Sosial Media Populer

Daftar Sosial Media Populer yang Disukai Banyak Orang, Sudah Coba Semua?

Keberadaan sosial media saat ini telah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. Penetrasi pengguna sosial media pun terus meningkat seiring dengan kebutuhan jejaring sosial yang semakin signifikan dan populer. Sosial media sendiri terdapat beberapa plaform dengan fitur layanan yang berbeda-beda.

Berikut 5 sosial media populer di dunia berdasarkan data jumlah pengguna aktif yang bisa menjadi referensi.

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Pasangan yang Boros Agar Lebih Bijak Dalam Berbalanja

1. Facebook

Sosial Media Populer

Sejak kemunculannya di tahun 2004, Facebook hingga kini masih menjadi satu-satunya sosial media dengan jumlah pengguna yang tiada tandingannya. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah pengguna aktif yang mencapai 2,7 miliar pada kuartal kedua tahun 2020. Angka tersebut sekaligus menjadikan Facebook menduduki peringkat pertama dalam deretan sosial media terpopuler di dunia.

Popularitas Facebook yang terus meningkat secara konsisten tidak lepas dari keberadaan fitur-fitur di platformnya. Facebook memungkinkan penggunanya dapat bertukar informasi dalam bentuk teks, foto, dan video melalui perangkat apapun. Sistem navigasi yang tersemat di Facebook pun sangat mudah digunakan. Tak heran jika banyak yang masih bertahan menggunakan Facebook.

2. Instagram

Sosial Media Populer

Instagram saat ini telah sukses menjadi salah satu sosial media favorit khususnya di kalangan remaja. Penampakan visualisasi yang friendly di dalam platformnya telah membuat Instagram mengalami jumlah peningkatan pengguna yang cukup signifikan. Tercatat setidaknya 1 miliar pengguna aktif mengakses Instagram di setiap bulannya.

Salah satu keunggulan yang paling menarik dari Instagram adalah adanya fitur tab explore dimana pengguna bisa mengakses berbagai macam konten dari berbagai kiriman publik. Untuk mendukung komunikasi, Instagram juga mengkombinasikan fitur chatting di masing-masing penggunanya.

3. Twitter

Sosial Media Populer

Seperti halnya Facebook, Twitter selalu masuk dalam daftar sosial media terpopuler di dunia. Hal tersebut ditandai dengan jumlah pengguna yang secara konsisten tidak mudah dilampaui oleh sosial media lainnya. Berdasarkan informasi, jumlah pengguna Twitter aktif mencapai 330 juta orang untuk setiap bulannya.

Ketenaran Twitter didorong oleh salah satu sapaan akrabnya, yaitu tweet. Fitur dimana pengguna bisa mengirim atau mencari informasi publik yang bersifat singkat. Sebagian besar pengguna memanfaatkan fitur trending topik yang menjadi keutamaan Twitter. Fitur tersebut menggunakan hastag untuk memudahkan pengguna dalam mencari ulasan publik yang sedang populer.

4. TikTok

Bagi kalangan remaja mungkin aplikasi satu ini sudah bukanlah sesuatu yang asing. Keseruan membagikan video yang unik menjadi daya tarik sendiri dari TikTok. Tak hanya sekedar video, pengguna bisa menggunakan filter untuk mengkreasikan visualisasinya. Karena itulah sosial media TikTok terus mengalami peningkatan popularitas yang sangat signifikan hanya dalam beberapa waktu saja.

Indikator keberhasilan TikTok dalam meningkatkan popularitasnya bisa dilihat dari jumlah pengunduh baik di Google Play Store maupun App Store. Di kuartal pertama dan kedua tahun 2020 ini setidaknya TikTok mencatat jumlah pengunduh yang mencapai lebih dari 300 juta pengguna. Jumlah tersebut menempatkan TikTok sebagai nominasi aplikasi sosial media terpopuler di dunia.

5. Snapchat

Sosial media Snapchat memungkinkan pengguna bisa bertukar pesan mobile berupa video atau foto antar sesama pengguna lainnya. Salah satu fitur mengapa Snapchat banyak diminati adalah hapus pesan secara otomatis. Ketika kamu mengirim pesan tertentu ke teman, maka pesan tersebut akan terhapus secara otomatis setelah dibaca oleh penerima.

Angka pengguna Snapchat secara akumulatif mencapai 300 juta orang di setiap bulannya. Data tersebut didapat dari riset yang dilakukan dalam We Are Social tahun 2020. Bersama beberapa aplikasi sosial media lainnya, Snapchat masuk salah satu yang paling banyak diminati di seluruh dunia.

Popularitas sosial media di atas ditinjau berdasarkan jumlah pengguna dalam kurun waktu tertentu. Adapun peringkat popularitas bisa berubah seiring dengan naik-turunnya pengguna yang mengakses sosial media tersebut. Demikian 5 sosial media populer di dunia yang bisa menjadi referensi kamu

BACA JUGA:

Kalimat Motivasi Ini Akan Membuat Hidup Lebih Bersemangat

Tertarik Memulai Podcast? Simak 7 Tips Ini Terlebih Dahulu!

6 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Hutang Yang Kamu Miliki Sudah Banyak

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts