Bisnis Online Facebook

7 Tips Sukses Memulai Bisnis Online Menggunakan Facebook

Facebook selain menjadi sosial media terpopuler juga merupakan pasar yang potensial untuk menjalankan bisnis online. Hal ini dikarenakan Facebook memiliki jumlah pengguna aktif terbanyak dari seluruh sosial media yang ada. Sehingga dipastikan mampu memberikan keuntungan terlebih ketika memanfaatkan Facebook sebagai media untuk berbisnis.

Adapun berikut ini tips memulai bisnis dengan Facebook yang dapat kamu coba.

BACA JUGA: Modus Penipuan SIM Swap, Pencurian Data Pribadi Menggunakan SIM Card

1. Buat akun fanspage untuk bisnis onlinemu

Sumber: https://zero.intikali.org/

Pertama kali memulai bisnis online via Facebook adalah membangun fanspage sebagai profil bisnis. Dengan memanfaatkan fitur Facebook yang satu ini kamu dapat memaksimalkan pengelolaan bisnis online terutama strategi pemasaran.

Fanspage memberikan fitur lengkap untuk kemajuan bisnismu. Pengadaan fanspage di Facebook dapat dilakukan dengan cara berlangganan fanspage premium maupun versi gratis. Jika menggunakan fanspage berbayar kamu akan memperoleh fasilitas periklanan yang mampu meningkatkan reputasi bisnis di Facebook.

2. Gabung dengan banyak group Facebook

Grup Facebook merupakan pilihan alternatif untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Apa itu bisnis yang bergerak di bidang perdagangan maupun penyediaan jasa, kamu bisa memanfaatkan group sebagai salah satu strategi pemasaran gratis namun sangat potensial.

Perbanyaklah relasi di dalam grup supaya bisnis kamu cepat dikenal oleh para pengguna. Tidak hanya terbatas pada group jual beli atau grub yang relevan dengan bidang bisnismu, kamu dapat tergabung dengan group apapun yang memiliki ribuan anggota aktif.

3. Buat poster yang menarik

Secara umum para pengguna Facebook akan tertarik dengan poster yang memberikan informasi secara ringkas namun menyeluruh. Dalam hal ini poster memuat informasi yang menjual dan dapat memikat ketertarikan pasar.

Baik melakukan promosi di fanspage maupun group Facebook, poster menjadi media yang sangat penting untuk mengenalkan bisnismu ke publik. Sehingga dalam pembuatannya poster harus menarik dan bersifat menjual.

4. Unggah foto produk terbaik

Mengunggah poster saja tidak cukup untuk menarik pasar yang telah kamu target. Untuk melengkapi postingan supaya publik dapat melihat produk bisnismu maka penting untuk menyertakan foto produk terbaik.

Ambil foto dari background yang menarik serta mampu meyakinkan calon konsumen. Bila perlu berikan filter supaya foto terlihat memiliki kualitas yang baik dan layak untuk dipertimbangkan publik. Minimalisirlah penggunaan foto dari pihak ketiga agar reputasi bisnismu tidak menurun untuk jangka waktu yang panjang.

5. Berikan deskripsi informatif

Selebihnya deskripsi menjadi bagian yang tak kalah penting karena poster belum tentu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh publik, sehingga dalam pembuatan deskripsi harus mampu menjawab semua pertanyaan dari target pasar.

Adapun deskripsi informatif yang dimaksud memuat spesifikasi, kelebihan dan kekurangan, tarif atau harga, manfaat, perbedaan dari merek lain, dan sebagainya

6. Sertakan testimoni dari pelanggan

Jika kamu telah memiliki pelanggan sebelumnya, ambillah beberapa feedback atau tanggapan positif yang disampaikan oleh pelanggan. Posting testimoni tersebut dalam bentuk gambar capture setiap kali kamu melakukan pemasaran.

Jika memungkinkan tampilkan profil pelanggan yang memberikan feedback tersebut. Dengan demikian publik dapat memastikan bahwa bisnis kamu memiliki reputasi yang baik dimata pelanggan.

7. Aktif bersosmed dan edukatif

Bisnis Online Facebook

Tips yang terakhir adalah aktif bersosial media dengan cara sering melakukan interaksi di forum publik. Carilah permasalahan publik di grup yang sejalan dengan bisnismu kemudian berikan edukasi. Edukasi tersebut dapat berupa informasi yang memberikan solusi serta mengarah pada penawaran bidang bisnismu.

Demikian 7 tips memulai bisnis online di Facebook yang dapat kamu aplikasikan. Praktikan ke-7 tips diatas untuk semua bisnis online yang kamu miliki di Facebook, terlebih bagi kamu yang baru saja membuka bisnis online dan ingin segera mengembangkannya.

BACA JUGA:

5 Manfaat Punya Bisnis Sampingan Saat Status Kamu Masih Menjadi Karyawan

Bingung Memilih Financial Planner? Simak 6 Tips Ini Terlebih Dahulu

7 Alasan Kenapa Sering Gagal Memulai Bisnis Bagi Pemula

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts