Cara Mudah Merdeka Finansial

5 Cara Mudah Agar Kamu Cepat Merdeka Finansial!

Tidak memiliki masalah keuangan atau merdeka finansial tentu menjadi impian banyak orang. Hanya saja untuk beberapa kalangan menganggap kondisi ini cukup sulit untuk diwujudkan, mengingat kebutuhan yang terus bertambah tanpa diimbangi kenaikan sumber penghasilan yang stabil. Meskipun demikian, kamu bisa mewujudkan kondisi ini dengan melakukan beberapa cara mudah di bawah ini agar dapat merdeka secara finansial.

BACA JUGA: 6 Tips Agar Wawancara Via Online Jadi Maksimal

1. Memulai investasi sejak awal

Cara Mudah Merdeka Finansial

Untuk mencegah keuangan agar tidak selalu tergerus, sisihkanlah berapa persen dari dana bulanan yang kamu miliki untuk dialokasikan ke investasi. Kamu bisa memulainya dengan mencoba investasi yang memiliki tingkat risiko rendah seperti emas yang sekiranya sesuai dengan besaran uang yang kamu miliki saat ini . Semakin besar resiko yang diambil, semakin besar pula prospek keuntunganmu. Investasi penting untuk membuat keuanganmu mampu berkembang di masa mendatang.

2. Meminimalisir kebiasaan berhutang

Cara Mudah Merdeka Finansial
Sumber: https://siwalimanews.com

Terlalu sering berhutang atau sedang memiliki hutang hanya akan memperkeruh kondisi finansialmu. Berapapun nilai hutang yang kamu miliki sekarang, tetap saja ada batasan tertentu yang membuat kamu harus rutin menyisihkan uang atau mencari pendapatan lain untuk melunasinya. Hindari hutang semaksimal mungkin meskipun nominalnya kecil. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir terhadap kondisi dimana finansialmu terganggu akibat cicilan setiap bulan untuk membayar hutang,

3. Sisihkan dana darurat setiap bulan

 Sumber: https://www.akun.biz/

Usahamu dalam menghindari hutang akan sulit jika tidak memiliki dana khusus di saat kondisi darurat. Meski sebelumnya tidak pernah ada hal-hal buruk yang kamu alami, bukan berarti kamu benar-benar akan mengalami kondisi serupa untuk seterusnya. Oleh karenanya menyisihkan dana darurat sangat penting untuk menyokong kebutuhan tak terduga di masa mendatang. Dengan dana ini kamu tidak perlu bergantung pada orang lain ketika mengalami hal tak terduga yang sekiranya membutuhkan dana lebih.

4. Membuat skala prioritas untuk belanja

Merdeka finansial dapat diartikan sebagai keadaan dimana kamu tidak memiliki masalah keuangan. Artinya, kamu harus mengatur sistem keuangan rutin untuk memastikan dana yang dimiliki mampu mencukupi kebutuhan selama kurun waktu tersebut. Caranya yaitu membuat skala prioritas, salah satunya dengan merancang anggaran belanja yang mengutamakan kebutuhan disamping keinginan.

5. Alokasikan sebagian uangmu untuk tabungan

Menabung juga penting supaya kamu dapat merdeka finansial di masa mendatang. Tidak perlu banyak mengenai dana yang harus kamu tabung, cukup dengan memanfaatkan sisa-sisa anggaran rutin bulananmu untuk dialokasikan ke tabungan, sekalipun jumlahnya kecil. Dengan rutin menabung suatu saat kamu bisa memanfaatkannya untuk banyak hal yang lebih menguntungkan, seperti digunakan untuk modal usaha agar finansialmu jauh lebih baik dari saat ini.

Membangun kondisi finansial yang merdeka sebenarnya bukan perkara yang sulit jika kamu telah memiliki sumber penghasilan tetap. Namun tetap saja faktor di atas sangat mempengaruhi kondisi finansial meskipun kamu memiliki penghasilan yang cukup besar. Untuk itu, manfaatkan lima cara mudah di atas yang sekiranya dapat membantumu dalam mengatur keuangan dan merdeka finansial.

——-

BACA JUGA:

7 Trik Sederhana Belanja Bulanan Ini Akan Mengontrol Keuanganmu Dengan Baik

Mau Investasi Yang Aman? Kamu Wajib Pelajari Beberapa Hal Ini Dulu!

Begini Cara Mengelola Gaji 6 Juta Per Bulan di Jakarta Agar Kamu Tetap Bisa Nabung

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts