Trik Sederhana Belanja Bulanan

7 Trik Sederhana Belanja Bulanan Ini Akan Mengontrol Keuanganmu dengan Baik

Setiap orang tentu memiliki ragam kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulannya, baik kebutuhan primer maupun sekunder. Oleh karenanya budget sangat menentukan intensitas belanja setiap bulan. Orang yang memiliki dana lebih, maka akan memiliki kecenderungan untuk belanja banyak. Berbeda dengan orang yang hanya memiliki dana terbatas, maka harus mengatur belanja sehemat mungkin agar budgetnya mencukupi kebutuhan satu bulan. Bagi kamu yang memerlukan trik supaya pengelolaan belanja dapat terkontrol dengan baik, berikut trik sederhana belanja bulanan yang bisa kamu terapkan.

BACA JUGA: 7 Kebiasaan Orang Sukses yang Bisa Kamu Ikuti Mulai Sekarang Juga

1. Membuat Rancangan Anggaran Bulanan

Trik Sederhana Belanja Bulanan

Trik belanja bulanan yang pertama adalah dengan membuat rancangan belanja setiap bulan. Kamu bisa membagi-bagi dana yang ada untuk semua kebutuhan selama sebulan. Catatan ini menjadi panduanmu untuk mengatur segala pengeluaran belanja agar tidak terjadi pemborosan. Sehingga kamu akan lebih mudah untuk mengkontrol antara keuangan dan kebutuhan belanja.

2. Utamakan Kebutuhan Disamping Keinginan

Trik Sederhana Belanja Bulanan
Sumber: https://panduanbo.com/

Dengan dana yang kamu punya selama sebulan, utamakan untuk fokus pada kebutuhan yang paling vital, seperti biaya sewa apartemen, cicilan rumah, biaya pendidikan, listrik, air, transportasi, dan sebagainya. Jika semua kebutuhanmu telah terpenuhi, baru kamu bisa membelanjakan sesuai keinginan jika dana masih tersisa.

3. Prioritaskan harga barang yang lebih murah agar lebih hemat

Trik Sederhana Belanja Bulanan

Meskipun setiap kualitas ditentukan oleh harganya, bukan berarti kamu harus membeli barang murahan untuk berhemat. Hindari kecanduan pada barang bermerk, karena banyak barang yang memiliki kualitas yang sama namun harganya berbeda akibat merk. Cukup dengan memprioritaskan kualitas disamping harga yang irit meskipun tidak memiliki merk yang bagus.

4. Belanja di Pasar Tradisional

Sumber: https://koran.tempo.co/

Kalau kebiasaanmu berbelanja di minimarket atau sejenisnya, mulai bulan ini cobalah untuk berbelanja di pasar tradisional. Selain lebih murah, pasar juga menjadi tempat dimana beberapa kebutuhan bisa Kamu dapat dengan harga nego. Tak perlu khawatir dengan kualitas, beberapa produk di pasar juga banyak yang dijual di minimarket. Artinya kamu bisa mendapatkan barang yang serupa di minimarket dengan harga murah jika membelinya di pasar tradisional.

5. Belanja untuk Beberapa Hari Sekaligus

Sumber: https://economy.okezone.com/

Daripada kamu harus repot bolak-balik untuk membeli barang kebutuhan setiap hari, lebih baik kamu berbelanja untuk beberapa hari sekaligus. Tentunya kamu akan memperoleh harga murah jika belanja dengan jumlah yang banyak. Kebutuhan pokok seperti nasi bisa sekali beli untuk satu bulan, bumbu untuk satu minggu, lauk dan sayuran untuk 3 harian, serta lain sebagainya.

6. Minimalisir Penggunaan Kartu Kredit

Setiap kali mengeluarkan uang untuk berbelanja, sangat disarankan agar kamu tidak menggunakan kartu kredit. Meskipun telah memiliki panduan belanja, biasanya kartu kredit akan menggiurkan bagi kita untuk berbelanja banyak barang kebutuhan. Bisa jadi kartu kredit nanti akan mendorongmu untuk berbelanja lebih dan diluar catatan anggaran bulanan.

7. Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Meskipun sebelumnya kamu telah membuat rancangan anggaran bulanan, kamu tetap harus mencatat segala pengeluaran setiap kali belanja. Karena setiap barang yang Kamu belanjakan besar kemungkinan akan memiliki nominal yang berbeda, bisa kurang atau bahkan melebihi anggaran yang seharusnya. Catatan ini dimaksudkan supaya kamu dapat memanajemen keuangan dan belanja dengan baik, sekaligus memastikan budget mencukupi untuk kebutuhan satu bulan ke depan.

Demikian 7 trik sederhana belanja bulanan yang bisa kamu terapkan untuk mengatur keuanganmu selama satu bulan. Trik sederhana di atas sangat penting jika kamu tidak memiliki budget lebih atau tidak ingin boros dalam membelanjakan uang.

——-

BACA JUGA:

7 Macam Gaya Hidup Ini Bikin Boros Uang Bulananmu

7 Cara Menghemat Gaji UMR Bagi Karyawan Agar Kebutuhan Tercukupi

Merasa Gaji Cepat Habis? Mungkin 3 Hal Ini Sering Kamu Lakukan 

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts