Gaya Hidup Bikin Boros

7 Macam Gaya Hidup Ini Bikin Boros Uang Bulananmu

Setiap orang memiliki karakteristik gaya hidup yang berbeda-beda, termasuk dalam mengelola keuangan setiap bulannya. Beberapa gaya hidup bahkan hampir seluruhnya mempengaruhi kondisi keuangan setiap individu.  Dari sekian banyak perilaku yang menggambarkan gaya hidup, ada beberapa di antaranya yang bikin penggunaan uang jadi boros. 

Apakah kamu salah satu orang yang memiliki gaya hidup di bawah ini?

BACA JUGA: Begini Cara Mengelola Gaji 6 Juta Per Bulan di Jakarta Agar Kamu Tetap Bisa Menabung

1. Kecanduan Kartu Kredit

Gaya Hidup Bikin Boros

Kartu kredit memang memberikan kemudahan untuk membeli apapun yang kita inginkan. Kamu cukup memberikan kartu atau dengan menggeseknya, sesuatu yang kamu idamkan secara langsung bisa diperoleh. Sayangnya penggunaan yang tidak terkontrol justru akan membuat pembengkakan tagihan di kemudian hari. Bukannya memudahkan, justru penggunaan fasilitas kartu kredit akan membuat kamu jadi lebih boros membelanjakan uang dengan berhutang.

2. Terlalu Banyak Nongkrong

Gaya Hidup Bikin Boros

Sebagai rutinitas yang hampir dilakukan oleh semua orang terutama remaja, nongkrong ternyata termasuk salah satu contoh aktivitas yang memboroskan uang. Terlebih kalau kamu yang suka nongkrong di kafe, angkringan, atau sejenisnya. Nongkrong saja umumnya tidak cukup jika hanya disuguhkan kopi atau WiFi. Selebihnya kita akan mencari asupan lain seperti makanan kecil-kecilan. Karena terbawa suasana, biasanya kita akan lupa kalau telah menghabiskan sekian banyak makanan.

3. Sering Beli Makanan di Luar

Gaya Hidup Bikin Boros

Orang yang memiliki kesibukan di luar rumah cenderung memilih makan di luar daripada membawa bekal dari rumah. Hal ini seringkali dialami oleh kalangan pelajar/mahasiswa atau pekerja kantoran. Jika hal ini terjadi setiap hari, bisa dihitung berapa akumulasi pengeluaran untuk biaya makan dalam satu bulan. Bukan tidak mungkin uang gaji akan terpotong lebih banyak. Begitu juga dengan mahasiswa atau pelajar, bisa-bisa mereka akan kesulitan menabung untuk membiayai kebutuhan studinya.

4. Penggunaan Transportasi Online

Perkembangan teknologi berbasis transportasi kini semakin banyak diminati. Beragam tarif ditetapkan sesuai dengan perhitungan yang dianggap murah. Sayangnya tarif yang disebutkan masih tergolong standar, dimana ketika kamu menggunakannya secara rutin maka bisa memboroskan uang.

5. Menjadi Perokok Aktif

Harga rokok memang tidak terlalu mahal untuk setiap bungkusnya. Tapi mustahil jika seorang perokok hanya merokok sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu. Rokok dikenal memiliki zat yang membuat orang jadi ketagihan. Hal inilah yang memicu mengapa perokok jadi boros. Kesulitan berhenti merokok hingga kini hampir dialami oleh semua kalangan. Tapi bukan berarti kamu sama sekali tidak bisa berhenti, atau setidaknya mengurangi intensitas merokok dalam setiap minggu untuk menghemat pengeluaran.

6. Punya Hobi Traveling

Traveling time

Menjadikan traveling sebagai rutinitas dan hobi kini banyak dilakukan oleh berbagai kalangan. Tidak hanya di musim liburan saja, di hari biasa pun traveling telah menjadi hal yang lumrah. Pernahkah kamu memikirkan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk satu kali pemberangkatan? Traveling adalah sebuah kegiatan yang hampir tidak mengenal penghematan. Ketika traveler berada di lokasi traveling, berapapun uang yang dibawa akan leluasa dihabiskan untuk memperoleh akomodasi yang memadai.

7. Suka Berbelanja di Mall

Mall adalah tempat belanja paling favorit yang banyak digemari oleh kalangan penyuka shopping. Berbagai kebutuhan bisa dicari hanya di satu tempat ini. Dengan adanya kemewahan yang ditawarkan membuat orang justru tak tanggung-tanggung mengeluarkan budget banyak ketika berkunjung ke Mall. Sehingga orang yang sering pergi dan belanja ke mall akan relatif boros.

Meskipun tidak setiap hari, namun kamu akan mengalami pemborosan jika menjadikan mall sebagai tempat andalan untuk mencari kebutuhan.

Beberapa gaya hidup yang dijabarkan di atas adalah beberapa contoh pemborosan yang sering dialami oleh sebagian besar masyarakat. Selebihnya ada beberapa kebiasaan lain yang juga membuat seseorang jadi boros, seperti ketagihan produk skincare (bagi kalangan wanita), kecenderungan untuk kredit kendaraan, selalu ingin tampil stylish dan kekinian (serba mewah), dan sebagainya.

Jika kamu ingin belajar berhemat, tinggalkan kebiasaan gaya hidup yang bikin boros tersebut dan lakukan cara lain yang lebih baik serta mampu menghemat anggaran. Kalau diperlukan, ada baiknya kamu membuat rancangan anggaran mengenai pemasukan dan pengeluaran untuk setiap bulannya.

——-

BACA JUGA:

7 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental Agar Hidupmu Lebih Tenang

7 Manfaat Utama Puasa Senin Kamis Dari Meningkatkan Rasa Syukuri Hingga Menjaga Kesehatan

7 Cara Mewaspadai Penipuan Online Agar Tidak Tertipu

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts