5 Hal Harus Kamu Lakukan Sebelum Umur 30, Biar Tidak Ada Penyesalan Yang Terjadi Kemudian Hari

Buat kamu para milenial yang berumur 20 an, sebagian besar pasti mulai merasakan bagaimana proses untuk menentukan jalan dan pilihan hidup masing-masing. Pada seusia ini sebagian dari milenial mulai mendapatkan kebebasan untuk mengeksplorasi diri.

Mulai mencari jati diri dengan mencari passion, mencari pekerjaan sesuai minat, terus eksplor bakat dan terus berusaha mewujudkan impiannya masing-masing. Di masyarakat, umur 30 identik dengan umur yang sudah “mapan” dan menjalani fase kehidupan baru yang harus dilalui.

Nah, buat kamu yang masih umur 20an ada beberapa hal yang harus dilakukan sekarang tanpa menunda-nunda agar tidak menyesal diumur 30 an. Simak artikel ini ya.

BACA JUGA: 3 Jenis Profil Risiko yang Wajib Kamu Pahami Sebelum Berinvestasi

1.  Cari Teman Sejati yang Akan Terus Menamimu di Segala Kondisi Apapun

Sebagian umur 25 an sudah mulai merasa teman-teman yang akrab dulunya mulai pada berubah dengan seiringnya kesibukan masing-masing. Dengan semakin sedikit teman-teman yang masih setia menemani segala aktifitas yang kita miliki . Mulailah segera mencari teman-teman sejati yang mau menerima segala kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki.

Sebelum memasuki usia 30 memang sangat penting punya teman-teman yang menjadi “support system” dalam hal apapun tanpa pernah meninggalkan mu ketika terpuruk dan gigih mendukung setiap masalah yang menghadangmu.

Teman-teman sejati sangat penting untuk dipertahankan karena semakin bertambahnya umur maka lingkaran pertemanan akan semakin mengecil dan mulai terjadi seleksi alam siapa saja yang benar-benar bisa terus membantumu sampai tua nanti.

2. Mencoba Bepergian ke Tempat Baru yang Belum Pernah Kamu Kunjungi

Umur-umur 20 an masih identik dengan memiliki waktu luang yang banyak. Isi lah waktu luangmu untuk mencoba bepergian ke tempat baru. Ketika kamu sudah berumur 30 an maka waktu akan semakin sedikit untuk dapat dimanfaatkan bepergian kemana-mana sambil mencari pengalaman baru.

Pergilah ke tempat yang jauh dan baru maka akan dapat memperluas sudut pandangmu tentang keindahan dan keragaman budaya di setiap tempat yang kamu kunjungi. Coba setiap tahun kamu mulai menyisihkan uang untuk bekal mencoba petualangan baru. Tidak harus ke luar neger tapi bisa kamu manfaatkan dengan bepergian ke luar pulau.

Mulailah dengan menabung dan berhemat untuk mencari pengalaman baru. Ada banyak cara untuk menyiapkan budget uang untuk liburan. Jangan sia-siakan masa muda mu hanya diam dan tidak berani mencari pengalaman baru. Kalau bisa sekarang, kenapa nanti?

3. Sudah Punya Passion? Gabungkan dengan Mencari Pekerjaanmu

Apakah kamu sudah mengetahui passion yang kamu miliki? Jika sudah mulailah mencari pekerjaan penuh waktu yang berkaitan dengan passionmu. Agar ketika kamu benar-benar menikmati setiap proses yang ada. Menghadapi masalah, membuat keputusan hingga menjalankan realisisanya agar tidak merasa terbeban.

Gunakan waktu umur 20 an mu untuk terus mencari passion dan melakukan masa percobaan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan passionmu. Ketika sudah berusia 30 maka kamu akan merasa puas akan hasil pencarian pekerjaan dambaanmu yang akan kamu jalankan setiap harinya.

Uang bisa menjadi alternatif untuk mencari pekerjaan tapi jangan lupa ya alangkah lebih baiknya bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan keinginan dan harapanmu kedepannya agar semakin maksimal untuk terus bekerja tanpa susah payah terus berpindah-pindah menjadi kutu loncat.

4. Biar Tidak Semakin Boros, Berlatihlah untuk Terus Menabung Sejak Dini

Pengeluaran yang terus menerus dengan tidak diikuti dengan masukan akan bisa membawamu bangkrut. Mulailah belajar untuk menabung sejak dini karena harus siaga setiap saat jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Secara finansial dan punya pegangan uang sudah wajib kamu pahami sejak umur 20 an apalagi jika kamu sudah dapat berpenghasilan sendiri.

Sebelum umur 30 teruslah sisihkan uangmu untuk ditabung agar dapat menjadi simpanan jangka panjang agar tidak membuatmu boros. Untuk saat ini kamu dapat menyimpan uang mu melalui tabungan emas dengan menggunakan aplikasi seperti Tamasia yang bisa menabung dari 10 ribu rupiah.

Tabungan ini dapat kamu gunakan untuk banyak hal seperti uang menikah, uang liburan dan lainnya. Yang penting gunakan uang tersebut untu hal-hal yang baik tanpa membuatmu juga kesusahan.

5. Kuatkan Mentalmu untuk Menghadapi Kegagalan Berulang Kali

Belajarlah untuk menguatkan mentalmu. Mental sangat penting untuk menghadapi setiap persoalan yang menghadang dihidupmu. Mulailah jujur dengan diri sendiri walaupun mulai merasa lemah dan tidak kuat. Jika kamu sedih, biarkan dirimu menerima kesedihan tersebut sampai merasa cukup.

Tapi jangan sampai berlarut-larut. Terus lah bangkit jika mengalami kegagalan-kegagalan yang sedang kamu hadapi saat ini. Kamu harus ingat tidak ada orang didunia ini yang tidak merasakan kegagalan. Kuatkan mentalmu  maka kamu akan segera bangkit dan harus menghadapinya segera tanpa terus berputus asa.

Latih terus mentalmu ketika usia 20 an maka ketika masuk umur 30 an kamu akan menjadi pribadi yang kuat dan tahan banting. Mental yang kuat akan menghantarkanmu untuk segera mencapai kesuksesan.

Selamat berproses menuju umur 30 tahun, semoga terus menjadi pribadi yang hebat dan tangguh.

——-

BACA JUGA:

4 Pertanda Masalah dalam Mengelola Gaji Bulanan yang Sering Terjadi

Mau Kasih Warisan Emas Batangan? Coba Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Awas! Jangan Tertipu Investasi Bodong Kampung Kurma, Cegah dengan 3 Cara Ini

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts