Mau Kasih Warisan Emas Batangan? Coba Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Menyiapkan sejumlah warisan bagi orang-orang memang menjadi pertimbangan sendiri mengingat umur yang semakin menua. Apalagi jika sudah memiliki kemampuan finansial yang baik dan meraih financial freedom.

Mewariskan sebagian harta memang berguna untuk orang-orang tercinta dan bisa untuk siapapun. Jika berbicara mengenai warisan ada banyak asset yang bisa digunakan seperti uang tunai, tanah, emas batangan, properti dan lainnya. Salah satu asset yang banyak diwariskan adalah emas batangan dan properti..

Dibandingkan dengan asset yang lain, emas tentu saja memiliki keuntungan yang lebih unggul tetapi memiliki kelemahan juga. Apa saja itu?

Kelebihan dan Kekurangan Emas.

1. Emas Sangat Likuid

Likuid apa yang dimaksud? Bahwa emas memiliki sifat yang mudah dan cepat untuk dicairkan dalam bentuk uang. Berbeda dengan properti atau asset-asset lainnya. Emas lebih cepat untuk mudah dijual dan dapat dibeli oleh semua kalangan masyarakat kapanpun dan dimanapun tanpa ada batasan wilayah dan keterbatasan dalam menjualnya.

Sifatnya yang sangat likuid ini akan membuat ahli waris dapat menjual emas yang dimiliki kapanpun jika ingin membutuhkan tanpa harus khawatir untuk waktu kapan yang tepat untuk menjualnya. Dalam segala kondisi emas batangan sangat likuid dan menjadi keuntungan paling utama dari emas serta harga emas dalam kondisi jangka panjang mengalami kenaikan.

2.  Tidak perlu proses pindah nama

Selain sifatnya yang likuid, emas juga sangat cocok sebagai warisan dikarenakan bebas dari biaya pemeliharaan seperti properti yang selalu ada biaya perawatannya berkala. Ahli waris akan merasa mudah untuk menyimpan emas dikarenakan tidak membutuhkan biaya seperti balik nama.

Biaya tersebut bisa dapat membuat kesusahan ahli waris di kemudian hari apalagi biaya pindah nama tidaklah murah. Tentu saja ini dapat menjadi keunggulan emas batangan dan sangat perlu kamu perhitungkan untuk kedepannya karena tidak perlu direpotkan oleh proses pindah nama.

3. Butuh tempat penyimpanan yang sangat aman

Salah satu kekurangan emas adalah membutuhkan tempat penyimpanan yang sangat aman. Dengan emas batangan yang tidak memiliki nama pemilik pada sertifikatnya akan membuat emas menjadi rawan berpindah tangan tanpa bukti yang sah.

Apalagi emas batangan berwujud yang harus diamankan dengan tempat yang lebih aman apalagi hanya menyimpan dirumah yang rawan untuk dibobol oleh pencuri. Perlu tempat khusus untuk menyimpan warisan jenis ini. Agar lebih aman bisa menggunakan Safe Deposit Box yang ada di bank tetapi membutuhkan biaya pada akhirnya.

4. Harga Emas yang Naik Turun

Kekurangan emas salah satunya adalah pada harganya yang terus mengalami kenaikan dan penurunan setiap hari. Dalam jangka pendek fluktuasi harga emas batangan ini tidak terlalu banyak mengalami kenaikan yang cukup siginifikan. Tetapi dalam jangka panjang emas mengalami kenaikan dan lebih aman daripada asset lainnya.

Fluktuatifnya harga emas kerap banyak orang yang enggan membeli emas karena selalu ingin cepat untung dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Walaupun tidak menjadi asset yang paling cepat memberikan keuntungan, emas tetap menjadi favorit semua kalangan masyarakat karena selain mudah harga emas masih terjangkau hingga saat ini.

Apapun harta warisan yang kamu punya atau persiapkan kelak untuk anak cucu maka harus perhatikan bagaimana memberikan keuntungan untuk ahli waris. Jangan sampai membebani ahli waris ketika mendapatkan warisan.

Dari penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa emas memiliki keuntungan dan resiko yang harus dihadapi dan jadi bahan pertimbangan. Persiapkan warisan terbaik sesuai dengan budget yang kamu miliki.

——-

BACA JUGA:

Diawasi BAPPEBTI Kini Investasi Emas Digital di Tamasia Semakin Aman

3 Kebiasaan Ini Akan Membuat Pengeluaran Semakin Membengkak, Jangan Dibiasakan Ya!

Bingung Mempersiapkan Mahar Pernikahan? Emas Batangan Dapat Menjadi Pilihan

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android dan iOS!

Facebook Comments

Share your thoughts