Penggunaan Kartu Kredit Berlebihan

Hindari Penggunaan Kartu Kredit Berlebihan! Begini Cara Mengatasinya

Salah satu fasilitas keuangan yang banyak digemari oleh masyarakat adalah kartu kredit walau kerap kali penggunaan kartu kredit dapat berlebihan. Fasilitas ini memberi layanan kepada penggunanya untuk keperluan berbagai jenis transaksi, seperti membayar tiket transportasi, belanja di mall, biaya hotel, dan sebagainya. Kartu kredit sifatnya adalah hutang yang diberikan oleh bank kepada pemegangnya. Dengan kartu kredit tersebut, pemegang bisa menggunakannya untuk membeli berbagai macam kebutuhan dan membayarnya nanti melalui tagihan.

Karena sifatnya hutang maka kamu harus berhati-hati agar tidak berlebihan dalam menggunakannya. Melalui 7 cara di bawah ini kamu bisa mengontrol penggunaan kartu kredit agar tidak membengkak sekaligus meminimalisir terjadinya tunggakan akibat ketidakmampuan dalam membayar tagihan.

BACA JUGA: 6 Tanda Ini Menunjukkan Kalau Hutang yang Kamu Miliki Sudah Banyak

1. Kenali kartu kredit lebih dalam

Memiliki kartu kredit memang tak bisa sembarang orang, melainkan hanya dikhususkan bagi mereka yang telah memenuhi kualifikasi. Bagi kamu yang memegang kartu kredit, penting untuk mengetahui apa saja fitur dan cara kerjanya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti bunga, limit, tagihan, serta layanan kredit lainnya. Hal ini penting supaya kamu bisa mengatur dengan baik sekaligus menghindari pemborosan.

2. Batasi jumlah kepemilikan kartu kredit

Memiliki banyak kartu kredit memang akan membuat jumlah limit yang bisa kamu gunakan jadi lebih banyak, belum ditambah benefit yang akan kamu peroleh dari masing-masing kartu. Tapi, kamu juga harus melihat kondisi finansialmu yang sebenarnya. Apakah dengan memiliki banyak kartu kredit, kamu sanggup membayar segala tagihannya atau tidak. Jangan sampai kartu kredit dalam jumlah banyak hanya akan membuatmu menjadi berlebihan dalam menggunakannya.

3. Buat skala prioritas tentang belanja

Untuk menghindari penggunaan kartu kredit yang berlebihan, kamu harus memiliki target belanja yang terukur sesuai kemampuanmu dalam melunasi tagihan. Skala prioritas ini ditujukan untuk lebih mengutamakan kebutuhan yang sekiranya vital, seperti biaya hidup atau akomodasi, pendidikan, asuransi, dan sebagainya. Sampingkan keinginan untuk membeli sesuatu yang tidak terlalu penting agar penggunaan kartu kredit dapat dikontrol.

4. Gunakan kartu kredit sesuai kemampuan

Sebelum menggunakan kartu kredit, lihatlah latar belakang finansialmu selama satu bulan. Ketahui perbandingan antara pemasukan dan pengeluaran selama kurun waktu tersebut. Meskipun limit pinjaman yang kamu peroleh cukup besar, bukan berarti kamu harus membelanjakan semuanya. Pastikan jumlah pinjaman kartu kredit yang Kamu keluarkan mampu dibayar oleh pemasukanmu ketika telah jatuh tempo pembayaran cicilan/tagihan.

5. Maksimalkan diskon dan promo lainnya

Bagi para pemegang kartu kredit biasanya akan memperoleh penawaran terbatas seperti diskon dan sebagainya, baik dari perusahaan pemberi kartu kredit maupun pihak ketiga. Untuk itu manfaatkan promo yang kamu dapat sebaik mungkin sembari tetap mengontrol pembelanjaan. Manfaatkan promo tersebut sesuai intensitas kebutuhanmu, jangan menggunakan semua promo yang ada jika sedang tidak memiliki kebutuhan apapun.

6. Tidak membawa kartu kredit setiap saat

Fasilitas kartu kredit memang sangat menggiurkan, hal ini seringkali mendorong para pemilik untuk menggunakannya setiap melakukan transaksi tertentu. Alhasil ketergantungan pada kartu kredit membuat pengeluaran semakin sulit dikontrol dan menjadi relatif boros. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya kamu tinggalkan kartu kredit di rumah jika sekiranya tidak membutuhkan selama di luar.

7. Evaluasi penggunaan kartu kredit secara rutin

Evaluasi dilakukan untuk mengetahui intensitas penggunaan kartu kredit sekaligus menganalisis jumlah biaya yang dikeluarkan. Dengan evaluasi ini, kamu bisa menjadikannya sebagai pertimbangan atau pedoman untuk mengelola kartu kredit di bulan selanjutnya. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menghindari penggunaan kartu kredit yang berlebihan.

Itulah 7 cara yang bisa kamu lakukan agar penggunaan kartu kreditmu tidak boros. Perlu diketahui, jika kamu menggunakan kartu kredit dalam jumlah banyak, artinya kamu juga akan mendapat tagihan yang lebih besar. Jika tidak sanggup mencicilnya maka kamu harus menanggung bunga beserta kemungkinan denda yang diperoleh.

BACA JUGA:

5 Cara Mudah Agar Kamu Cepat Merdeka Finansial!

Mau Investasi Yang Aman ? Kamu Wajib Pelajari Beberapa Hal Ini Dulu!

7 Trik Sederhana Belanja Bulanan Ini Akan Mengontrol Keuanganmu Dengan Baik

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts