4 Aplikasi Yang Membuatmu Mudah Dalam Mengelola Keuangan. Sudah Pernah Coba yang Mana?

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts