Cara Menghemat Gaji Umr

7 Cara Menghemat Gaji UMR bagi Karyawan Agar Kebutuhan Tercukupi

Bagi sebagian orang, gaji yang berkisar UMR memang belum terasa begitu mencukupi semua keinginan dan kebutuhan. Untuk mencukupi kebutuhan keluarga dengan modal gaji UMR saja, tentu kamu harus memikirkannya secara matang dan mulai berpikir bagaimana cara agar tetap dapat menghemat gaji.

Besaran UMR pada dasarnya ditentukan oleh biaya hidup di kota setempat. Semakin tinggi UMR, maka semakin tinggi pula biaya hidup di kota tersebut. Selama gaji yang diperoleh hanya sebatas UMR, tentu kamu harus pandai dalam membagi anggaran keuangan. Agar kebutuhan rumah tangga Anda bisa tercukupi, pastikan kamu mengetahui cara menghemat uang yang baik dengan beberapa tips berikut ini.

BACA JUGA: 7 Risiko Pinjaman Online Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Meminjam Uang

1. Menyusun rancangan anggaran keuangan

Cara Menghemat Gaji Umr

Rancangan anggaran bisa membantumu dalam memanajemen pembiyaan selama kurun waktu tertentu. Kamu bisa memonitor untuk apa saja uang seharusnya dikeluarkan.Buatlah rancangan anggaran keuangan secara detail. Rancangan ini ditujukan untuk pembiayaan kebutuhan sejak Anda menerima gaji bulan ini hingga penerimaan gaji pada bulan selanjutnya.

Agar lebih mudah kamu dapat menggunakan aplikasi mobile yang ada disini untuk mengatur rancangan anggaran bulanannmu. Buatlah daftar belanja untuk satu bulan Anda. Pastikan jumlah akumulatif dari total belanja Anda tidak melebihi jumlah gaji yang diperoleh.

2. Selektif dalam membelanjakan uang

Cara Menghemat Gaji Umr

Belanjakan uang untuk membeli sesuatu yang memang tidak kamu miliki sebelumnya, sedang di saat yang sama kamu benar-benar membutuhkannya. Jika niat kamu hanya untuk memperbarui sesuatu, mungkin lebih baik ditunda. Selagi masih ada sesuatu yang bisa dimanfaatkan walaupun bekas, kenapa tidak?

3. Memprioritaskan kebutuhan di samping keinginan

Cara Menghemat Gaji Umr

Setelah rancangan anggaran dibuat, bedakan mana yang termasuk kebutuhan dan keinginan. Hal ini bertujuan untuk memudahkanmu dalam pengendalian belanja, juga untuk meminimalisir terjadinya inflasi. Hitung terlebih dahulu total biaya untuk kebutuhan. Jika gajinya masih tersisa, baru kamu bisa membelanjakan sesuatu yang diinginkan. Apabila sisanya relatif kecil, lebih baik kamu simpan untuk membiayai sesuatu yang tak terduga.

4. Mengutamakan pembiayaan paling vital

Kamu mungkin sudah memikirkan rencana pembelanjaan ketika menerima gaji. Jika benar, prioritaskan sesuatu yang paling penting dan lebih bermanfaat untuk dibeli. Kamu bisa melihat rancangan yang telah dibuat dengan membandingkan apa saja yang lebih utama di bulan ini. Jika memang bukan barang jenis primer (vital), sebaiknya kamu dapat mengganti dengan opsi lainnya.

5. Membiasakan pola hidup yang sederhana

Mengingat gaji yang kamu miliki hanya setinggi UMR, sudah pasti kamu harus melakukan banyak penghematan di tengah-tengah banyaknya kebutuhan rumah tangga. Jika tidak sanggup untuk membiayai trend kekinian, lebih baik hidup tetap sederhana namun semua yang kamu butuhkan tercukupi. Sebab kehidupan mewah adalah bagian dari keinginan yang kuat pada diri sendiri. Kecenderungan ini bisa menyebabkan rancangan anggaran jadi inflasi.

6. Menyisihkan uang untuk tabungan

Menabung sangat penting untuk membiayai kebutuhan tak terduga di masa mendatang. Kamu tentu akan kesulitan jika harus menebak apa saja yang akan dibeli suatu saat nanti. Belum dengan jumlah biaya yang harus dikeluarkan. Dengan menabung, kamu dapat memiliki kesempatan untuk tidak bergantung pada gaji UMR secara terus menerus.

Melalui uang yang kamu kumpulkan, suatu saat dapat kamu gunakan untuk membeli sesuatu yang sekiranya tidak mampu dibeli dengan anggaran gaji. Untuk saat ini, kamu tidak hanya dapat menabung uang loh, tetapi juga bisa menabung emas hanya melalui aplikasi seperti Tamasia

7. Meluangkan waktu dengan membangun usaha sampingan

Daripada keseringan membuang-buang waktu luang di kala hari libur, lebih baik kamu manfaatkan untuk mencari usaha sampingan. Tidak masalah dengan hasil yang minim atau bahkan sama sekali tidak membuahkan hasil. Paling tidak kamu punya pengalaman dalam membangun usaha baru.

Usaha yang dibarengi dengan keseriusan suatu saat akan membuahkan hasil, bukan? Untuk itulah dengan usaha sampingan ini kamu bisa memperoleh penghasilan di luar gaji. Semua keinginan yang sebelumnya tidak dapat kamu beli bisa diperoleh dengan menggunakan uang hasil usaha.

Semoga beberapa tips diatas dapat memudahkan siapapun yang ingin memenuhi kebutuhan agar tercukupi. Berapapun penghasilan yang kamu miliki kamu tetap dapat memenuhi kebutuhan dengan menghemat gaji UMR melalui berbagai cara agar tetap bisa terpenuhi.

——-

BACA JUGA:

5 Rekomendasi Film Netflix Yang Seru Untuk Ditonton Saat Akhir Pekan

Dapat THR? 5 Cara Ini Akan Membantumu Mengelola THR dengan Bijak

8 Alasan Pentingnya Pendidikan Yang Sangat Berpengaruh Dalam Kehidupan

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts