6 Tips Agar Wawancara Via Online Jadi Maksimal

Kondisi di tengah pandemi virus corona ini menyebabkan banyak perusahaan mulai melakukan wawancara kepada kandidat melalui via online untuk mengurangi tatap muka secara langsung. Salah satu keuntungan wawancara via online baik perusahaan maupun calon pegawai jadi tidak perlu repot-repot untuk bertemu langsung dan lebih menghemat waktu.

Sayangnya, wawancara online masih dianggap lebih menegangkan oleh sebagian orang. Ini mungkin karena belum terbiasa, tapi setelah mengetahui tipsnya tentu akan terasa nyaman dan lebih efisien. Dengan tips-tips di bawah ini kamu tidak perlu khawatir meski wawancara via online kamu tetap bisa melakukannya dengan maksimal.

BACA JUGA: 6 Tantangan Yang Harus Dihadapi Dalam Menjalankan Bisnis

1. Siapkan gadget beserta internet yang mumpuni

Tips Wawancara Online

Tips pertama dalam proses wawancara via online, interviewer tidak mungkin memberikan fasilitas yang dibutuhkan dalam interview dengan begitu kamu harus menyiapkannya sendiri. Penggunaan gadget sebagai perangkat dan internet sebagai syarat koneksinya jangan dianggap sepele.

Siapkanlah sebaik mungkin dan usahakan gadget dan internet memiliki kemampuan serta kualitas yang baik. Jangan sampai ketika menjelang wawancara malah bermasalah, bisa jadi perusahaan akan membatalkan interview terhadap lamaranmu.

2. Kenakan pakaian rapi dan formal

Tips Wawancara Online

Penampilan di saat interview sekalipun via online tetap masuk dalam daftar penilaian oleh perusahaan. Untuk itu gunakanlah pakaian dengan kombinasi yang relevan terhadap dunia pekerjaan. Misalnya memakai kemeja rapi bagi laki-laki atau dress untuk wanita.

Hindari penggunaan pakaian yang lusuh atau kotor. Pastikan sebelumnya kamu telah menyetrika pakaian yang ingin dikenakan sehingga penampilan akan terlihat rapi dan pantas.

3. Pilih tempat dengan latar belakang dan pencahayaan yang baik

Tips Wawancara Online

Setelah menyiapkan sarana pendukung beserta pakaian formal, kamu juga perlu memperhatikan tempat yang ingin digunakan untuk interview. Meskipun tidak selalu diperhatikan oleh interviewer, namun bisa jadi tempat sangat mendukung keberhasilan interview via online.

Dengan mengenakan pakaian formal, tentu akan lebih pantas jika tempat yang digunakan juga rapi dan bersih. Kamu bisa memilih tempat-tempat terbaik di rumahmu. Seperti ruang tamu, kamar khusus, teras rumah, atau lainnya. Bahkan jika kamu punya seperti kantor mini atau perpus mini di rumah, itu jauh lebih baik.

Atau jika memungkinkan, kamu bisa pergi keluar untuk mencari tempat yang mendukung. Hindari kebisingan dan pencahayaan yang kurang agar selama wawancara berlangsung tidak terganggu.

4. Posisikan kamera sebaik mungkin

Usahakan ketika interview online jangan menggenggam kamera atau gadget seperti saat sedang video call pada umumnya. Gunakan penyangga yang cocok seperti tripod atau sejenisnya. Dengan begitu kamu akan lebih leluasa berbincang dengan interviewer sambil menggerakkan kedua tangan sebagai isyarat-isyarat tertentu.

Selain itu, fokuslah melihat ke kamera ketika wawancara berlangsung. Jika melihat ke arah monitor, bola matamu tidak akan terlihat menghadap langsung ke interviewer. Ini penting karena secara tidak langsung menyangkut etika dalam interview.

5. Tampilkan wajah yang ramah dan bahasa yang sopan

Jangan samakan wawancara via online dengan ketika kamu ngobrol bersama teman atau keluarga melalui video call. Tampilkanlah wajah yang ramah sebagai bentuk keseriusan untuk melamar pekerjaan.

Tak hanya itu, dalam berbicara kamu harus hati-hati. Gunakanlah bahasa yang tidak terbelit-belit dan mudah ditangkap. Hindari kesalahpahaman agar tidak berakibat fatal. Jika ada yang lelucon, cukuplah tersenyum dan tidak perlu tertawa hingga terbuka lebar.

6. Bicarakan sesuatu yang meyakinkan dan perlihatkan antusiasme

Buatlah pewawancara merasa yakin dengan argumentasi yang kamu bicarakan selama wawancara berlangsung. Perkenalkan kelebihanmu dan apa saja yang bisa kamu lakukan. Berikan tekanan jika memungkinkan agar perusahaan seolah-olah sangat membutuhkanmu dan menyayangkan jika tidak menerimamu sebagai pegawainya.

Tentu saja untuk memberikan tekanan tersebut, kamu harus mampu memperlihatkan antusiasme yang tinggi dengan predikat baikmu. Atau paling tidak kamu memiliki karir yang baik dengan skill yang bisa diunggulkan.

Demikianlah 6 tips yang bisa lamu terapkan ketika mengikuti wawancara via online. Tips-tips di atas baik untuk membantumu memperoleh hasil maksimal dan mendapat peluang diterima kerja yang bagus pada perusahaan yang kamu lamar. Semoga beruntung!

——-

BACA JUGA:

5 Channel Youtube Edukasi Yang Memberikanmu Banyak Wawasan Baru

Perjalanan Kisah Sukses Pendiri Startup Gojek dan Tokopedia Yang Menginspirasi

Kisah Inspiratif Pengusaha Sukses Memulai Bisnis Dari Nol, Modal Uang Bukan Segalanya! 

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts