Tips Mencari Kerja

5 Tips Mencari Kerja Agar Memudahkanmu Mendapatkan Pekerjaan Impian

Mendapat pekerjaan yang layak merupakan impian hampir semua orang. Atau paling tidak bisa menempati posisi yang nyaman dalam pekerjaan apapun. Namun realitanya, hampir semua pekerjaan yang diperoleh tidak sesuai ekspektasi yang diharapkan.

Sebenarnya, untuk mendapat pekerjaan sesuai yang diinginkan tidak cukup sulit untuk diperoleh. Hanya saja, kamu harus mengetahui cara untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Nah ada beberapa tips mencari kerja berikut yang akan membantumu mencari pekerjaan yang relevan dan sesuai dengan bidang yang kamu geluti.

BACA JUGA: Mengapa Harga Emas Antam Bisa Naik Menembus Rp 1 Juta Per Gram?

1. Mencari lowongan sesuai bidangnya

Tips Mencari Kerja
Sumber: https://portaljember.pikiran-rakyat.com/

Salah satu penyebab mengapa orang seringkali berpindah-pindah pekerjaan adalah karena tidak memiliki kenyamanan selama bekerja. Solusinya, cobalah untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan apa yang kamu kuasai. Ini akan membantumu lebih nyaman dan enjoy selama bekerja nantinya.

Carilah lowongan kerja dimana posisi tersebut sejalan dengan minat dan hobimu. Dengan begitu, kamu bisa bekerja tanpa beban yang mengganjal. Tak hanya itu, selama pekerjaan berlangsung, kamu juga akan lebih produktif dan mampu meningkatkan kualitas secara bertahap.

Kalaupun sulit, kamu bisa mencari opsi lain yang hampir mendekati bidang pekerjaanmu yang sesungguhnya.

2. Melatih soft skill

Tips Mencari Kerja

Tidak jarang soft skill dalam dunia pekerjaan juga memiliki nilai lebih tinggi daripada hard skill. Artinya, kamu memiliki kemampuan yang cukup sekalipun tidak memiliki latar belakang pendidikan yang bagus.

Salah satu bagian yang paling berpengaruh adalah kelancaran dalam berkomunikasi serta interpersonal yang mumpuni. Dengan kemampuan dua hal ini, kamu akan dianggap memiliki reputasi diri yang baik. Sehingga sangat dibutuhkan dalam pekerjaan vital tertentu. Bahkan bukan tidak mungkin kamu akan sangat disayangkan jika HRD tidak mempertimbangkanmu untuk bekerja di perusahaannya.

3. Bangun relasi dengan yang berpengalaman

Bergaul dengan orang yang memiliki banyak pengalaman akan membuat kamu mampu berkembang dan mendapat masukan yang relevan. Kamu bisa menyiapkan modal relasi yang semestinya diperlukan selama mencari pekerjaan.

Selain itu kamu juga akan jadi lebih tahu, trik mencari pekerjaan dan cara bersaing dengan strategi yang benar. Membangun relasi dengan orang yang tepat juga bisa membantumu memperluas kesempatan untuk menjangkau lebih banyak peluang lowongan kerja.

Orang yang berpengalaman telah melewati problematika yang lazim dihadapi oleh para pencari kerja. Untuk itulah kamu bisa menanyakan kendala-kendala sekaligus tahapan-tahapan yang harus dilakukan untuk melewati kendala tersebut.

4. Tunjukkan keahlian khusus yang kamu miliki

Apabila kamu memiliki keahlian tertentu, ini bisa menjadi nilai tambah untuk menjatuhkan pesaing. Keahlian khusus yang sangat dibutuhkan biasanya meliputi kemampuan seperti digital marketing, pemrograman komputer, dan web development.

Buatlah sertifikasi resmi dengan mengikuti kursus atau semacamnya. Jika kamu bisa melampirkan sertifikat keahlian khusus dalam surat lamaran kerja. Tentu perusahaan atau instansi tertentu akan mempertimbangkan minatmu sebagai calon pegawai.

5. Mencari lowongan pekerjaan melalui job portal online 

Salah satu cara yang efektif untuk mencari pekerjaan di tengah kondisi pandemi virus corona saat ini dengan memanfaatkan job portal online. Banyak keuntungan yang bisa kamu manfaatkan dengan job portal online ini seperti lebih murah, lebih cepat dan lebih banyak pilihan yang bisa kamu daftarkan. Ada beberapa job portal online yang bisa kamu gunakan seperti:
Jobstreet
Karir
JobsDB
Loker
Qerja

Nah buat kamu yang tertarik dengan dunia startup teknologi ada beberapa job portal online yang bisa kamu gunakan untuk mendaftar pekerjaan impianmu seperti:

Glints
Urbanhire
Techinasia

Demikianlah 5 tips mencari kerja yang bisa kamu jadikan referensi selama mencari pekerjaan. Ada baiknya tips-tips tersebut dijadikan sebagai acuan agar pekerjaan yang diperoleh memang benar-benar bidang yang kamu sanggupi dan kuasai.

——-

BACA JUGA:

7 Macam Gaya Hidup Ini Bikin Boros Uang Bulananmu

5 Prinsip Hidup Orang Kaya Yang Bisa Kamu Ikuti

4 Cara Mencegah Phising Agar Akun Kamu Tidak Dibobol

——-

Tamasia adalah Aplikasi beli emas mulai dari Rp 10.000 sehingga kamu bisa memulai untuk punya tabungan emas dan berinvestasi di emas. Tamasia berada di bawah pengawasan Bappebti. Emas aman tersimpan di lembaga kliring resmi dan 100% didukung oleh emas LM Antam. Download gratis sekarang di android (klik disini) atau iOS (klik disini)

Facebook Comments

Share your thoughts