Manfaat Sedekah Bulan Ramadhan

5 Manfaat Sedekah Yang Bisa Kamu Rasakan Saat Bulan Ramadhan

Kedatangan bulan Ramadhan tentunya memberikan hikmah tersendiri bagi seluruh kaum muslimin di dunia. Bagaimana tidak datangnya bulan suci ini menawarkan berbagai macam pahala pengampunan yang didapatkan oleh setiap muslim. Pahala yang ada di bulan Ramadhan ini begitu banyak dan dapat membuat manusia merasa bersih kembali setelah hari kemenangan. 

Didalam bulan Ramadhan setiap orang seyogyanya harus memperhatikan setiap dosa yang telah diperbuat pada bulan-bulan sebelumnya. Dengan adanya bulan pengampunan yang bernama Ramadhan hendaknya umat Islam berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan. Ibadah yang dilakukan bukan hanya dilakukan oleh manusia saja atau lebih dikenal habluminannas.

Sedangkan kita juga harus beribadah kepada Allah atau habluminallah untuk dapat terus meraih pahala di akhirat kelak. Hubungan sesama manusia harus dilakukan agar bernilai dimata Allah. Salah satunya adalah dengan cara bersedekah. Sedekah merupakan sebuah amalan yang dilakukan oleh setiap muslim untuk membantu sesama muslim lainnya. 

Selama bulan Ramadhan seperti diketahui kita akan dilipatgandakan saat Ramadhan. Pahala yang didapat tidak tanggung-tanggung. Bahkan Allah akan memberikan surga bagi setiap hamba-nya yang mau bersedekah pada bulan Ramadhan. Saat di bulan Ramadhan sendiri semua ibadah akan diberikan pahala yang sangat luar biasa

Untuk itu bersedekah menjadi salah satu ibadah yang mendapatkan manfaat bagi kehidupan. Lalu, apa sajakah manfaat yang didapat dengan kita bersedekah?

BACA JUGA: Sambut Ramadan, Tamasia Luncurkan Koin Emas Dinar Al-Haramain Series

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

1. Bersedekah saat bulan Ramadhan akan melipatgandakan pahala mu

Manfaat Sedekah Bulan Ramadhan

Bersedekah merupakan sesuatu hal yang bisa dilakukan kapan saja. Namun, saat bulan Ramadhan bersedekah tentunya mempunyai jumlah pahala yang besar. Hanya saat bulan Ramadhan saja bersedekah semua pahala dilipatgandakan begitu saja. Termasuk bersedekah merupakan ibadah yang mendapatkan pahala yang bisa dilipatgandakan. Sedekah saat bulan ramadhan sekaligus menyempurnakan ibadah. Tidak mungkin kita bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda jika tidak melakukan ibadah lainnya. Hal ini dijelaskan didalam Al-Qur’an sebagai berikut;

“Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keridhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar.” (QS. An Nisaa’ : 114)

“Katakanlah; ‘Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rizki pada siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba-Nya, dan Allah menyempitkan rizki pada orang yang dikehendaki-Nya. Dan apapun yang kamu infakkan atas rizki yang diberikan Allah, maka Allah menggantinya kembali dan Allah-lah sebaik-baik pemberi rezeki.” (QS. Saba : 39)

2. Tidak hanya pahala, kamu akan belajar untuk menambah empati dengan bersedekah

Ketika bulan puasa umat muslim diajarkan oleh Allah untuk selalu membiasakan empati kepada semua manusia lainnya. Untuk itu sebagai seorang manusia ketika menjalankan ibadah puasa dengan menahan hawa nafsu maka kita dilatih untuk berempati kepada sesama. Rasa haus dan lapar tidak akan didapatkan jika saat dalam kondisi sangat kenyang. Bila sedang merasakan lapar maupun haus disaat itulah kondisi sedang berempati kepada semua orang terutama bagi yang muslim.

Barang siapa yang mencukupi kebutuhan saudarnya, niscaya allah akan memenuhi kebutuhannya, dan barang siapa yang melepaskan satu kesusahan yang dialami oleh seorang muslim, maka allah akan meng-hindarkannya dari satu kesusahan di hari kiamat.”(H.R. muslim)

3. Sedekah membuat hati lebih tenang dan damai

Manfaat sedekah bulan Ramadhan

Bersedekah itu tidak hanya berbicara untuk orang lain karena dengan sedekah justru memberikan keuntungan untuk diri sendiri yang paling merasakan manfaatnya. Ketika kamu bersedekah maka kamu akan mendapatkan ketenangan hati dan jiwa yang lebih damai. Ketenangan itu akan datang dengan sendirinya apalagi bisa membantu untuk orang lain yang sedang membutuhkan. Nggak percaya? Coba deh mulai segera

Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Rabbnya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al-Baqarah: 274)

4. Suka berlebihan dalam menggunakan uang? Kamu harus mulai bersedekah agar tidak mubazir

Manfaat sedekah bulan Ramadhan

Bersedekah merupakan kontrol diri untuk dapat membelanjakan semua kebutuhan sesuai dengan uang yang kamu miliki. Dengan bersedekah kamu juga diajarkan oleh Allah untuk tidak melakukan sesuatu kegiatan yang dianggap konsumtif dan menghambur-hamburkan uang. Pada dasarnya seorang manusia tidak boleh bertindak dan berperilaku secara berlebih-lebihan terhadap sesuatu hal. Untuk itu, adanya sedekah adalah menahan diri agar umat muslim tidak banyak berbelanja hanya untuk kepentingan diri sendiri, melainkan ada kepekaan sosial.

Wahai Rasulullah, sedekah yang mana yang lebih besar pahalanya?” Beliau menjawab, “Engkau bersedekah pada saat kamu masih sehat, saat kamu takut menjadi fakir, dan saat kamu berangan-angan menjadi kaya. Dan janganlah engkau menunda-nunda sedekah itu, hingga apabila nyawamu telah sampai di tenggorokan, kamu baru berkata, “Untuk si fulan sekian dan untuk fulan sekian, dan harta itu sudah menjadi hak si fulan” (Muttafaqun ‘alaih. HR. Bukhari no. 1419 dan Muslim no. 1032)

5. Siapa bilang sedekah membuat harta berkurang? Dengan bersedekah maka rezeki  semakin lancar

Sebagai seorang muslim maka diwajibkan untuk selalu berbagi kepada muslim yang lainnya. Maka dari itu dengan berbagi kepada sesama tentunya akan bermanfaat secara tidak langsung bagi diri sendiri. Seperti halnya kita akan mendapatkan rezeki yang lancar saat kita bersedekah. Allah maha tahu tentang perbuatan hamba-nya yang mau berbagi kepada sesama dan memberikan sebagian hartanya kepada sesama manusia.

Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39)

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat bersedekah bagi setiap umat Islam diseluruh dunia. Dengan bersedekah tentu saja akan mendapatkan manfaat yang banyak apalagi di saat bulan Ramadhan.

Buat kamu yang ingin bersedekah, Tamasia saat ini memiliki program Tamasia Berbagi yang dimana kamu dapat bersedekah dengan cara transfer emas yang kamu miliki. Program ini membantu tenaga medis untuk melawan virus covid-19 dengan menyediakan APD (Alat Pelindung Diri), makanan, vitamin untuk tenaga medis dan perawat. Info detailnya bisa kamu cek disini.

——-

BACA JUGA:

4 Kisah Sahabat Nabi Muhammad SAW Yang Patut Dipelajari

3 Tokoh Inspiratif Dunia Ini Mengajarkan Untuk Pantang Menyerah Mengejar Impian

4 Manfaat Kurma Ini Dapat Meningkatkan Kesehatan Tubuh

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts