Cara Mengatasi Pasangan Boros

5 Cara Mengatasi Pasangan yang Boros Agar Lebih Bijak Dalam Berbelanja

Masalah finansial memang menjadi momok yang sering dialami dalam berkeluarga, salah satunya yaitu memiliki pasangan yang boros. Akibatnya kita harus mampu memanajemen uang dengan sebaik mungkin agar tidak mengalami kondisi dimana siklus keuangan keluarga tidak mampu menunjang keberlangsungan hidup dalam berumah tangga. Jika kamu memiliki masalah tersebut, mungkin 5 cara dibawah ini bisa menjadi referensi serta dapat membantumu untuk mengatasi pasangan yang boros.

BACA JUGA: Bingung Memilih Financial Planner? Simak 6 Tips Ini Terlebih Dahulu!

1. Diskusikan rencana keuangan secara rutin

Cara Mengatasi Pasangan Boros

Langkah pertama untuk mengatasi pasangan yang boros adalah dengan merencanakan anggaran keuangan. Kamu perlu mengajak pasanganmu berdiskusi tentang bagaimana perencanaan belanja yang tepat dalam setiap waktu tertentu. Tujuannya yaitu untuk mengalokasikan uang dengan terarah serta membatasi setiap pengeluaran baik untuk keperluan pribadi maupun keluarga. Dengan begitu kamu bisa mendorong pasangan untuk lebih mengerti tentang perputaran uang di dalam keluarga. Keberadaan anggaran keuangan juga dapat meminimalisir risiko terjadinya defisit yang membuat kondisi finansial kurang baik.

2. Buka rekening khusus untuk belanja

Secara umum kebiasaan boros diakibatkan karena seseorang tidak mengetahui kapan ia harus berhenti belanja ketika saldo di rekeningnya masih ada. Maka dengan membuat rekening khusus untuk belanja dapat membatasi pasangan yang boros untuk tidak terus menghamburkan uang. Dengan memisahkan antara rekening utama dengan rekening belanja, kamu tetap bisa menyisihkan uang untuk keperluan lain seperti investasi, tabungan, asuransi, sewa, dan sebagainya.

3. Pisahkan penghasilan suami dan istri

langkah ketiga ini sangat efektif apabila kamu dan pasanganmu memiliki pekerjaan sendiri. Sebab dengan memisahkan penghasilan, secara perlahan pasanganmu akan mengerti bahwa ia cenderung boros. Setelah itu buatlah komitmen untuk tidak saling tergantung satu sama lain, dalam hal ini masing-masing harus mencukupi keperluan pribadinya dengan menggunakan penghasilannya sendiri. Sehingga kamu tak perlu khawatir lagi terhadap pasangan yang sering habiskan uangmu.

4. Buat rencana bersama untuk jangka panjang

Cara Mengatasi Pasangan Boros

Agar pasanganmu yang boros bisa memaklumi dan lebih mengerti tentang kondisi finansial keluarga, mungkin kamu bisa melakukannya dengan cara mengajak pasanganmu untuk membuat rencana atau target di masa mendatang. Misalnya dengan menargetkan untuk membeli rumah baru, pergi haji, atau lainnya yang mengakibatkan kamu dan pasanganmu harus menabung lebih banyak serta mengurangi pemborosan agar bisa mencapai target tersebut. Kamu bisa melakukan cara serupa untuk target-target lain yang kamu kehendaki.

5. Evaluasi jumlah pengeluaran setiap minggu

Meskipun tidak secara langsung mempengaruhi pasangan yang boros uang, namun dengan melakukan evaluasi pengeluaran secara rutin kamu bisa memancingnya supaya pasangan terdorong untuk lebih bijak dalam menggunakan uang. Evaluasi ini dilakukan untuk mengingat kembali untuk apa saja uang digunakan dalam kurun waktu tertentu, sehingga kamu bisa mendorong pasanganmu untuk membuat rencana anggaran baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Memiliki pasangan yang boros uang memang kerap dialami oleh sebagian besar orang, terlebih bagi mereka yang sudah berumah tangga. Untuknya perlu dilakukan pencegahan supaya pemborosan tidak terjadi secara terus-menerus, karena bisa berakibat pada kondisi finansial keluarga yang buruk. Demikianlah 5 cara yang bisa kamu lakukan dalam mengatasi pasangan yang boros.

BACA JUGA:

Hindari Penggunaan Kartu Kredit Berlebihan! Begini Cara Mengatasinya

5 Cara Mudah Agar Kamu Cepat Merdeka Finansial!

6 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Hutang Yang Kamu Miliki Sudah Banyak

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts