Cara Menabung Terasa Mudah

Buat Kamu yang Masih Bingung Cara Menabung, Lakukan 3 Hal Ini Agar Terasa Mudah

Tidak sedikit orang yang merasa selalu besar pasak daripada tiang alias boros. Kondisi ini mungkin dirasakan hampir sebagian orang yang belum benar-benar fokus untuk mengelola keuangan pribadinya. Agar tidak boros salah satu hal yang harus dilakukan dengan cara menabung sedikit demi sedikit agar terasa mudah tanpa harus keberatan dengan nominal yang besar.

Secara teori memang terlihat mudah tetapi setelah praktik belum tentu semua orang bisa menjalankan untuk mulai berfokus dengan menabung karena tanpa disadari kebiasaan boros sudah melekat dalam keseharian. Menabung memang sangat penting apalagi kalau kamu belum punya dana darurat yang cukup. 

Berikut ini ada beberapa cara menabung agar terasa mudah dan menyenangkan:

BACA JUGA: Kenali 4 Ciri-Ciri Ini Biar Kamu Bebas dari Investasi Bodong 

1. Mulai atur uang receh yang kamu punya dan sisihkan gaji bulananmu

Cara paling mudah kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyisihkan uang gaji bulanan dan mengatur uang receh milikmu yang berceceran. Pernah dengar pepatah yang mengatakan “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit?” Nah dalam cara menabung agar terasa mudah adalah dengan mengumpulkannya sedikit demi sedikit agar tidak terasa membebanimu.

Mulai coba sisihkan 5% saja dari total gaji mu saat ini. Setelah berhasil kamu bisa mulai meningkatkan persentase menjadi 6%,7% atau bahkan 20% kedepannya. Paling penting kamu harus tetap konsisten walaupun dari nominal paling kecil. Oya, nggak ada salahnya kamu tetap mengumpulkan uang receh bisa juga untuk menambah tabungan yang kamu miliki.

2. Gunakan strategi menabung sesuai tanggal

Selain strategi dengan mengatur uang receh dan sisihkan gajimu, kamu bisa menggunakan strategi dengan menabung sesuai tanggal. Apa maksudnya? Maksudnya adalah kamu bisa menabung sesuai dengan tanggal yang sudah kamu tentukan. Contoh, setiap tanggal 25 kamu harus menabung sesuai dengan besaran yang sudah kamu tentukan seperti 25rb. Atau di setiap akhir bulan seperti tanggal 30 atau 31 kamu menabung sebesar 30rb sesuai dengan jumlah tanggal. 

Buat catatan yang bisa kamu lihat setiap hari agar kamu terus ingat sesuai dengan ketentuan yang sudah kamu buat.

3. Gunakan uang tabunganmu untuk memulai investasi agar uangnya tidak mudah kamu ambil kembali

Biar semakin produktif, tabungan yang sudah kamu kumpulkan jangan hanya didiamkan dalam celengan yang ada di rumah saja. Kamu bisa mulai menabung emas di aplikasi Tamasia hanya mulai dari 10 ribu saja. Sedikit demi sedikit kamu bisa mendapatkan 1 gram, 5 gram, 10 gram dan seterusnya asal kamu terus konsisten dalam menabung. Nah dengan membeli emas maka kamu akan malas untuk menariknya karena sudah dikonversi menjadi bentuk asset.

Dari ketiga cara diatas, kamu bisa lakukan sesuai dengan kemampuan finansial yang kamu miliki. Hanya butuh konsisten saja maka menabung tidak akan terasa berat.

BACA JUGA:

3 Cara Mudah Mengelola Uang Receh Yang Kamu Miliki

Cara Mudah Wujudkan Resolusi Keuangan Tahun 2021

Mengapa Harga Emas Antam Bisa Naik Menembus Rp 1 Juta per Gram?

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts