Mengenal Mindset

Mengenal Pengertian Growth Mindset dan Fixed Mindset

Pola pikir manusia hanya terdiri atas dua macam, yaitu mengenal mindset yang terbuka serta pola pikir yang tertutup. Terbuka artinya memiliki hasrat untuk menerima segala informasi untuk menjadikan dirinya lebih baik dengan cara berubah. Adapun tertutup diartikan sebagai hasrat yang tidak memiliki keinginan dan menentang terhadap informasi baru karena dianggapnya sesuatu yang tidak penting bagi dirinya sendiri.

Dari makna tersebut dapat digambarkan bahwa seseorang memiliki dua karakteristik mindset yang berbeda, yaitu growth mindset dan fixed mindset. Adapun untuk memahami keduanya dapat dilihat sebagai berikut.

BACA JUGA: Mau Sukses Bisnis Kuliner? Simak 5 Cerita Pengusaha Ini!

1. Pengertian growth mindset

Mengenal Mindset

Growth mindset adalah mengenal keterbukaan mindset yang dapat menerima berbagai macam informasi. Umumnya orang yang memiliki mindset ini akan didominasi oleh pemikiran serta sikap yang positif terhadap segala hal yang ditemui. Dalam hal ini mereka meyakini bahwa kecerdasan seseorang atau masing-masing individu dapat dikembangkan sebagaimana intensitas kebutuhan yang terus meningkat. Meskipun dalam prosesnya seseorang yang memiliki growth mindset harus berhadapan dengan tantangan di samping peluang yang ada.

  • Karakteristik growth mindset

Karakter seseorang dengan growth mindset yaitu selalu berkeinginan menjadi lebih baik. Oleh karenanya aktivitas atau rutinitas selalu dipenuhi oleh pembelajaran serta pengembangan diri untuk mencapai target-target tertentu. Tidak hanya itu, orang-orang semacam ini juga selalu berusaha menemukan potensi yang ada pada dirinya kemudian berusaha untuk meningkatkan kemampuan sehingga mereka merasa potensi tersebut adalah passion mereka.

Meskipun selalu ingin berkembang, growth mindset mendorong seseorang untuk mampu mencari kesalahan atau kekurangan yang ada pada dirinya sendiri. Kekurangan tersebut bukan dijadikan sebagai hambatan untuk melakukan perubahan, melainkan sebagai dorongan agar mampu berusaha lebih keras serta mencari jalan-jalan yang relevan demi mencapai peningkatan kualitas diri yang jauh lebih baik.

Growth mindset memungkinkan seseorang dapat dengan bebas mengendalikan dirinya sendiri. Begitu banyak kisah dari orang-orang sukses yang memotivasinya dalam kondisi apapun. Walaupun dalam keadaan yang sulit sangat jarang mindset seperti ini memberikan banyak alasan sebagai cara untuk menghindar, namun selalu berusaha menjadi pemimpin yang baik untuk dirinya sendiri.

Ketika mengalami kegagalan biasanya seseorang akan menjadikannya sebagai pelajaran terbesar untuk tumbuh lebih baik serta menemukan berbagai inovasi baru. Sehingga hasilnya dapat terus menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

2. Pengertian fixed mindset

Mengenal Mindset

Fixed mindset adalah bentuk pemikiran yang berbanding terbalik dengan growth mindset. Karena bertolak belakang, fixed mindset bisa diartikan sebagai pola pikir yang tidak menerima segala pemikiran baru atau menutup dirinya dari keterbukaan informasi. Alhasil seseorang yang memiliki mindset akan sulit untuk berubah, bahkan hanya sekedar belajar maupun mencari pengalaman sekalipun.

  • Karakteristik fixed mindset

Kebanyakan orang dengan fixed mindset relatif lebih menyikapi sesuatu dengan pandangan negatif. Mereka tidak suka tantangan dan menganggap segala sesuatu yang dilakukan hanya akan sia-sia. Ketika melihat orang yang sukses mereka akan menjadikannya sebagai bentuk ancaman bukan dorongan untuk menjadi lebih baik. Dalam ranah tim atau keikutsertaan dalam suatu komunitas tertentu, mereka tidak akan mampu berkontribusi sebagaimana mestinya.

Fixed mindset cenderung dimiliki seseorang yang idealis dan sulit menerima tanggapan orang lain. Alhasil mereka akan menganggap dirinya paling benar. Meskipun dapat mencapai keberhasilan, mereka tidak akan mampu mencapai titik kesuksesan dan akan sangat sulit untuk mengalahkan pesaing akibat ketakutan untuk mengambil berbagai langkah terutama ketika melihat ada tantangan di depannya.

Yang lebih parah ketika seseorang memiliki fixed mindset yaitu selalu merasa cukup dan tidak perlu melakukan perubahan. Hal ini tentu membuat seseorang kurang produktif, sehingga kehidupannya tidak mengalami perkembangan secara signifikan dari waktu ke waktu.

Dari pemaparan mengenal mindset di atas dapat disimpulkan bawa growth mindset dan fixed mindset memiliki prinsip yang berbeda. Kamu bisa mendefinisikan dirimu sendiri apakah termasuk orang yang memiliki growth mindset atau justru fixed mindset. Kamu bisa memastikannya melalui perilaku serta pola pikir yang kamu miliki.

BACA JUGA:

7 Langkah Praktis Membangun Bisnis Sampingan Bagi Ibu Rumah Tangga

6 Cara Melakukan Personal Branding Yang Efektif di Era Digital

7 Kebiasaan Orang Sukses yang Bisa Kamu Ikuti Mulai Sekarang Juga

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts