Alasan Gagal Memulai Bisnis

7 Alasan Kenapa Sering Gagal Memulai Bisnis Bagi Pemula

Membangun bisnis kini bisa dilakukan oleh hampir semua orang di era digital seperti saat ini. Melalui berbagai cara bisa dilakukan untuk memulai bisnis hingga mencapai titik kesuksesan. Sayangnya masih minim para pegiat bisnis pemula yang dapat mencapai kesuksesan tersebut akibat beberapa alasan penyebab saat memulai bisnis yang mendasarinya.

Adapun berikut ini bebeberapa alasan yang secara khusus menyebabkan gagal dalam memulai bisnis.

BACA JUGA: 7 Langkah Praktis Membangun Bisnis Sampingan Bagi Ibu Rumah Tangga

1. Tidak adanya manajemen yang terstruktur

Alasan Gagal Memulai Bisnis

Setiap bisnis apapun tentu membutuhkan sistem manajemen yang baik supaya bisnis dapat berjalan sebagaimana perencanaannya. Sayangnya tidak sedikit penerapan manajemen yang belum terstruktur sehingga potensi kegagalan sangat besar. Manajemen yang dimaksud adalah menjalankan bisnis dengan terukur serta sistematis yang meliputi keuangan, sumber daya, kebijakan, dan sebagainya.

2. Minimnya strategi pemasaran yang tepat

Alasan Gagal Memulai Bisnis

Kegagalan bisnis juga disebabkan oleh ketidaktepatan dalam menerapkan strategi pemasaran. Baik bisnis di bidang jasa maupun perdagangan, pemasaran sangat diperlukan untuk dapat menjangkau konsumen. Jika strategi yang diterapkan kurang maksimal atau bahkan tidak tepat, tentu saja akan berdampak pada kegagalan dalam menjalankan roda bisnis selama kurun waktu tertentu. Sehingga perlu dilakukan pembaharuan agar tidak berimbas untuk skala waktu yang panjang.

3. Penentuan target tidak sesuai proporsi

Alasan Gagal Memulai Bisnis

Target menjadi sesuatu yang wajib ada dalam sebuah bisnis. Idealnya penentuan target sangat disarankan agar sesuai proporsi yang relevan. Proporsi digunakan untuk meninjau seberapa besar potensi yang bisa dicapai dengan kemampuan yang dimiliki. Dalam menentukan target harus dilakukan juga penyesuaian terhadap proporsionalitas agar prosesnya dapat berjalan secara maksimal sekaligus menghindari kesalahan internal.

4. Langsung memikirkan penghasilan

Alasan Gagal Memulai Bisnis

Beberapa orang tidak jarang yang berpikir tentang penghasilan ketika belum selesai mengembangkan bisnisnya. Meskipun sebenarnya dapat mendorong progres agar lebih maksimal, namun memikirkan penghasilan secara instan justru hanya akan membuat seseorang tidak fokus, terlebih ketika perkembangan bisnisnya belum memberikan sinyal keuntungan sebagaimana yang ditarget.

5. Kurang memperhitungkan kapasitas diri

Alasan Gagal Memulai Bisnis

Seseorang memiliki kesempatan yang sama untuk memulai bisnis di bidang apapun, namun dengan catatan bisnis yang mereka bangun sesuai dengan kapasitas yang dimilikinya. Tidak sedikit seseorang memulai bisnis secara berlebihan tanpa melihat kemampuan atau pengalamannya, alhasil bisnis yang mereka bangun sulit untuk mendapatkan tempat hingga pada akhirnya mengalami kegagalan.

6. Ketidakmampuan membaca peluang

Masalah ini sering dialami oleh kebanyakan orang yang gagal membangun bisnis. Minimnya kemampuan melakukan riset terhadap peluang membuat mereka sulit membuat rencana dan strategi yang efektif terhadap prospek bisnisnya. Adanya peluang memberikan preferensi yang bisa digunakan sebagai landasan dalam mengatur bisnis dari awal hingga pencapaian target.

7. Takut akan kemungkinan adanya resiko

Alasan Gagal Memulai Bisnis

Apapun bisnis yang dibangun tentu akan ada beberapa resiko yang mengikutinya. Salah satu penyebab kegagalan yang paling sering dialami oleh kalangan pebisnis adalah keengganannya dalam mengambil risiko. Padahal, memilih menghindar atau menutupi risiko justru hanya akan membatasi peluang yang ada. Hal ini tak lain dikarenakan keberadaan peluang selalu dibarengi risiko.

Demikian 7 alasan penyebab gagal dalam memulai bisnis . Supaya dapat membuahkan hasil maksimal di saat pertama kali bisnis dibangun, tentu dapat dilakukan dengan cara meminimalisir atau bahkan mencegah samua penyebab di atas.

BACA JUGA:

6 Tantangan yang Harus Dihadapi Dalam Menjalankan Bisnis

7 Cara Membuat Business Plan yang Tepat dan Terarah

5 Kelebihan dan Kekurangan Menjadi Dropshipper dan Reseller

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts